Tempat Wisata di Kediri Gua Selomangleng

Kota Kediri merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini sendiri merupakan satu-satunya kota yang terletak di Jawa Timur yang memiliki 2 gunung, yakni Gunung Klotok dan Gunung Maskumambang. Saat ini, Kediri merupakan salah satu kota yang sedang berkembang dan pernah dinobatkan sebagai peringkat pertama peraih Indonesia Most Recommended City for Investment pada tahun 2010. Dengan adanya infrastruktur yang baik, tentu tempat wisata di Kediri banyak dilirik wisatawan untuk berlibur yang tidak kalah dengan kota lain di Jawa Timur seperti di Jombang ataupun Surabaya.

Gua-Selomangleng-Kediri

Tempat wisata Kediri yang terkenal adalah Gua Selomangleng. Gua ini berada di bagian utara kota Kediri dengan akses perjalanan yang mudah. Untuk menuju ke Gua Selomangleng, wisatawan dapat mudah menggunakan angkutan umum dari Kota Kediri karena tempat ini sangat berdekatan dengan universitas dan sekolah negeri di Kota Kediri. Gua Selomangleng merupakan gua yang berada di lereng bukit. Dalam namanya sendiri Selomangleng berasal dari bahasa Jawa. Selo memiliki arti batu dan Mangleng berarti miring. Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam dengan ukuran besar sehingga nampak mencolok meski dilihat dari jarak jauh.

Papan-Petunjuk-ke-Gua-Selomangleng

Saat anda pertama mendatanginya, gua ini memiliki bentuk yang unik yang terlihat dari pintu masuknya. Saat anda masuk, anda akan menemukan berbagai macam bongkahan batu yang dapat ditemui di mulut gua yang diantaranya terdapat pahatan yang menandakan bahwa gua ini pernah disentuh oleh manusia serta berbagai corak relief yang menghiasi dinding luarnya. Uniknya, beberapa corak relief tersebut berbentuk manusia.

Relief-di-Gua-Selomangleng

Saat masuk, anda akan mencium bau dupa yang sangat menyengat dan memiliki kesan mistis. Hal unik lainnya adalah Gua Selomangleng tidak memiliki stalagnit dan stalagmit yang banyak dijumpai gua lainnya karena gua ini terbuat dari batu andesit yang menjadikannya kedap air. Untuk masuk ke dalam Gua Selomangleng diperlukan sinar penerangan tambahan seperti senter untuk membantu memasuki sampai dalam. Pada lantai dasar gua anda akan menemukan banyak sekali bunga-bunga sesajen yang digunakan untuk bertapa oleh masyarakat tertentu.

Di dalamnya, terdapat tiga ruangan. Pada ruangan pertama, wisatawan akan menemukan ruang memiliki luas tidak terlalu lebar yang dihiasi oleh relief-relief dengan sebuah pintu kecil pada sisi kiri dan kanan yang bisa digunakan untuk menuju ruangan lainnya. Untuk memasuki ruangan lain, wisatawan diharuskan jalan sedikit merangkak karena ukuran pintu yang ada cukup kecil. Saat anda masuk pada pintu kiri, anda akan menemukan ruangan kecil dengan atap yang rendah. Kesan sempit dan sumpek akan anda rasakan ketika memasuki pintu di sisi kiri. Jika diperhatikan, anda akan menemukan relief-relief yang mirip dengan relief yang berada pada bagian luar Gua Selomangleng.

Di-Dalam-Gua-Selomangleng

Sedangkan pada sisi kanan anda akan menemukan relief pada bagian atasnya yang mirip dengan relief yang terdapat pada pintu masuk sebuah candi. Di dalamnya anda akan menemukan sebuah tungku dengan banyak dupa menyala di dalamnya. Berbagai relief-relief yang masih memiliki bentuk jelas yang semakin mempercantik dan menambah hal mistis di dalam Gua Selomangleng.

Selain anda dapat menikmati Gua Selomangleng saat berkunjung ke kota ini, anda juga bisa menikmati tempat wisata Kediri lainnya, seperti Gunung Kelud yang berada antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar dengan air panas dan pemandangan yang indah di dalamnya serta banyak sekali arca-arca bekas peninggalan Kerajaan Kediri.

Facebook Comments