Tempat Wisata di Maluku dan Kulinernya Yang Terkenal

Maluku adalah provinsi di Indonesia bagian timur yang kebanyakan wilayahnya berupa kepulauan. Keberadaan pulau ini tentunya menjadikan wisata di Maluku ini tidak lepas dari wisata baharinya. Banyak sekali obyek wisata seperti pantai yang menawarkan keindahan alamnya serta pasir putih yang terhampar luas. Berkunjung ke tempat wisata di Maluku ini tidak hanya menyejukkan, namun juga dapat memberi ketenangan jiwa bagi anda wisatawan yang mengunjunginya.

Sejak zaman penjajahan Belanda, selain terkenal dengan sebabai penghasil rempah-rempah terbesar, Maluku ini terkenal dengan obyek wisatanya yang memiliki daya tarik dengan panorama alamnya. Tempat wisata di Maluku ini terdiri dari beberapa kepulauan serta memiliki keunikan pemandangan di masing-masing pulaunya sehingga banyak mengundang wisatawan asing untuk bertandang menikmati dan bahkan tidak sedikit yang tertarik untuk tinggal di pulau ini.

Di samping memiliki tempat wisata dan objek wisata yang cukup menarik, Maluku juga memiliki wisata alam dan juga wisata budaya serta bangunan peninggalan bersejarah pada jaman penjajahan Belanda seperti Taman Laut Manuala, Pantai Pasir Panjang, Pantai Batsepa, Pintu Kota Ambon dan juga Pantai Hunimoa. Masing-masing pantai di Maluku tersebut memiliki daya tarik dan panorama alam sendiri-sendiri yang pastinya sangat indah untuk dinikmati bersama keluarga ataupun teman.

pantai hunimoa

Misalnya saja obyek wisata Pantai Hunimoa di Ambon, yang terletak di timur laut Jazirah dan berseberangan dengan Pulau Seram. Pantai Hunimoa memiliki pasir putih yang terbentang sepanjang 4 km dan jaraknya dari pusat kota sekitar 40 km. Air pantainya cukup jernih sehingga mengundang para pengunjung untuk berenang atau menyelam ke laut. Selain itu di sekitar tempat wisata di Maluku tersebut terdapat juga banyak restoran di sekitar pantai yang menyediakan makanan khas pantai seperti colo-colo dan ikan bakar. Di sebelah pantai ini juga dapat ditemui dermaga feri yang merupakan bekas lapangan udara milik Jepang pada saat Perang Dunia II.

pantai ora

Selain Pantai Hunimoa, anda bisa melakukan perjalanan wisata selanjutnya ke beberapa pantai dan taman laut lainnya. Rata-rata pantai yang berada di tempat wisata di Maluku ini memiliki pasir putih sehingga semakin menambah eksotisme lautnya. Terlebih jika butiran pasir di pantai tersebut terkena kilatan cahaya matahari, anda seakan berada di surga pasir yang di sebelahnya terbentang pantai indah dengan airnya yang jernih berwarna kebiruan hasil pantulan dari awan yang berada di atasnya.

Jika kebetulan anda sedang berada di tempat wisata di Maluku ini, hal yang tidak boleh ketinggalan dicoba adalah wisata kuliner lokalnya. Anda bisa mecicipi makanan khas Maluku seperti papeda, sambal colo-colo, ikan asap yang semuanya sangat lezat untuk disantap. Kuliner Maluku ini khas dengan ikan yang berasal dari hasil tangkapan laut nelayan sekitar pantai. Selain itu juga identik dengan hasil alam seperti sagu yang biasanya dijadikan makanan pengganti nasi oleh penduduk Maluku.

Beberapa kuliner lain yang bisa anda nikmati adalah Kohu-kohu yang merupakan campuran ikan teri dengan parutan kelapa yang proses pemasakannya dengan cara dibakar. Tak kalah lezatnya anda juga harus mencicipi Asida yang hanya dihidangkan di acara tertentu saja. Makanan ini terbuat dari terigu, gula merah, mentega dan kayu manis. Kuliner khas Maluku tersebut hanya akan anda jumpai saat anda berkunjung ke tempat wisata di Maluku ini karena jarang dijumpai di daerah lain tak seperti nasi padang, coto makasar atau makanan khas kota tertentu lainnya yang bisa dengan mudah dijumpai di berbagai daerah di wilayah indonesia.

Facebook Comments