Tempat Wisata Kuliner Khas Jakarta dan Betawi

Kota Jakarta tidak hanya memiliki tempat wisata yang menarik tapi di Kota Jakarta ini juga terkenal akan tempat wisata kuliner khas Betawi. Sudah banyak restaurant dan warung-warung berjejer dimana-mana menjajakan makanan khas Kota Jakarta. Apakah anda saat ini sedang rindu akan makanan khas Jakarta dan kebingunang mencari makanan khas Jakarta? Tenang, kali ini saya akan memberikan informasi tentang daftar tempat wisata kuliner di Jakarta yang menyajikan kuliner khas Betawi yang tentunya enak dengan cita rasa yang khas dan membuat kita akan semakin ketahihan untuk mencoba makanan berikut.

Berikut adalah daftar kuliner khas Kota Jakarta atau Betawi yang wajib untuk anda coba.

Gado-gado Bonbin

Gado-gado Bonbin

Jalan Cikini IV No. 5, Jakarta Pusat adalah tempat wisata kuliner di Jakarta yang menyajikan makanan gado-gado. Pastinya anda tau gado-gado kan? Masakan dengan berbagai campuran sayur, tahu, telur serta karbohidrat yang berupa lontong atau ketupat ini sudah pasti sehatnya ditambah dengan siraman saus kacang yang pekat dan ditaburi emping melinjo serta krupuk udang ukuran besar, hmmmm nyam-nyam untuk dimakan. Di tempat kuliner gado-gado Jakarta ini menyediakan juga menu lain, ada Cendol dan Asinan Betawi.

Soto Jakarta Pak Yus

Soto Jakarta Pak Yus

Soto Jakarta milik Pak Yus adalah tempat wisata kuliner di Jakarta yang terkenal dengan kenikmatan Soto Betawi yang akan membuat anda berkeringat. Soto Betawi yang berada di Jl. Teuku Umar No. 2, Menteng, Jakarta Pusat ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Tempat yang menjual wisata kuliner khas Jakarta atau Betawi ini memiliki berbagai aneka pilihan menu pada sotonya yaitu ada soto kikil, soto daging sapi, soto tulang muda, soto daging kepala, soto lidah, soto paru iso, soto babat, ataupun soto ginjal dan jantung.

Soto Betawi H. Mamat

Soto Betawi H. Mamat

Satu lagi restoran penyaji menu utama Soto Betawi yang enak yaitu Soto Betawi H. Mamat. Warung makan ini berada di Jl. Raya Serpong No. 51 (depan dealer Suzuki BSD). Menu favorit dari restaurant ini adalah soto, sop daging dan oseng daging yang menjadi favorit di kalangan penikmatnya. Warungnya pasti ramai didatangi pengunjung mulai dari kalangan biasa hingga kalangan ekonomi tinggi. Tampilannya yang diperlihatkan dari Soto Betawi H. Mamat ini tak jauh beda jauh dengan masakan Betawi lainnya. Tapi, tentu kesegaran dan gurihnya racikan Haji Mamat ini tetap ada khasnya dan itulah yang membuat pelanggan setianya tidak pernah beralih ke warung soto lainnya.

Asinan Betawi Ibu Yenni

Asinan Betawi Ibu Yenni

Asinan Betawi racikan ala Ibu Yenni tepatnya berada di Jl. Lamandu 4, Melawai, Jakarta Selatan. Tempat kuliner di kota Jakarta ini menyediakan Asinan Betawi, makanan khas dari Betawi yang hampir punah ini. Salah satu tempat wisata kuliner di Jakarta ini warungnya tidak terlalu memuat banyak orang sehingga pembelipun lebih sering membungkus dan membawa pulang asinan. Tempatnya sederhana tetapi bersih, rapih dan higienis pastinya. Hal inilah yang membuat warung ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Asinan Betawi ini terdiri dari beberapa jenis sayuran segar yang dipotong kecil kemudian dicampurkan menjadi satu  dengan ditemani kerupuk khas asinan. Hal yang paling menjadi special dari asinan di warung ini adalah kuah kacang tanah racikan Ibu Yenni ini yang membuat segar dimakan siang hari. Harganya pun untuk sekelas makanan kota Jakarta sangat terjangkau, hanya 10.000 rupiah saja.

Sekarang anda sudah mendapat rekomendasi tempat wisata kuliner di Jakarta bukan? Nah segeralah manjakan lidah anda dengan makanan-makanan khas Jakarta dan Betawi ini. Membelinya sama dengan ikut menjaga kelestarian makanan-makanan khas daerah bangsa kita ini.

Facebook Comments