Tempat-tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Terkenal

Dulu Semarang dikenal sebagai kota pelabuhan dan perdagangan. Di Jawa Tengah kota ini adalah pusat pemerintahan pemerintah Kolonial Belanda pada masa itu. Sebagai tempat perdagangan dan pelabuhan, tidak heran jika terjadi banyak pertukaran dan perpaduan budaya disini, termasuk dalam hal kuliner. Selain memiliki banyak tempat wisata terkenal, Semarang juga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang beken dengan kulinernya.  Berbagai tempat wisata kuliner di Semarang yang sudah terkenal dapat ditemui disini. Baik itu merupakan khas lokal maupun perpaduan dengan budaya asing.

Selain itu di beberapa tempat di Semarang berpadu dengan Budaya Eropa misalnya yang jelas tampak pada bangunan tua di kawasan Kota Tua Semarang. Kota ini juga erat kaitannya dengan etnis Tiongkok. Semarang merupakan salah satu tempat di mana terjadi perpaduan budaya yang khas antara budaya Jawa dengan Cina, khususnya dalam hal kuliner. Beberapa tempat wisata kuliner di Semarang yang telah terkenal erat kaitannya dengan nuansa Cina. Di samping kuliner yang berbau Cina Semarang juga ada kuliner-kuliner khas lokal yang sebenarnya tidak kalah banyak. Beberapa tempat wisata kuliner di Semarang akan saya ulas secara singkat berikut ini.

Lumpia Gang Lomboktempat wisata kuliner di semarang yang terkenal

Lumpia Gang Lombok

Lumpia merupakan salah satu makanan/ kuliner khas Semarang, sehingga tidak heran jika Semarang disebut juga Kota Lumpia, walaupun sebenarnya lumpia ini adalah salah satu makanan asli Cina. Nah, salah satu warung lumpia tertua di Semarang adalah Lumpia Gang Lombok ini. Tempat wisata kuliner di Semarang ini terletak di dekat Kelenteng Tay Kak Sie tepatnya di Gang Lombok No. 11 Kranggan, Semarang. Jika ingin kemari hendaknya datang pagi-pagi, karena biasanya tempat ini ramai kalau sudah siang.

Soto Bangkongrekomendasi pusat wisata kuliner di semarang yang sangat populer

Soto Bangkong

Soto juga sebenarnya bukan makanan asli Indonesia, tapi asal Cina. Nama aslinya adalah Caudo. Barangkali karena sulit diucapkan oleh lidah orang Indonesia, makanya menjadi soto. Semarang adalah tempat di mana kali pertamanya soto dipopulerkan. Salah satu warung soto terkenal di Kota Semarang adalah Soto Bangkong. Tempat wisata makan di Semarang ini berada di perempatan jalan besar antara Jl. A. Yani, Jl. M. T. Haryono dan Jl. Brigjen Katamso. Nama Bangkong sendiri sebenarnya adalah nama jalan sebelum diubah, yaitu Jalan Bangkong.

Toko Oentempat wisata kuliner ternama di semarang yang wajib dikunjungi bersama keluarga

Toko Oen

Mendengar namanya saja orang akan mengira toko ini adalah tempat makan khas Cina, tapi ternyata tidak. Saat ini memang Toko Oen telah dilengkapi dengan kuliner Jawa dan Cina. Namun awalnya toko ini merupakan toko kue yang menjual makanan khas Eropa. Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1930-an. Tempat wisata kuliner di Semarang ini terletak di Jalan Pemuda 52, Semarang. Di sini pengunjung bisa  menikmati menu-menu khas Eropa dengan pemandangan yang klasik.

Kue Lekker Paimo depan SMA Kolose Loyoladaftar tempat wisata kuliner semarang sangat populer di pagi siang ataupun malam hari

Kue Lekker Paimo depan SMA Kolose Loyola

Semarang punya satu jenis kue lekker yang terkenal yaitu Kue lekker Pamio. Jika ingin mencoba, pedagang kue lekker Pamio dapat ditemukan di depan SMA Kolose Loyola, di Jalan Karanganyar, Semarang. Kue Lekker Paimo yang ditawarkan memiliki lebih dari 10 rasa yang berbeda diantaranya karamel, susu putih, rasa coklat, , coklat kacang, ada pula rasa telur sosis keju tuna dan sosis mozarella.

Nasi Ayam Bu Nyototempat wisata kuliner terkemuka di semarang tersohor dengan kelezatannya dan berharga murah

Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi Ayam  merupakan nasi gurih dengan lauk berupa suwiran daging ayam plus sambal goreng, tahu, dan telur pindang. Nasi ini mirip dengan nasi liwet Solo. Salah satu tempat yang terkenal adalah nasi ayam bu nyoto  yang terdapat di Jalan MT Haryono atau Jalan Mataram Semarang, tepatnya berada di depan SD Santo Yosep.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang ada di Semarang yang bisa saya rekomendasikan. Ulasan saya di atas sebenarnya tidak cukup jika ingin mencicipi lezatnya kuliner khas Kota Semarang. Masih banyak tempat-tempat wisata kuliner di Semarang yang tidak kalah menarik untuk didatangi. Untuk makanan-makanan yang diadopsi dari kuliner Cina sendiri masih ada tahu pong dan tahu tahu gimbal. Penjual tahu Pong yang terkenal ada di Jalan Gajah Mada, berdekatan dengan Gereja Bethel. Penjual tahu gimbal yang terkenal ada di Plampitan.

Para pengunjung yang berminat mengunjungi tempat wisata kuliner di Semarang bisa juga menikmati Nasi Gandul. Kuliner satu ini sebenarnya asli Pati. Namun tidak ada salahnya juga jika mencoba. Penjual Nasi Gandul yang terkenal di sini adalah Nasi gandul Pak Memet dan Pak Subur. Selain itu, kita masih bisa mencoba berbagai kuliner lainnya, seperti Es Cong Cilik, Sate kambing 29, dan Asem-Asem Koh Liem. Kalau penasaran, langsung saja serbu tempat-tempat kuliner di Semarang.