Tempat Wisata Menarik di Pulau Kabaena Sulawesi Tenggara

Satu tempat yang cukup menarik untuk anda kunjungi ketika anda berada di provinsi Sulawesi Tenggara adalah sebuah pulau yang bernama Pulau Kabaena. Pulau ini memang terpisah dari Pulau Sulawesi, akan tetapi keindahan alam yang disajikan Pulau Kabaena akan membuat mata anda tidak berkedip dan dijamin anda akan ketagihan untuk mengunjungi pulau ini. Di Pulau Kabaena anda akan disuguhi pemandangan alam berupa pantai, gua, dan ada juga perbukitan unik yang biasa disebut Bukit Teletubbies. Kenapa bisa disebut Bukit Teletubbies? Simak saja penjelasan yang akan saya berikan berikut.

Kalau mendengar nama Pulau Kaaena mungkin memang belum banyak orang yang tahu, apalagi bagi yang berasal dari luar Sulawesi Tenggara. Sedikit mengenai Pulau Kabaena ini bahwa pulau yang terletak di ujung tenggara Pulau Sulawesi ini cukup luas dengan luas wilayah mencapai 873 km2. Di pulau ini juga terdapat sebuah gunung tertinggi di pulau tersebut dengan ketinggian 1800 meter di atas permukaan air laut yang bernama Gunung Sabampulolo.

Berikut adalah beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Pulau Kabaena.

1. Pulau Sagori

Keindahan Pulau Sagori Sulawesi Tenggara

Pulau Sagori terpisah dari Pulau kabaena, terletak di sebelah barat Pulau Kabaena. Untuk mencapai Pulau Sagori sudah disediakan kapal kecil sebagai transportasi penyeberangan dari Pelabuhan Sikeli.

Pulau Sagori menyuguhkan keindahan yang luar biasa, terutama untuk panorama pantainya. Pantai di Pulau Sagori memiliki pasir putih dan juga air lautnya yang biru. Keunikan lain dari pulau ini adalah jika anda melihatnya dari udara maka Pulau Sagori berbentuk seperti bulan sabit. Keindahan lain dari pulau ini terlihat adanya pohon cemara yang tumbuh sibur. Di pulau ini anda bisa menyelam untuk melihat secara langsung keindahan terumbu karang dan biota lautnya.

2. Desa Batuawu

Suasana Desa Batuawu Pulau Kabaena

Desa Batuawu berada di sebelah seletan Pulau Kabaena. Jika anda mencapai desa ini, anda akan disuguhi pemandangan rumah panggung yang berjejer rapi yang dijadikan rumah pribadi penduduk setempat. Semangat gotong royong penduduk di sini masih kuat. Mata pencaharian penduduk Desa Batuawu sebagian besar berkebun dan nelayan. Ada juga yang sudah bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Suku Bajo yang terkenal dengan rumahnya yang berada di atas air laut juga bisa anda temukan di Desa Batuawu.

3. Goa Batu Buri

Goa Batu Buri Pulau Kabaena Sulteng

Salah satu obyek wisata goa yang cukup terkenal di Pulau Kabaena adalah Goa Batu Buri. Gua ini berada di Desa Lengora, Kecamatan Kabaena Utara. Goa ini menjadi satu obyek wisata yang banyak menarik pengunjung. dan seperti obyek wisata goa yang lain, suguhan yang bisa anda saksikan di Goa Batu Buri ini adalah lukisan relief-relief berupa stalaktit dan stalakmit.

4. Bukit Teletubbies

Satu lagi obyek wisata menarik yang harus anda kunjungi di Pulau Kabaena Sulawesi Tenggara adalah Bukit Teletubbies yang berlokasi di Kelurahan Baliara. Kenapa disebut Bukit Teletubbies, karena memang bentuk perbukitan ini mirip dengan bukit yang ada di serila film anak Teletubbies. Bagi anda yang pernah menonton film Teletubbies yang dulu pernah diputar di salah satu channel swasta mungkin anda akan mengenali bagaimana keadaan perbukitan yang ada di serial anak Teletubbies. Di bukit ini anda bisa menyaksikan panorama matahari terbit maupun matahari terbenam.

Facebook Comments