Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang punya banyak tempat wisata dan kekayaan alam. Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Salah satu tempat wisata di Kalimantan Tengah yang populer adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu wisata alam yang ada di Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar alam Biosfer. Perlu anda ketahui bahwa Taman Nasional Tanjung Puting adalah taman pertama di Indonesia yang merehabilitasi orang utan. Taman ini adalah taman yang benar-benar menjaga populasi orang utan agar tidak punah, bagaimana pun orang utan adalah warisan asli Indonesia.

objek wisata yang ada di kalimantan tengah
destinasi wisata kalimantan tengah yang populer

Selain Taman Nasional Tanjung Puting ada juga tempat wisata di Kalimantan Tengah yang menyuguhkan wisata alam yang cantik dan menarik yaitu Danau Tahai. Danau Tahai ini terletak di ibukota provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Banyak keistimewaan yang terdapat di sekitar Danau Tahai, salah satunya adalah jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi sekitaran hutan yang terdapat di daerah Danau Tahai. Jika anda berkunjung ke tempat ini anda akan merasakan suasana yang sangat sejuk dan sangat asri karena kelestarian hutan di sekitar Danau Tahai sangatlah terjaga. Pemandangannya pun sangat cantik dan menarik. Danau Tahai ini wajib anda kunjungi jika anda sedang berlibur di Kalimantan Tengah.

tempat wisata yang ada di kalimantan tengah yang terkenal harus didatangi

Ada juga wisata sejarah yang menyuguhkan sebuah candi di Kalimantan Tengah. Ternyata tidak hanya di pulau Jawa saja yang mempunyai banyak candi, di Kalimantan Tengah pun terdapat sebuah candi dan dijadikan tempat wisata di Kalimantan Tengah. Candi Agung Amuntai, adalah salah satu candi yang terdapat di Kalimantan Tengah. Candi ini terpelihara dengan baik dan konon katanya candi ini merupakan candi Hindu yang menjadi cikal bakal kerajaan negara Dipa yang keberadaannya sama dengan kerajaan Majapahit. Candi Agung Amuntai ini terletak di Desa Sungai Malang, Amuntai Tengah. Sampai saat ini candi ini masih sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar karena candi ini dipercaya mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Nah, jika anda berkunjung ke Kalimantan Tengah anda bisa berkunjung ke candi yang penuh dengan sejarah ini dan anda bisa bedakan bedanya candi-candi di Kalimantan dengan candi-candi yang ada di pulau jawa. Candi Agung Amintau ini menjadi salah satu tempat wisata di Kalimantan Tengah.

wisata kalimantan tengah

Selain wisata alamnya yang beragam, Kalimantan Tengah juga mempunyai tempat wisata bersejarah seperti tempat wisata Rumah Adat Betang. Rumah Adat Betang adalah rumah asli yang dibuat oleh suku Dayak. Dulu, suku Dayak yang tinggal di pedalaman Kalimantan Tengah membuat tempat tinggal untuk mereka berlindung yaitu rumah Betang. Rumah Adat Betang ini sangat unik, bentuknya yang memanjang serta dibuat banyak pintu dan tangga untuk masuk ke rumah tersebut. Tangga merupakan salah satu alat penghubung rumah tersebut, mereka biasa menyebutnya hejot. Rumah Adat Betang mempunyai ciri khas suku Dayak, dan berbeda dengan rumah-rumah adat suku lain. Jika anda ingin melihat Rumah Adat Betang anda bisa berlibur ke Kalimantan Tengah.

Masih banyak lagi tempat wisata di Kalimantan Tengah yang bisa anda kunjungi selain Taman Nasional Tanjung Puting, Danau Tahai dan Rumah Adat Betang. Banyak hal-hal baru yang bisa anda temukan di pulau Kalimantan ini, hal-hal yang tentu saja hanya ada di pulau Kalimantan. Jadi jika anda berkesempatan anda bisa berkunjung ke Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah.