Tempat Wisata Bersejarah Terkenal di Kota Medan

Banyak tempat wisata di Medan yang patut anda kunjungi, salah satunya adalah Istana Maimun. Istana Maimun sering disebut juga Istana Putri Hijau. Istana ini merupakan istana kebesaran kerajaan Deli. Istana ini bernuansa dan didominasikan oleh warna kuning sebagai warna besar suku Melayu. Luas istana ini hampir 2.772 meter persegi. Bangunan ini dibangun pada tanggal 25 Agustus di tahun 1888 saat masa kekuasaan Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana Maimoon ini terletak di Jalan Brigjend Katamso, Medan. Pada waktu tertentu istana ini sering digunakan untuk acara adat Melayu yang diiringi musik khas Melayu. Arsitektur bangunan ini merupakan perpaduan antara desain Moghul, timur tengah, Spanyol, India, Belanda, dan Melayu. Bangunan ini sangat patut di kunjungi jika anda sedang berlibur di Medan.

Tempat Wisata Bersejarah Terkenal di Kota Medan

Ada juga mesjid raya Medan yang terletak di Jalan Sisingamangaraja. Mesjid ini murupakan salah satu tempat wisata di Medan yang patut dikunjungi oleh anda. Mesjid ini adalah salah satu mesjid peninggalan kerajaan Islam Melayu yang sampai saat ini masih sangat kokoh, namun hanya beberapa ornamennya saja yang diganti karena sudah hampir rapuh. Mesjid ini merupakan idetitas kota Medan. Karena mesjid ini bukan bangunan antik yang bersejarah biasa, namun menyimpan keunikan tersendiri dari gaya bangunanan, kubahnya, menaranya, hingga pilar-pilarnya merupakan bangunan yang sangat unik dan patut dirawat dan dilestarikan oleh masyarakat. Mesjid ini di bangun pada abad ke 18 dengan gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Eropa.

wisata sejarah kota medan

Selain bangunan-bangunan antik tempat wisata di Medan juga menyuguhkan sebuah kota tua yang di beri nama Kota Tua Medan. Kota tua ini adalah kawasan yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan jaman dahulu yang sampai saat ini tidak boleh dihancurkan dan memang harus dipertahankan. Kawasan ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Medan. Bangunan-bangunan di kawasan ini adalah bangunan dengan gaya arsitektur khas Belanda, karena memang bangunan-bangunan ini dibuat pada jaman penjajahan Belanda. Sekarang di kawasan Kota Tua Medan ini sudah dihiasi oleh beberapa gerobak pedang yang menyediakan makanan-makanan khas kota Medan seperti salah satunya adalah Es Krim Soda Apo. Es krim soda apo ini memang sangat terkenal di kota Medan sejak masih jaman penjajahan Belanda. Dan jika anda berlibur ke Medan anda wajib mencicipi Es krim Soda Apo ini.

tempat wisata sejarah di medan
objek wisata sejarah di medan yang populer wajib dikunjungi

Di Medan juga terdapat sebuah gallery yang sangat terkenal dan saat ini gallery tersebut sudah menjadi tempat wisata di Medan yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Rahmat Gallery, Rahmat Gallery adalah gallery di kota Medan yang banyak menarik pengunjung untuk melihat-lihat apa saja yang ada di dalam gallery ini. Gallery ini juga merupakan sebuah meseum satu-satunya di Asia yang mengoleksi hewan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Jika anda berkunjung ke Kota Medan dan ingin melihat-lihat tempat bersejarah anda bisa berkunjung ke museum ini. Museum ini memiliki 1.000 jenis awetan hewan yang dipamerkan dan anda akan sangat takjub dengan koleksi awetan hewan yang dimiliki oleh museum ini. Ternyata banyak juga tempat wisata di Medan yang bisa anda kunjungi dan setiap tempat wisatanya pasti mempunyai ciri khasnya masing-masing jadi sewaktu-waktu anda main ke kota Medan banyak tempat yang cocok atau patut anda kunjungi.