Tempat Wisata di Daerah Kuningan Jawa Barat

Kuningan merupakan salah satu kota dan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kuningan memiliki letak yang sangat strategis karena lokasinya berada pada perlintasan jalan yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur serta sebagai jalan alternatif yang menghubungkan Bandung – Majalengka. Selain posisi strategis, Kuningan juga menarik karena pada bagian barat merupakan pegunungan dan pada bagian kiri merupakan dataran rendah yang memiliki banyak tempat wisata Kuninganyang bisa anda kunjungi.

Pemandian-Air-Panas-Sangkanurip-Kuningan

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat sangat beragam, seperti ada salah satu objek wisata pemandian air panas yang bernama Pemandian Air Panas Sangkanurip. Pemandian ini berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar yang berjarak sekitar 12 KM dari pusat Kota Kuningan dan sekitar 23 KM jika perjalanan dari Kota Cirebon. Tiket masuk pemandian ini cukup beragam, untuk ruang tertutup eksekutif anda harus mengeluarkan Rp. 50.000 untuk dewasa sedangkan Rp. 20.000 untuk anak-anak dan terdapat juga ruang pemandian umum dengan harga tiket masuk hanya Rp. 9000 untuk dewasa dan Rp. 6000 untuk anak-anak. Selain itu, di Pemandian Air Panas Sangkahurip terdapat juga kolam renang biasa dengan tiket masuk Rp. 7000 untuk dewasa dan Rp. 6000 untuk anak-anak.

Balong-Keramat-Darmaloka-Kuningan

Tempat lainnya yang wajib anda kunjungi saat singgah di Kuningan adalah Balong Keramat Darmaloka. Tempat ini berlokasi di Desa Darma, Kecamatan Darma atau hanya berjarak beberapa meter saja dari tepi Jl. Cirebon – Kuningan – Ciamis. Yang menarik dari Balong Keramat Darmaloka adalah tempat ini merupakan sisa peninggalan dari kegiatan penyebaran agama Islam saat jaman Walisongo.

Gedung-Perundingan-Linggarjati-Kuningan

Selain itu, tempat wisata di Kuningan yang wajib anda kunjungi adalah Gedung Perundingan Linggarjati. Gedung yang terletak di Jalan Linggarjati ini berjarak kurang lebih 15 KM dari Kota Kuningan. Gedung ini merupakan saksi sejarah pada saat dilaksanakannya Perundingan Linggarjati pada bulan November tahun 1946. Awalnya, gedung ini memiliki nama Toord pada tahun 1935 – 1946, lalu pada saat pendudukan Jepang tempat ini berganti nama menjadi Hotel Hokay Ryokan lalu menjadi Hotel Merdeka setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Air-Terjun-Curug-Putri-Kuningan

Tempat wisata di Kuningan lainnya adalah Curug Putri. Tempat ini merupakan sebuah curug yang memiliki pemandangan sangat indah dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai. Akses yang mudah, ketinggian yang sedang serta debet air yang terbilang baik menjadikan Curug Putri sangat layak untuk masuk daftar objek wisata yang wajib anda kunjungi saat anda mengunjungi daerah Kuningan Jawa Barat. Saat anda berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai anda akan masuk ke Curug Putri yang berada di sisi kiri jalan dan merupakan jalan setapak. Di sana anda akan merasakan suasana alam yang sangat indah dengan air bersih yang ada di dalamnya. Selain itu, pepohonan yang berada di sekitar air terjun juga menambah kesejukan lebih sehingga tidak heran jika akhir pekan tiba tempat ini selalu dipadati banyak pengunjung.

Facebook Comments