Tempat Wisata di Ambarawa Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pernahkah anda mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga dengan berwisata ke Ambarawa? Mungkin banyak dari anda yang belum begitu paham tentang Kota Ambarawa ini, terlebih bagi anda yang tinggal di kawasan luar provinsi Jawa Tengah. Memang tempat ini belum begitu dikenal banyak orang tetapi jika anda menyempatkan waktu untuk berlibur ke tempat ini, tentu anda tidak akan kecewa karena berbagai tempat wisata di Ambarawa memiliki daya tarik tersendiri.

Di Kota Ambarawa saat ini memang yang paling dikenal adalah wisata budaya museum Palagan. Mungkin jika mendengar nama tempat wisata ini anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai tempat wisata di daerah tersebut. Selain wisata budaya, anda pun juga dapat menikmati beberapa tempat wisata lainnya seperti wisata alam yang juga tak kalah menariknya.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di Ambarawa yang memang memiliki keindahan yang menarik untuk anda kunjungi. Silahkan simak uraiannya di bawah ini.

1. Kampoeng Rawa (Kampung Rawa)

Rumah Makan Apung Kampoeng Rawa Ambarawa

Salah satu tempat wisata yang ada di Ambarawa ini adalah Kampoeng Rawa. Tempat wisata ini berupa pondok-pondok rumah makan yang memang masih tergolong baru. Tempat wisata ini terletak di tepi jalan lingkar Ambarawa dan sangat mudah untuk anda temukan karena tempat ini memiliki ciri khas di mana bangunan-bangunannya beratap joglo yang terletak di tengah hamparan sawah serta rawa menghijau. Tempat makan di tempat wisata ini pun sangat unik karena didesain dengan konsep terapung dan dibangun di atas rakit yang terbuat dari drum plastik bekas. Selain tempat makan yang unik, di Kampoeng Rawa anda pun dapat menikmati pemandangan yang dapat membuat anda sedikit rileks yaitu perbukitan yang mengelilingi rawa tersebut serta keindahan danau Rawa Pening.

2. Rawa Pening

Rawa Pening Ambarawa

Mendengar kata Rawa Pening memang sangat erat kaitannya dengan Ambarawa. Hal ini karena dilihat dari nama Ambarawa yang berarti amba adalah luas dan rawa adalah rawa. Oleh karena itu, keberadaan Rawa Pening ini selalu dikait-kaitkan dengan sejarah adanya Ambarawa pada masa lalu. Jika anda berlibur ke tempat ini, anda dapat naik perahu untuk menikmati keindahan Rawa Pening di mana pada rawa tersebut banyak ditumbuhi enceng gondok yang memang dimanfaatkan sebagai bahan dasar souvenir.

3. Museum Palagan Ambarawa (Monumen Palagan Ambarawa)

Monumen Palagan Ambarawa

Seperti yang sudah saya uraikan di atas bahwa Palagan Ambarawa merupakan salah satu wisata budaya yang sudah banyak dikenal orang. Di sinilah tempat pertempuran besar terjadi pada masa penjajahan Jepang tahun 1945. Di Museum Palagan atau Monumen Palagan ini anda dapat melihat beberapa benda bersejarah khususnya untuk alat transportasi kereta api. Museum ini berada di Jalan Mgr. Sugiyopranoto.

4. Gua Maria

Gua Maria Ambarawa

Untuk tempat wisata yang satu ini memang dapat anda manfaatkan sebagai wisata religi, khususnya bagi anda yang beragama Nasrani. Selain itu, di Gua Maria ini terdapat taman yang sangat disayangkan jika anda lewatkan. Selain wisata religi, anda pun juga dapat melakukan wisata alam yang cukup menghibur dan membuat anda sedikit rileks.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Kereta Api Kuno di Museum Kereta Api Ambarawa

Bagi anda yang ingin melihat secara langsung kereta api kuno atau biasa disebut lokomotif, anda bisa datang ke Museum Kereta Api Ambarawa. Selain kereta api kuno, di museum ini juga bisa anda saksikan peninggalan-peninggalan pada masa penjajahan Belanda seperti mesin hitung mesin ketik, pesawat telegram, pesawat telepon, dan masih banyak lagi. Museum ini berada di Jalan Setasiun No. 1, Ambarawa.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Ambarawa. Untuk mencapai tempat wisata tersebut memang sangat mudah karena Kota Ambarawa sendiri letaknya sangat dekat dengan Kota Semarang sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Semarang.

Facebook Comments