Tempat Wisata Menarik di Garut Jawa Barat

Garut merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat, daerah ini dikenal dengan makanan khas dodol Garut serta kebudayaan domba Garut yang sudah menjadi budaya turun temurun sejak puluhan tahun lalu. Secara geografis kabupaten Garut berada di Jawa Barat bagian timur yang banyak terdapat gunung dan bukit, dan secara budaya daerah Garut termasuk ke dalam priangan timur yang terkenal dengan kearifan budaya serta kehalusan budaya tanah Sunda atau Parahyangan.

Garut juga memiliki banyak lokasi wisata yang layak untuk dikunjung, tidak kalah dengan kota lain di Jawa Barat seperti di Bandung ataupun di Bogor. Tidak sulit untuk menemukan berbagai tempat wisata menarik dan eksotis di daerah Garut yang bisa menyita perhatian banyak orang untuk berkunjung ke daerah ini. Sehingga beberapa tempat pun menjadi tujuan tempat wisata di Garut yang menarik dan layak untuk dikunjungi saat akhir pekan dan libur tiba. Berikut kami berikan beberapa tempat wisata di Garut yang menarik dan layak untuk dikunjungi.

1. Situ dan Candi Cangkuangtempat wisata menarik di garut jawa barat

Candi-Cangkuang-Tempat-Wisata-Garut

Tempat wisata di Garut yang pertama adalah Situ dan Candi Cangkuang, objek wisata ini berupa sebuah danau alami yang memiliki nama sama dengan sebuah situs sejarah berupa candi yang bernama Cangkuang. Candi ini merupakan Candi yang istimewa karena di daerah Jawa Barat sangat sedikit sekali kita dapat menemukan Candi peninggalan sejarah berbeda ahlnya dengan di Jawa Tengah sehingga keberadaan Candi Cangkuang begitu istimewa.

Candi terdapat di sebuah pulau yang terletak di tengah danau atau situ, sehingga untuk pengunjung yang ingin datang ke Candi harus menaiki sebuah perahu yang berkapasitas maksimal 30 orang. Di pulau ini kita juga dapat menemukan sebuah masyarakat adata yang masih memgang teguh tradisi bernama masyarakat kampung pulo, dan untuk menyimpan berbagai kekayaan sejarah di tempat ini juga ada sebuah museum yang menyimpan berbagai kekayaan peninggalan Hindu dan Islam.

2. Taman Rekreasi dan Kolam Renang Cipanastempat wisata paling menarik di garut yang atraktif wajib dikunjungi

Taman-Air-Sabda-Alam-Cipanas

Tempat wisata di Garut yang kedua ini adalah Taman Rekreasi dan Kolam Renang Cipanas sesuai dengan namanya kita memang akan bisa menemukan pemandian air panas yang alami dan cukup luas di sini. Terletak di Cipanas, Kecamatan Tarogong. Selain itu untuk menunjang pariwisata taman rekreasi juga disediakan dengan berbagai macam ragam permainan yang akan memanjakan pengunjung yang datang. Taman bermain ini memang di ciptakan oleh pemerintah daerah Garut untuk menyediakan objek wisata yang menarik bagi warga Garut dan luar daerah untuk berwisata.

3. Leuweung Sancangdestinasi objek wisata menarik di garut pemandangan memukau mempesona

Cagar-Alam-Leuweung-Sancang

Tempat wisata di Garut yang ketiga adalah Leuweung Sancang. Leuweung merupakan nama yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti Hutan. Kawasan Objek wisata ini memang merupakan sebuah kawasan hutan alami yang terdapat di bagian selatan kabupaten Garot. Lokasinya berada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Hutan masih sangat terjaga kealamian dan kasriannya. Selain karena masyarakat yang menjaga juga hutan ini dianggap sebagai hutan istimewa yang sarat akan sejarah dan legenda salah satunya adalah cerita Prabu Siliwangi yang diyakini masyarakat Garut, “hilang” di tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Garut yang menarik yang bisa anda kunjungi, masih banyak sebenarnya objek wisata lainnya yang menarik di Garut dari mulai air terjun, danau hingga pantai. Saat anda berkunjung ke Garut jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang khas seperti dodol Garut, Jeruk garut, Wajit , Kerupuk kulit dan berbagai makanan khas unik dan menarik lainnya.