Tempat Wisata di Bengkulu Yang Wajib Anda Kunjungi

Bengkulu merupakan salah satu kota yang merupakan ibu kota dari Provinsi Bengkulu yang terletak di Pulau Sumatera. Meskipun letak yang kurang begitu strategis, namun Bengkulu merupakan kota yang maju karena kota ini bisa dibilang sangat terencana dengan adanya sumber daya alam dan jalanan luas berstruktur. Walau letaknya kurang strategis akan tetapi Bengkulu juga memiliki banyak tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Tempat wisata di Bengkulu banyak yang menarik, ada wisata sejarah yang berkaitan erat dengan sejarah Bung Karno yang pernah diasingkan di kota ini dan juga ada wisata air karena di Bengkulu terdapat beberapa pantai dan danau yang indah.

Rumah-Pengasingan-Bung-Karno-Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu yang pastinya sangat wajib dikunjungi adalah Rumah Pengasingan Bung Karno. Tempat ini berada di Jalan Anggut Atas dan sekarang menjadi Jalan Soekarno-Hatta. Di sini merupakan tempat tinggal Presiden Republik Indonesia, Soekarno selama diasingkan pada zaman Hindia-Belanda (1939 – 1942). Di rumah ini terdapat beberapa peralatan, buku-buku dan sepeda yang pernah dimiliki Soekarno yang masih tersimpan serta terdapat Masjid Jamik yang didesain langsung oleh Soekarno kala itu.

Benteng-Marlborough-Bengkulu

Selain itu jika anda mengunjungi Bengkulu, anda juga wajib mendatangi Benteng Marlborough yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Bengkulu. Benteng ini dibangun oleh perusahaan India Timur yang kala itu dibangun di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng Marlborough dibangun menghadap ke arah selatan dengan luas sekitar 44.100 meter persegi. Dengan arsitektur khas abad ke-18, bangunan benteng ini juga mirip dengan kura-kura. Pintu utama Benteng Marlborough dikelilingi parit yang luas serta dapat dilalui oleh jembatan dan juga terdapat pintu keluar bawah tanah yang saat itu digunakan untuk berperang.

Pantai-Panjang-dan-Pohon-Cemara-Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu lainnya adalah Pantai Panjang. Pantai ini berlokasi sekitar 3 km dari Kota Bengkulu. Untuk menuju tempat ini banyak sekali sarana angkutan umum yang bisa anda gunakan. Pantai Panjang memiliki panjang pantai sekitar 7 km dan terdapat pemandangan pantai yang dihiasi oleh pohon Cemara yang menghiasi pinggir pantai. Fasilitas di tempat ini juga lengkap karena terdapat area parkir yang luas, cottage, kolam renang, restoran dan hotel di Pantai Panjang.

Pulau-Tikus-di-Bengkulu

Selain itu, anda juga mendatangi Pulau Tikus. Pulau ini dapat dikunjungi kurang lebih 1 jam dari Kota Bengkulu dengan menggunakan sarana angkutan kapal boat. Di Pulau Tikus terdapat satu buah pulau induk dengan dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Pemandangan di tempat ini sangat indah, berbagai aktifitas wisata laut dapat dilakukan di Pulau Tikus seperti menyelam menyaksikan pemandangan karang-karang yang indah.

Danau-Tes-Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini juga jangan sampai dilewatkan. Tempat wisata terkenal yang satu ini bernama Danau Tes. Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di Bengkulu. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang bukit hijau. Di tengah-tengah danau terdapat persawahan penduduk dengan sebuah gunung pasir yang indah. Selain itu, di Danau Tes juga terdapat Suku Rejang dengan budaya yang sangat khas juga terdapat sungai yang menjadi sumber utama air danau.

Facebook Comments