Daftar Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Anda Kunjungi

Kota Solo terletak di provinsi Jawa Tengah. Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Solo ini terkenal mempunyai beberapa tempat pariwisata yang selalu menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Solo letaknya yang tidak jauh dari kota Magelang dan Yogyakarta. Di mana kedua kota tersebut mempunyai ikon pariwisata yang sangat terkenal, misalnya saja Candi Borobudur yang berada di antara kota Magelang dan Yogyakarta. Dan memang kedua kota ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi karena mempunyai begitu banyak tempat wisata menarik, yang menjadikan orang-orang yang berkunjung ke kedua kota tersebut sering juga singgah ke kota Solo untuk juga menikmati wisata di sana. Terdapat banyak tempat wisata kota Surakarta yang menarik bagi anda.

Solo juga terletak di jalur yang sangat strategis, yaitu berada di tengah jalur perjalanan Semarang – Yogyakarta dan Yogyakarta – Surabaya. Wilayah di sekitar Solo sering disebut Surakarta karena dulunya merupakan bekas wilayah Karesidenan. Terletak di jalur yang sangat strategis menjadikan Solo sering dijadikan tempat singgah bagi orang-orang yang melewatinya. Hal ini menjadikan keberadaan kota Solo semakin terkenal ditambah dengan adanya beberapa tempat wisata di Solo yang sangat menarik untuk dikunjungi menjadikan Solo kota wisata paling ramai di Jawa Tengah.

Bagi anda yang tertarik untuk menikmati berbagai tempat wisata di kota Solo ini berikut daftar tempat wisata di Solo yang bisa anda kunjungi.

1. Keraton Surakartadaftar tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi

Keraton Surakarta

Untuk tempat wisata budaya di kota Solo yang dapat anda kunjungi adalah Keraton Surakarta. Khusus untuk Keraton Surakarta ini adalah objek yang wajib anda kunjungi. Bernama lengkap Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan istana kasunanan Surakarta. Didirikan Sunan Pakubuwono II pada tahun 1744 menggantikan keraton Kartasura yang hancur pada tahun sebelumnya. Keraton Surakarta pernah menjadi saksi penyerahan kerajaan Mataram kepada VOC tahun 1749. Hingga saat ini bangunan ini masih dijadikan tempat tinggal bagi keluarga keraton yang masih menjalankan tradisi kerajaan. Sebagian sudut keraton dijadikan museum untuk menyimpan barang-barang koleksi kasunanan. Bangunan keraton ini juga termasuk sebagai bangunan istana Jawa dengan arsitektur terbaik.

2. Grojogan Sewu Tawangmangudaftar tempat wisata solo terbaik kekinian instagramable

Tawangmangu

Untuk wisata alam dalam daftar tempat wisata di Solo yang paling terkenal adalah Tawangmangu yang terletak di dataran tinggi kota Solo. Suasana tempat ini di pagi hari sungguh sangat eksotis. Dengan dinginnya udara khas pegunungan dan kabut yang menyelimuti memberikan kesan berbeda yang dapat kita rasakan. Di tempat ini juga sudah difasilitasi tempat untuk outbond. Terdapat flying fox, arung jeram, kolam pemancingan dan kereta pohon. Di sini juga terdapat air terjun setinggi 81 m yang memang sudah terkenal dan banyak orang sudah tau bernama Grojogan Sewu.

3. Wisata Kuliner Nasi Liwet Keprabondaftar destinasi objek wisata solo dan sekitarnya yang harus disambangi

nasi liwet keprabon

Untuk wisata kuliner Solo terkenal dengan Nasi Liwet Keprabon. Jika anda mengunjungi kota Solo ini anda harus mencicipi kuliner ini. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan santan. Rasanya gurih dan mirip dengan nasi uduk. Disajikan dengan labu siam, potongan daging ayam dan areh. Makanan yang sangat terkenal di daerah Keprabon ini sangat nikmat dimakan pada waktu malam hari, oleh karena itu banyak warung di tempat ini mulai buka setelah hari menjelang sore.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi dalam jika anda sedang berkunjung atau singgah di Solo. Kota Solo tidak hanya dikenal mempunyai perjalanan sejarah yang menarik namun juga mempunyai tempat wisata yang terkenal. Letaknya yang sangat strategis berada di tengah-tengah jalur perjalanan kota-kota besar menjadikan kota ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk disinggahi.

Indonesia selalu menghadirkan berbagai tempat wisata yang sangat indah. Seperti daftar tempat wisata di Solo yang sudah saya sebutkan di atas. Memang tempat wisata ini belum menjelaskan semua tempat wisata yang ada di Solo, sebenarnya masih banyak tempat wisata yang menarik di Solo. Akan saya bahas di artikel berikutnya untuk daftar tempat wisata di Solo yang lainnya.