Tempat Wisata Budaya Art Center Bali

Art Center di kawasan Bali ini adalah Taman Budaya yang menggambarkan kearifan budaya lokal di Bali. Di sini adalah Taman Budaya terbesar yang terletak di tengah-tengah kota Denpasar. Art Center didirikan oleh gubernur pertama Bali yaitu Ida Bagus Mantra. Beliau mendirikan Art Center ini bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan budaya Bali ke seluruh dunia agar lebih dikenal ke mancanegara. Dengan kawasan yang memiliki luas sekitar 14 hektar ini dibangun di atas tanah peribadi milik beliau. Beliau berharap agar budaya Bali terus hidup dan dikenal oleh mata dunia dari generesi ke generasi. Dan bisa dibilang cita-cita beliau tersampaikan lewat dibangunya Taman Budaya ini.

Wisata-Budaya-Art-Center-Bali

Jika anda berkunjung ke tempat ini, ada beberapa komplek yang bisa anda kunjungi. Terdapat 4 komplek dengan fungsi dan kelebihanya masing-masing. Adapun 4 komplek yang dapat anda temui di sini adalah yang pertama Komplek Suci. Komplek ini meliputi Pura Taman Beji, Bale Selonding, dan Bale Pepaosan, serta ada beberapa titik wisata lainnya. Kemudian komplek yang kedua adalah Komplek Tenang. Komplek Tenang ini meliputi Perpustakaan Widya Kusuma yang berisi buku-buku sejarah tentang Bali. Jadi anda dapat menemukan segala hal tentang sejarah Bali di perpustakaan ini.

Dan komplek berikutnya adalah Komplek Setengah Ramai. Kawasan ini meliputi Wantilan, Studio Patung, Gedung Kriya, Wisma Seni dan Gedung Pameran Mahudara .Kawasan ini merupakan tempat di mana pameran seni Bali sering diadakan. Tempat ini merupakan sebuah aula tempat pameran seni Bali. Dan komplek yang terakhir adalah Komplek Ramai. Komplek ini meliputi kawasan Panggung Terbuka Ardha Candra dan juga Panggung tertutup Ksirarnawa, adapun keduanya bertempat di sebelah Selatan Sungai.

Bali-Art-Center

Setiap tahun di kawasan ini diadakan pesta kesenian Bali. Hingga acara ini biasanya menjadi acara tahunan yang menarik banyak wisatawan untuk datang ke sini. Di sini akan anda lihat barbagai pertunjukan budaya dan seni dari perwakilan seniman terbaik di seluruh Bali. Biasanya pentas seni ini diadakan pada pertengahan bulan Juni-July, Sehingga tempat ini dipenuhi para pengunjung ketika liburan sekolah tiba.

Pertunjukan-Seni-di-Bali-Art-Center

Kawasan wisata budaya Art Center ini berada di tengah-tengah kota Denpasar, lebih tepatnya di Jalan Busa Indah, Denpasar, Bali. Jika anda ingin berkunjung ke sini maka anda dapat menempuh perjalanan sekitar 15 km atau 30 menit dari Bandara Ngurah Rai dengan mengendarai kendaraan. Dari Bandara ambillah jurusan menuju ke arah pusat kota di Jalan Gajah Mada. Lalu lurus saja ke timur menuju Hayam Wuruk. Pada kawasan sebelah kiri setelah Banjar Kedaton anda akan temukan jalan Nusa Indah. Nah di sinilah lokasinya. Banyak sekali pentas seni yang dapat anda saksikan di sini setiap malamnya full selama satu bulan.

Saya kira sudah cukup saya memperkenalkan anda pada Tempat Wisata Budaya atau Art Center Bali ini. Sekarang giliran anda untuk membuktikan keramahan dan kearifan budaya yang ditawarkan kawasan wisata Art Center ini

Facebook Comments