Tempat Wisata Taman Nasional Bunaken di Manado

Bunaken merupakan sebuah pulau yang mempunyai luas 8.08 kmĀ² yang terletak di Teluk Manado. Pulau ini masih menjadi bagian dari kota Manado yang menjadi ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Tempat wisata Bunaken yang terkenal adalah adanya taman laut yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini mempunyai biodiversitas tertinggi di seluruh dunia. Secara keseluruhan, taman laut ini mempunyai luas area sebesar 75.265 hektar yang terdapat lima buah pulau, diantaranya Pulau Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Siladen, Pulau Naen dan Pulau Manado Tua.

Perjalanan-ke-Pulau-Manado-Tua-Taman-Nasional-Bunaken

Untuk mencapai berbagai tempat wisata Taman Nasional Bunaken, kita bisa menggunakan kapal cepat atau speed boat dengan lama perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Meskipun secara keseluruhan Taman laut ini luas, namun area penyelaman atau diving hanya bisa dilakukan di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau tersebut.

Speedbat-Untuk-Perjalanan-ke-Taman-Nasional-Bunaken

Di taman nasional Bunaken terdapat 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman yang bermacam-macam hingga 1344 meter. Dari 20 titik penyelaman yang berada di taman laut Bunaken, 12 diantaranya berada di area Pulau Bunaken dan pulau ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi berbagai wisatawan domestik atau mancanegara untuk menikmati pemandangan laut yang indah.

Taman-Nasional-Laut-Bunaken

Sebagian besar dari ke-12 titik diving yang berada di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara sampai dengan bagian barat pulau tersebut. Di tempat ini terdapat underwater great walls, atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar yang berbentuk vertical dan melengkung ke atas. Dinding ini juga merupakan sumber makanan untuk ikan-ikan yang berada di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Habitat-Laut-Taman-Nasional-Bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken sendiri sangat terkenal sampai mancanegara karena adanya ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Di dalamnya terdapat kurang lebih 39 spesies terumbu karang. Spesies alga yang dapat ditemukan di Taman Nasional Laut Bunaken adalah Padina, Caulerpa dan Halimeda. Sedangkan spesies rumput laut yang saat ini banyak ditemui adalah EnhallusAcoroides, Thalassaodendron Ciliatum dan ThalassiaHemprichii. Selain itu berbagai jenis mamalia laut, reptile, burung, moluska, mangrove serta sekitar 90 spesies ikan dapat ditemukan di Taman Nasional Bunaken.

Selain di dalam lautan yang kaya akan ekosistem, di bagian darat Taman Nasional Laut Bunaken juga kaya akan sagu woka, silar, kelapa dan Arecaceae serta beberapa spesies hewan daratan seperti rusa dan kuskus. Selain itu, hutan mangrove yang berada di Taman Nasional Bunaken juga menjadi habitat bagi lobster, kepiting, moluska dan burung laut.

Dengan keindahan alamnya tempat wisata Bunaken menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk berlibur dan mengunjungi berbagai pulau yang ada di Taman Nasional Bunaken. Selain keindahan bawah laut maupun daratan yang ditawarkan, pulau ini juga termasuk dalam kategori International Heritage yang menjadi salah satu tujuan favorit semua orang untuk melepas kepenatan.

Facebook Comments