Kalimantan Tengah Destinasi Wisata Yang Layak Dikunjungi

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan, provinsi ini merupakan provinsi paling luas di Kalimantan dan berbatasan langsung dengan laut Jawa di bagian selatan, dan diapit oleh Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Letaknya yang strategis membuat provinsi ini kaya akan berbagai keanekaragaman hayati dan alam, sehingga menciptakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai berbagai destinasi wisata di Kalimantan Tengah, berikut kami coba tampilkan berbagai tempat wisata di Kalimantan Tengah.

1. Desa Dayak Kalimantan TengahKalimantan Tengah Destinasi Wisata Yang Layak Dikunjungi

Masjid-dan-Gereja-di-Desa-Dayak-Kalteng

Destinasi wisata di Kalimantan Tengah yang pertama adalah desa Dayak. Tidak lengkap rasanya jika kita berbicara Kalimantan tanpa membicarakan suku Dayak, sebuah suku lokal yang arif dan hidup dengan kesederhanaannya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam keseharian suku Dayak dengan kesederhanaannya maka berkunjunglah ke desa Dayak untuk melihat secara langsung kehidupan suku tersebut. Di sini kita akan melihat beragam keunikan keseharian suku Dayak yang sudah banyak diekspos ke berbagai media dunia.

2. Pantai Kubutempat wisata kalimantan tengah yang wajib didatangi

Pantai-Kubu-Kalteng

Pantai Kubu merupakan salah satu destinasi wisata di Kalimantan Tengah yang berupa pantai dengan pasir putih kecoklatan yang masih alami dan bersih. Pantai ini menjadi alternatif tempat wisata atraktif di Kalimantan Tengah yang didominasi oleh berbagai tujuan wisata berupa hutan dan taman nasional. Pantai ini terletak di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Di pantai ini anda dapat duduk dan menikmati semilir angin sembari memancing ikan di laut yang biru atau melihat ikan yang beriringan di bawah perairan.

3. Taman Nasional Tanjung Putingobjek kawasan tujuan wisata kalimantan tengah yang menarik minat banyak disambangi pelancong

Taman-Nasional-Tanjung-Putting-Kalteng

Dan destinasi wisata yang lain di Kalimantan Tengah yang layak untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Kalimantan tidak terkecuali Kalimantan Tengah dikenal sebagai provinsi yang memiliki hutan tropis alami yang masih sangat luas dengan berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Dan Taman Nasional Tanjung Puting merupakan tempat yang pas bagi Anda yang ingin menikmati hutan dan kekayaan alam Kalimantan Tengah yang indah. Di sini kita dapat melihat dan menyusuri hutan yang masih alami dengan berbagai hewan endemik khas yang hidup di Taman Nasional ini seperti Orang Utan, monyet, babi hutan, burung, rusa dan berbagai hewan lainnya.

Untuk menyusuri hutan Anda akan dipandu oleh pemandu sehingga relatif aman, lalu tujuan yang kedua adalah Sungai Sekonyer, yang merupakan sungai alami yang masih kaya dengan keindahan alam yang masih terjaga. Di sungai ini Anda akan dibawa untuk berpetualang menggunakan perahu tradisional, menyibak keindahan sungai yang masih alami.

Dan satu tempat lagi yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting jangan lupa untuk mengunjungi Camp Leakey yang merupakan pusat rehabilitasi Orang Utan. Di sini kita dapat melihat bagaimana Orang utan tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan sebelum dilepas sehingga akan mengajarkan Anda untuk lebih mencintai lingkungan.