Tempat Wisata Budaya Yogyakarta di Sekitar Kraton Yogya

Daerah Istimewa Yogyakarta sampai saat ini masih menjadi salah satu provinsi yang benar-benar melestarikan budaya. Banyak peninggalan-peninggalan maupun tata cara adat Jawa yang masih terus dijaga di sana. Tidak ayal lagi, provinsi kecil di selatan Pulau Jawa ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya. Beberapa diantaranya sangat populer. Beberapa destinasi wisata budaya di Yogyakarta terdapat di sekitaran Malioboro, tepatnya di Keraton Yogyakarta. Berikut ulasan singkatnya.

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrattempat wisata budaya yogyakarta di sekitar keraton jogja

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kraton ini merupakan kediaman Sultan Hamengkubuwono X. Letaknya tepat di sebelah selatan Malioboro setelah perempatan titik nol kilometer. Jika datang dari arah Malioboro maka alun-alun utara lah yang akan pertama kali di temui. Sedangkan di sebelah selatan Kraton terdapat alun-alun selatan. Di Kraton ini sering diadakan pertunjukan tari, wayang, dan gamelan. Selain itu, di sekitar kraton pengunjung bisa mengunjungi situs wisata budaya di Yogyakarta lainnya yang terkenal yaitu Taman Sari dan Masjid Gedhe Kauman.

Pasar Malam Perayaan Sekatendestinasi wisata budaya di yogyakarta dekat keraton yang populer wajib dikunjungi

Pasar Malam Perayaan Sekaten

Salah satu waktu yang tepat untuk mendatangi Kraton di Yogyakarta adalah ketika perayaan Sekaten. Wisata Budaya Yogyakarta Sekaten bersamaan dengan perayaan kelahiran Nabi Muhammad. Pada saat ini akan digelar pasar malam secara rutin setiap tahunnya selama sebulan hingga 2 bulan. Banyak acara-acara maupun pedagang yang biasanya dipusatkan di Alun-alun Utara.

Mubeng Betengapa saja ragam objek wisata budaya lokal yogyakarta

Mubeng beteng

Mubeng Beteng secara harfiah berarti mengitari benteng. Wisata budaya Yogyakarta ini merupakan sebuah ritual adat Jawa yang dilaksanakan pada malam 1 Suro (atau 1 Muharram) dengan cara mengitari dinding benteng Kraton dengan hening. Para abdi dalem kraton akan berjalan tanpa berbicara pada malam hari dengan bercahayakan obor. Rute yang diambil adalah Keben, Keraton, Ngampilan, Pojok Beteng Barat, Pojok Beteng Timur, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ibu Ruswo lalu berakhir di Keben Keraton.

Selain itu juga masih banyak situs-situs yang jadi tujuan wisata budaya di Yogyakarta. Di sekitar Kraton juga masih ada benteng Vrederburg. Di sini setiap tahunnya diadakan kegiatan Festival Kesenian Yogyakarta. Selain itu masih ada juga taman budaya. Di sini secara rutin digelar pertunjukan seni dan budaya. Wisata budaya Yogyakarta lainnya yang agak jauh dari Kraton adalah Makam Imogiri yang terletak di Kota Gedhe.