Tempat Wisata di Pacitan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kali ini saya akan membahas mengenai tempat wisata di Pacitan Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi. Secara geografis Pacitan merupakan daerah pesisir dengan hamparan pantai-pantai sepanjang garis tepi Pulau Jawa. Pacitan terletak berhadapan dengan laut selatan. Berbagai macam kegiatan pantai dapat anda lakukan di sini seperti snorkling, berlayar, berselancar, hingga menikmati sunset sore hari.

Jika saat ini anda sedang berlibur di Kota Pacitan, ataupun berencana akan berlibur ke Pacitan, berikut ini akan saya berikan referensi beberapa tempat wisata di Pacitan yang harus anda kunjungi sebagai destinasi tempat wisata di Pacitan.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar Tempat Wisata Favorit di Pacitan

Saya sendiri pernah ke tempat wisata di Pacitan satu ini. Letaknya kurang lebih 45 km di sebelah barat Pacitan. Jalan menuju pantai Klayar sangatlah sempit, di awal perjalanan anda akan melewati Gua Gong yang juga merupakan salah satu tempat wisata di Pacitan yang sudah terkenal. Hanya muat 1 mobil jalan menuju pantai Klayar dan jika anda berpapasan dengan mobil lain maka harus mencari tempat yang sedikit lapang untuk bisa saling melewati. Tetapi yang tepenting adalah pantainya, di pantai Klayar memang masih terlihat sepi dan asri. Dan jika anda datang saat air surut maka anda dapat berjalan di daerah pantainya yang terlihat terumbu karangnya.

Saya sendiri waktu itu datang pada saat surut dan melihat kegiatan penduduk sekitar yang mencari bulu babi atau sekedar ikan yang terbawa arus dan terperangkap di antara karang. Keindahan Pantai Klayar sebenarnya terletak pada bongkahan batu besar di tepi pantai. Dan sebuah seruling laut di mana terdapat lubang pada batu dan ketika ada ombak maka air laut akan melewati lubang batu itu dan menyemburlah air laut itu keatas. Sebuah pemandangan atraksi air yang indah. Tetapi jika anda ingin melihat atraksi air ini, anda harus ditemani oleh pemandu. Karena harus berhati-hati karena ombak di Pantai Klayar sangat besar.

2. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria Berpasir Putih di Pacitan

Masih sekitar pantai yang menjadi tempat wisata favorit di Pacitan yang akan kita bahas selanjutnya. Dibandingkan Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria menawarkan ombak yang bersahabat dengan hamparan pasir putihnya. Di tempat ini anda juga bisa belajar surfing sebagai surfer pemula. Ombak yang bersahabat akan mengajarkan anda menjadi pemain surfer yang handal. Pantai Teleng Ria termasuk pantai yang dikelola dengan baik karena pada pantai ini sudah ada tempat penginapan sebagai alternatif liburan anda. Jika anda ingin mencari hotel hanya berjarak 100 meter saja dari pantai. Dan untuk traveler yang suka camping maka tempat lapang juga tersedia untuk sarana camping.

3. Goa Gong

Pemandangan Stalaktit Stalagmit Goa Gong di Pacitan

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Goa Gong merupakan tempat wisata di Pacitan yang sudah sangat terkenal. Keindahan Stalagtit dan Stalagmit sudah mempesona wisatawan mancanegara. Goa yang terletak sekitarĀ 30 km di sebelah barat Pacitan ini telah dibentuk sebagai tempat wisata di Pacitan yang dikelola dengan baik. Ada tangga dan pegangan sepanjang perjalanan di dalam goa dan lampu penerangan yang memadai untuk melihat keindahan stalagtit dan stalagmit di dalam Goa Gong. Keindahan lainnya di dalam Goa adalah terbentuknya kristal dari air yang berlangsung ratusan tahun. Anda tidak perlu repot tentang informasi di dalam goa karena penduduk lokal banyak yang menyediakan jasa pemandu sebagai informan wisata Goa Gong.

4. Goa Tabuhan

Pemandangan Stalaktit di Goa Tabuhan Pacitan

Goa ini memang tidak sebesar Goa Gong. Dahulu Goa Tabuhan diyakini sebagai tempat pertapaan seorang penyebar agama. Dinamakan Goa Tabuhan karena stalagmit goa ini jika dipukul akan menghasilkan nada yang berbeda-beda seperti nada pada Gamelan Jawa. Hal ini diyakini sebagai sarana oleh seorang penyebar agama untuk memperkenalkan agama kepada penduduk sekitar pada jaman itu. Di dalam Goa Tabuhan ada sekelompok seniman yang sengaja mempelajari bunyi stalagmit, dan anda dapat membayar untuk mereka agar memainkan sebuah lagu Jawa.

Selain keempat tempat wisata favorit di Pacitan tersebut, sebenarnya masih ada tempat wisata lain di Pacitan yang bisa anda kunjungi seperti Pantai Pancer, Pantai Srau, Pantai Watu Karung. Dan jika anda suka mengunjungi pemandian air panas, di Pacitan juga terdapat tempat wisata air panas Tirto Husodo atau biasa disebut Banyu Anget. Banyu Anget ini berlokasi sekitar 15 km di sebelah utara pusat Kota Pacitan.

Facebook Comments