Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta

Jika berbicara masalah tempat wisata Daerah Istimewa Yogyakarta memang jagonya. Dari mulai wisata alam, wisata air terjun, ataupun wisata wahana modern buatan manusia. Tempat wisata terkenal di Yogyakarta yang sudah biasa orang tau bahkan bule pun juga berdatangan ke sini adalah Malioboro. Ya, Yogyakarta memang identik dengan Malioboro. Tapi apakah anda tau tempat wisata lain selain Malioboro? Pastinya banyak sekali, dan kali ini saya akan menginformasikan lokasi-lokasi tempat wisata pantai di Daerah istimewa Yogyakarta, terutama di daerah Gunung Kidul.

Berbicara soal pantai, jika saya bertanya tempat wisata pantai yang ada di Yogyakarta pasti anda akan langsung menjawab “Parangtritis” benar kan? Pantai Parangtritis memang pantai yang sudah terkenal dan melegenda di Yogyakarta. Tapi agar anda tidak bosan, kali ini saya akan berbagi tempat wisata pantai di Yogyakarta selain Parangtritis. Pasti anda merasa asing dengan nama-nama pantai berikut.

Tempat wisata pantai di Yogyakarta yang berada di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul ini berbeda dari tempat wisata pantai yang berada di Bantul, tempat wisata pantai-pantai Yogyakarta ini biasanya belum terjamah oleh manusia alias masih asli.

Pok TunggalRekomendasi Tempat Wisata Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta

Pok tunggal

Letak Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Gunung Kidul, DIY atau berada di sebelah timur pantai Watulawang. Pantai ini dapat dijangkau dengan waktu dua jam dari kota Yogyakarta, atau lebih tepatnya 50 KM dari Wonosari. Pantai ini sangat indah dengan tebing karang yang berjejer membentuk sebuah gugus yang begitu menawan. Begitu tampak keagungan sang Maha Pencipta tatkala kita memandangi pemandangan yang luar biasa di pantai Pok Tunggal ini. Sungguh sangat rugi apabila kita tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini.

Pantai Watulawangwisata pantai terindah di gunung kidul

Pantai watulawang

Pantai Watulawang ini juga terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di sebelah Timur Pantai Pulang Sawal (Indrayanti) dan di sebelah Barat obyek wisata pantai Gunungkidul yang lain, yaitu Pantai Pok Tunggal. Salah satu tempat wisata pantai di Ginung Kidul Yogyakarta ini masih belum terlalu terjamah orang, di sini tidak terlalu ramai untuk itu di pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri.

Pantai Watulawang cukup luas, berpasir putih, suasana alamnya masih bersih dan asri. Banyak terdapat  rumput laut dan kulit kerang yang dimanfaatkan warga untuk diolah menjadi kerajinan aneka souvenir. Di pantai ini juga terdapat goa di sebalah barat area pasir putih. Goa ini biasa dipakai sebagai rangkaian upacara Nyadran oleh penduduk sekitar.

Pantai Indrayantirekomendasi wisata pantai gunung kidul terpopuler ngetop abis

Pantai Indrayanti

Tempat wisata pantai di Gunung Kidul yang lain adalah Pantai Syawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti. Tempat wisata pantai cafe ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di bagian timur Pantai Sundak dan Somandeng.

Daya tarik Pantai Indrayanti ini mempunyai pemandangan alam yang berbeda dengan beberapa pantai lain yang terletak di Gunung Kidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih, di pantai ini kita dapat menjumpai restoran dan beberapa penginapan yang cukup bagus untuk tempat menginap.

Pantai Sundakinfo destinasi objek wisata pantai gunung kidul yang bagus seperti bali

Pantai Sundak

Sundak adalah pantai berpasir putih yang berada di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terletak pada jajaran pantai seperti Kukup, Baron, dan Krakal.DiPantai Sundak ini debur ombak dan kecantikan alam di sana membuat setiap wisatawan terpesona ketika melihatnya. Kita dapat menikmati keindahan pantai ini dengan pasir putihnya yang bersih dan cantik. Ombak di pantai ini cukup besar karena berada di Samudera Hindia.

Nah, itulah empat dari kira-kira lima belas tempat wisata pantai yang ada di Yogyakarta khususnya di daerah Wonosari yang bisa saya bagikan kepada pembaca. Untuk apa lagi berpikir dua kali menuju Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul ini, kawasan surganya wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sudah sangat jelas bahwa pantai yang terdapat di sekitar Yogyakarta memiliki daya tarik dan panorama yang sangat unik jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Segera packing barang-barangmu untuk melancong ke tempat wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta ini ya.

Tambahan Pantai-pantai eksotis lainnya

Jika di utara Yogyakarta terdapat tempat wisata Gunung Merapi dan Candi Borobudur, maka di selatannya terdapat puluhan pantai-pantai yang indah yang bisa anda jadikan tujuan wisata manakala anda mengunjungi Jogja. Barangkali selama ini wisatawan luar Yogyakarta sudah sangat akrab dengan pantai Parangtritis lengkap dengan mitos Ratu Nyi Roro Kidul. Secara administratif, pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Bantul. Di Kabupaten lain, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul berjejer pantai-pantai yang saat ini juga sudah menarik hati banyak wisatawan. Oh ya, sebelumnya saya sudah pernah memberikan informasi tempat wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta. Kali ini saya akan menambahkan lagi daftar tempat wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta.

Pantai Krakalwisata pantai di gunungkidul

Pantai Krakal

Pantai Krakal ini terletak di sebelah tenggara Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari. Pantai ini sudah lama menjadi tempat wisata pantai Gunung Kidul yang tekenal. Sepanjang pantai terdapat karang-karang tajam, namun tidak mengurangi keindahan pantai ini.

Pantai Sadengwisata pantai gunungkidul terbaru dengan panorama juara

Pantai sadeng

Pantai ini terdapat di Girisubo. Konon pantai ini dahulu merupakan muara sungai Bengawan Solo purba. Di sini terdapat pelabuhan perikanan yang termasuk besar di Yogyakarta.

Pantai Siungobjek wisata pantai gunungkidul yang beken kualitas teratas

Pantai siung

Sebagaimana pantai Indrayanti, wisata pantai Gunung Kidul ini juga terletak di kecamatan Tepus. Disini terdapat karang-karang besar di arah barat serta timur pantai. Karena itu Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan yang bisa dicoba oleh para penggemar olahraga panjat tebing.

Pantai Baronwisata pantai terbaik di gunung kidul

Pantai Baron

Di antara pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul ini sebenarnya Pantai Baron lah yang paling populer dan banyak dikenal oleh orang-orang. Pantai ini berada berjarak sekitar 40 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.  Yang menarik dari pantai ini adalah bahwa di pantai ini merupakan titik pertemuan antara air tawar dan air laut. Jangan heran jika anda ke sini anda akan melihat air sungai yang mengalir ke laut, terlihat jelas sekali.

Pantai Sundakdaftar wisata pantai di gunungkidul

Pantai Sundak

Satu lagi pantai terkenal di kecamatan Tepus adalah pantai Sundak. Wisata pantai Gunung Kidul ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Dusun Pule Gundes. Di sini juga terdapat batu karang yang menjadi pemisah pantai Sundak dengan pantai lainnya.  selain itu, di salah satu pantai terdapat gua. Nama Sundak ini sebenarnya diberikan karena cerita penduduk bahwa dulu ada perkelahian antar dua binatang Asu (anjing) dengan Landak, hingga membentuk kata Sundak.

Itulah sedikit tambahan tentang wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Ulasan di atas tentunya tidak lah seberapa jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang juga tidak kalah indahnya dengan batu-batu karang, pasir pantai yang terbilang putih, dan ombak yang cukup besar. Ada puluhan wisata pantai di Gunung Kidul yang bisa dijadikan tempat untuk melepaskan kepenatan. Pantai-pantai lainnya yang juga terkenal diantaranya adalah pantai Jogan, pantai Kukup, dan pantai Gesing. Bila anda ingin menikmati wisata pantai Gunung Kidul, pastikan anda menentukan pilihan sebelum melakukan kunjungan.