Tempat Wisata di Ujung Genteng Jawa Barat

Ujung Genteng merupakan daerah pesisir di pantai selatan daerah Sukabumi, Jawa Barat. Dari kota Jakarta, Ujung Genteng ini bisa ditempuh dengan jarak 200 km. Kebanyakan penduduk Ujung Genteng ini berprofesi sebagai Petani dan juga Nelayan. Bahkan banyak juga yang telah beralih profesi menyadap Nira untuk dijadikan gula kelapa. Asal usul dari Ujung Genteng sendiri adalah berasal dari nama Ujung Gunting, karena keberadaan Ujung Genteng ini berada di sudut Jawa Barat Pulau Jawa yang menyerupai gunting. Letak Ujung Gunting atas yang berada di Ujung Kulon serta Ujung Gunting bagian bawah berada di Ujung Genteng sehingga tempat tersebut dinamai Ujung Genteng.

tempat wisata ujung genteng 2

Dari kota Jakarta perjalanan menuju ujung genteng ini cukup membuat lelah karena jalanan yang dimiliki berbelok-belok dan juga menanjak. Anda harus menempuh Cicurug, Cibabak kemudian melewati arah Pelabuhan Ratu yang memiliki pemandangan indah di kanan jalan seperti Pantai Pelabuhan Ratu dari Bagbagan yang cukup jelas. Untuk mencapai tempat wisata di Ujung Genteng, anda harus melewati beberapa kota kecil seperti Kiara Dua, selanjutnya Jambang Kulon dan yang terakhir adalah Surade. Kesemua tempat tadi harus dilalui dengan kecepatan rendah, terlebih saat melintasi hutan yang kondisi jalannya naik turun.

Pantai Ujung Genteng

Tempat wisata Ujung Genteng ini memiliki berbagai objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng. Di pantai tersebut anda bisa melihat matahari terbit di pagi hari dan juga matahari terbenam di sore hari. Keadaan tersebut sangat cocok bagi anda yang menyukai seni fotografi. Ombak di pantai ini cukup besar, namun kondisi airnya tergolong bersih. Keistimewaan dari pantai ini adalah anda tidak akan mendapati ombak karena tertahan oleh bebatuan karang di sekitar garis pantai. Anda bisa berendam di tempat wisata pantai Ujung Genteng, berenang dan juga bermain perahu dari karet jika arus air sedang tenang. Selain itu, anda juga bisa melihat biota laut seperti ikan hias, siput, bintang laut, udang kecil dan juga cacing laut pada saat air surut.

Di daerah ini sendiri ada banyak tempat unik. Ada kalanya di malam hari anda bisa langsung melihat penyu hijau atau Chleloni Mydas yang menggali lubang sebelum bertelur di malam hari dan kemudian mentutup telurnya di lubang tersebut. Anda juga bisa berselancar bersama wisatawan asing karena ombak yang dimiliki masih bersih dan menantang. Bagi yang memiliki hobi memancing, tempat wisata Pantai Ujung Genteng ini sangat cocok digunakan memancing karena potensi ikan yang lebih banyak dan bervariasi sehingga banyak dikunjungi para pemancing. Bahkan pantai ini juga masih banyak terdapat ikan marlin yang sudah jarang dijumpai ditempat lain.

tempat wisata ujung genteng

Bagi anda yang menyukai suasana tenang, anda bisa merasakannya di kawasan wisata Ujung Genteng ini. Terlebih garis pantai yang dimiliki kurang lebih sepanjang 6 km dan menghadapat ke barat sehingga cocok bila digunakan menikmati indahnya matahari terbenam. Sedangkan bagi anda yang memiliki jiwa petualang, anda bisa menggunkan kendaraan 4WD, Mountain Bike, Trail Bake, Boating dan juga Surfing. Tempat ini dirasa sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut.

Selain Pantai Ujung Genteng, masih terdapat juga obyek wisata lain seperti beberapa pantai di kawasan Ujung Genteng ini. Anda juga bisa mengunjungi beberapa curug seperti Curug Cikaso dan Curug Luhur yang memiliki keindahan alam cukup menarik. Anda bisa mengajak sahabat maupun keluarga anda untuk menikmati objek wisata di Ujung Genteng ini dan juga menjajal berbagai macam fasilitas yang ada di kawasan wisata Ujung Genteng yang disediakan.

Untuk masuk ke tempat wista Ujung Genteng ini, anda tidak akan dikenai biaya yang mahal. Hanya saja jika anda ingin menggunakan fasilitas seperti naik perahu misalnya, tentu saja anda harus mengeluarkan uang. Namun, fasilitas ini juga tidak akan terasa mahal karena anda bisa membayar bersama rombongan anda. Cukup ekonomis bukan?

Facebook Comments