Tempat Wisata Menarik di Kawasan Pangandaran

Pangandaran merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Jawa Barat. Berbagai tempat wisata di Pangandaran sangat terkenal di kalangan para wisatawan domestik dan mancanegara karena dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam pada hari yang sama dari Pantai Timur dan Pantai Barat. Karena ramainya minat pengunjung, maka di Pangandaran sangat banyak fasilitas yang mendukung wisatawan, seperti hotel, money charger, sarana parkir serta berbagai macam olahraga air.

Pantai-Batu-Hiu-Pangandaran

Tempat wisata di daerah Pangandaran yang terkenal adalah Pantai Batu Hiu. Pantai ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran, atau sekitar 15 KM dari Pangandaran. Yang unik, pantai ini memiliki batu besar berwarna hitam dan menyerupai ikan hiu yang sedang berenang yang dapat dilihat saat air laut pasang. Untuk menikmati pemandangan, anda bisa duduk di pinggir tebing yang langsung berhadapan dengan pemandangan laut selatan.

Pantai-Batu-Hiu-Pangandaran-Jabar

Selain itu, area Pantai Batu Hiu juga memiliki fasilitas lengkap seperti warung-warung atau kedai yang menawarkan berbagai makanan laut serta banyak sekali penginapan yang sangat murah di sekitar pantai ini.

Tempat wisata lain di Pangandaran yang wajib dikunjungi adalah Green Canyon dengan nama lain Cukang Taneuh yang memiliki arti lain yaitu jembatan tanah. Green Canyon berada di wilayah Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran. Green Canyon ini sudah menjadi objek wisata yang paling terkenal di Jawa Barat khususnya di Pangandaran.

Green-Canyon-di-Pangandaran-Jabar

Jika pergi dari Pangandaran, anda dapat menempuh sekitar 31 km. Green Canyon sendiri sangat mengagumkan dan wajib anda kunjungi. Di sini terdapat aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan stalaktit serta stalakmit yang indah. Selain itu, Green Canyon juga diapit oleh dua bukit yang dipenuhi bebatuan serta pohon yang rimbun sehingga semakin mempercantik kawasan ini.

Untuk mencapai Green Canyon, anda bisa berangkat dari dermaga Ciseureuh dengan menyewa perahu dengan biaya sebesar Rp. 75.000 per orang yang akan ditemani dengan seorang juru dan tugas batu untuk memandu anda saat berada di Green Canyon. Anda akan menaiki perahu dengan jarak sekitar 3 km atau 30 menit yang akan ditemani oleh aliran air berwarna hijau toska.

Objek-Wisata-Green-Canyon-Pangandaran

Saat anda memasuki alur yang menyempit, anda berarti sudah memasuki Green Canyon yang memiliki air jernih kebiruan. Anda dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau meratap di tepian batu. Jika anda berenang, di sini juga disediakan ban atau pelampung dan akan dijamin aman untuk anak-anak 6 tahun keatas.

Tempat wisata Pangandaran yang satu ini sudah wajib harus anda datangi saat berkunjung ke Pangandaran. Saat anda berada di dalam cekungan dinding terjal, keindahan lain juga dapat dirasakan karena anda akan menemukan sebuah gua serta tetesan air tanah dari stalaktit-stalaktit di atasnya serta anda akan menemukan air terjun kecil pada sisi kiri dan kanan serta gua yang dihuni oleh banyak kelelawar di dalamnya.

Facebook Comments