Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur

Mendengar nama tempat wisata Taman Nasional Way Kambas tentu bukan hal yang baru bagi anda warga Indonesia khususnya warga Lampung. Hal ini karena Way Kambas merupakan salah satu tempat yang sangat popular di Indonesia dan menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang banyak diminati orang. Namun, meskipun demikian masih banyak orang yang kurang paham mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan taman nasional Way Kambas.

Taman nasional Way Kambas adalah suatu perwakilan ekosistem hutan yang berada di dataran rendah, di mana tempat ini terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang dan juga hutan pantai. Berbagai tanaman, tumbuh di tempat ini diantaranya yaitu sala, ketapang, cemara laut, api-apian dan masih banyak lagi. Taman nasional ini terletak di Jl. Raya Labuhan Ratu, kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Meskipun saat ini Way Kambas lebih identik dengan gajah, di tempat ini pun terdapat berbagai hewan mamalia diantaranya yaitu badak, tapir, siamang dan masih banyak lagi. Badak tidak hanya bisa ditemukan di Ujung Kulon, di Way Kambas pun anda juga bisa menemukannya. Namun, tetap hewan jenis gajah Sumatera yang mendominasi di Taman Nasional Way Kambas tersebut dan tak heran jika di tempat ini terdapat Pusat Latihan Gajah.

Pintu Masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung

Hewan gajah yang liar memang sengaja dilatih untuk kemudian digunakan sebagai hewan untuk membantu dalam pengangkutan, atraksi, gajah tunggang ataupun sebagai bajak sawah. Di pusat latihan gajah tersebut, anda dapat menyaksikan berbagai kegiatan dalam melatih gajah liar. Selain itu, anda pun juga dapat menyaksikan atraksi gajah seperti menarik tambang, menari, main bola, berenang, hormat dan masih banyakl lagi atraksi lainnya.pusat latihan gajah di taman nasional Way Kambas ini memang sudah cukup lama didirikan sehingga tak heran jika sampai saat ini, pusat latihan tersebut sudah berhasil menjinakkan ratusan hewan gajah.

Atraksi Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Apabila anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata taman nasional Way Kambas yang terletak di pulau Sumatera ini, akan membutuhkan sedikit biaya tambahan, terlebih bagi anda yang dari Jawa. Namun, dengan berbagai suguhan yang diberikan, biaya yang anda keluarkan pun akan dibayar lunas oleh berbagai hiburan yang akan anda dapatkan di tempat wisata ini. Selain hiburan di taman nasional tersebut, anda pun dapat menikmati atraksi yang memang di luar taman nasional tersebut. Atraksi tersebut biasa disebut dengan festival Krakatau yang biasa diadakan pada bulan Juli di Bandar Lampung. Oleh karena itu, waktu yang paling tepat untuk anda yang ingin berlibur ke Taman Nasional Way Kambas adalah bulan Juli sampai dengan September sehingga anda dapat melihat festival tersebut.

Spesies Badak di Taman Nasional Way Kambas

Nah, bagi anda yang sudah merencanakan berlibur ke Lampung, perlu untuk anda ketahui mengenai akses jalan menuju kawasan tersebut. Jika anda berasal dari Lampung, anda dapat naik mobil melewati Metro kemudian Way Jepara di mana kemungkinan akan anda tempuh selama 2 jam. Namun, jika anda dari Branti, maka anda akan melewati Metro kemudian Way Jepara dengan waktu yang lebih singkat yaitu sekita 1,5 jam dan anda membutuhkan waktu 2 jam jika memulai perjalanan dari Bakauheni kemudian melewati Labuan Meringgai kemudian sampai di Way Kambas. Memang banyak jalan yang dapat anda akses untuk menuju kawasan wisata ini dan hal ini akan sangat menguntungkan untuk anda karena dari segi transportasi lebih mudah untuk anda.

Itulah uraian singkat yang dapat saya bagikan untuk anda yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga ke Taman Nasional Way Kambas. Setidaknya uraian di atas, dapat memberikan gambaran awal mengenai tempat wisata yang akan anda kunjungi sehingga liburan anda pun akan terasa lebih menyenangkan. Selamat berlibur.

Facebook Comments