Tips Berwisata Murah ke Lombok Bagi Backpacker

Mendengar kata Lombok mungkin anda akan teringat dengan Bali. Lombok merupakan destinasi wisata yang keindahannya bisa disamakan dengan Bali, walalu memang benar kalau Lombok sendiri tidak setenar Bali. Tapi jika anda sudah sampai di Lombok, jangan heran jika anda bisa terkagum-kagum melihat keindahan tempat wisata di Lombok yang tak kalah dengan tempat wisata yang ada di Bali. Pantai-pantai berpasir putih di Lombok pun juga keindahannya bisa disejajarkan dengan Bali. Bahkan ada nama pantai di Lombok yang sama dengan nama pantai di Bali yaitu Pantai Kuta.

Gunung Rinjani Tempat Wisata Murah di Lombok

Jika anda berasal dari luar Lombok khususnya yang berasala dari Jawa atau Jakarta, tempat wisata di Lombok mungkin bukan jadi destinasi wisata yang bisa sering anda datangi. Bali saja kemungkinan anda tidak bisa sering berkunjung ke sana. Mengingat biaya untuk sampai di tempat wisata Bali ataupun Lombok pastinya membutuhkan biaya yang relatif mahal. Anda harus benar-benar menyiapkan budget yang cukup bahkan kalau bisa punya budget lebih untuk bisa menuju tempat wisata di Lombok. Jika anda berasal dari Jakarta, perjalanan menuju Lombok sendiri pastinya lebih lama dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan pastinya lebih mahal. Belum lagi nanti setelah sampai di Lombok ada lagi biaya akomodasi dan biaya masuk tempat wisata.

Akan tetapi, dari semua itu, anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan mengikutip tips berwisata murah ke Lombok yang akan saya berikan. Biaya untuk menuju ke tempat wisata di Lombok bisa anda kurangi dengan tips berikut sehingga anda tidak perlu mempersiapkan budget yang banyak hanya untuk bisa menikmati keindahan alam Lombok.

Bagi anda backpacker sejati yang berasal dari Kota Jakarta, jika anda ingin mengunjungi Lombok, tidak perlu mengeluarkan isi dompet yang banyak, cukup ikuti tips yang akan saya berikan berikut ini. Memang tips yang saya berikun agak sedikit ribet dan tentunya makan waktu yang lebih lama, tapi jika anda ingin berwisata murah ke Lombok, anda bisa mengikuti tips berikut.

Persiapkan perbekalan yang cukup, khususnya makanan dan minuman, soalnya perjalanan yang akan anda tempuh kali ini cukup panjang dan lama. Siapa tahu anda kelaparan saat malam-malam di mana tidak ada penjual makanan yang buka.

Pengeluaran biaya untuk pergi ke Lombok bisa anda minimalisir dengan memanfaatkan transportasi darat, jangan mulu anda selalu berpikiran kalau mau pergi jauh harus menggunakan pesawat, ini salah. Selama anda masih bisa menempuh jalur darat, pengeluaran untuk biaya pesawat sebaiknya dihindari, contohnya saja anda bisa menggunakan kereta api untuk menuju Banyuwangi dari Jakarta. Mau lebih murah lagi? Naiklah kereta api kelas ekonomi.

Perjalanan menggunakan kereta api dimulai dari Jakarta menuju Surabaya, turun di Stasiun Gubeng Surabaya. Dari Stasiun Gubeng perjalanan dilanjutkan naik kereta lagi menuju Banyuwangi dan turun di Stasiun Banyuwangi. Dari Stasiun anda berjalan menuju ke Pelabuhan Ketapang. Jaraknya cukup dekat kok, bisa ditempuh selama 15 menit hanya berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang. Di sini anda bisa beristirahat sejenak sambil mencari warung untuk mengisi perut yang sedang kelaparan, karena anda akan melanjutkan perjalanan panjang lagi.

Dari Pelabuhan Ketapang anda harus menyeberang menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali menggunakan kapal feri. Dari Pelabuhan Gilimanuk anda tanya saja pada bus-bus yang ngetam di sana. Tanya bus yang menuju ke Pelabuhan Padang Bai, karena perjalanan selanjutnya adalah menuju Pelabuhan Padang Bai. Perjalanan dari Gilimanuk ke Padang Bai ini juga cukup lama, sekitar 6 jam.

Pelabuhan Padang Bai Bali

Dari Pelabuhan Padang Bai ini aroma Lombok akan semakin terasa, karena sebentar lagi anda akan menyeberang menuju Lombok. Perjalanan menuju Pelabuhan Lombok memakan waktu sekitar 4 jam.

Dan taraaaaaaa, setelah sampai di Pelabuhan Lombok, capek, lapar atau apalah dijamin akan langsung hilang. Anda ternyata sudah sampai di pulau Lombok. Pulau yang disebut-sebut keindahan tempat wisatanya tak kalah dengan Bali. Jika anda butuh penginapan, di Lombok banyak sekali bertebaran hotel, villa maupun resort. Anda bisa memilih hotel murah di Lombok yang juga banyak di sana. Selamat bersenang-senang di Lombok. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengeksplore Lombok lebih jauh.

Facebook Comments