Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Kota Bandung

Selain terkenal dengan kulinernya yang khas, Kota Bandung juga terdapat banyak sekali tempat wisata. Dari tempat wisata yang benar-benar modern (dibangun manusia) hingga yang masih alami (wisata alam). Kali ini saya akan membahas tentang tempat wisata di Kota Bandung yang masih bernuansa alami. Karena Bandung sudah hampir mendekati metropolitan maka dari itu kita wajib menjaga dan melesatarikan tempat-tempat wisata alam yang ada di Kota Bandung. Tempat wisata di Kota Bandung yang masih alami perlu perhatian lebih dan perlu peromosi lebih agar lokasi wisata di Kota Bandung ini bisa lebih terkenal dan diberdayakan.

Saya telah mengumpulkan daftar tempat wisata alam di Bandung, ada tiga tempat wisata yang saya pilih diantaranya.

Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tempat wisata di kota Bandung ini merupakan tempat favorit yang cukup terkenal bagi para pelancong dan turis yang berwisata ke Bandung. Kawah Putih Ciwedey adalah obyek wisata di Bandung yang sangat indah dengan pesona alam yang megah. Tentunya kita tidak akan menemukan keunikan pesona alam seperti ini di daerah lain. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam berupa kawah berwarna putih. Letaknya berada di Jl. Raya Soreang, atau sekitar 25 Km dari Pusat Kota Bandung.

Tempat Wisata Curug Dago Bandung

Curug Dago Keindahan Tersembunyi di Bandung

Curug Dago adalah obyek wisata yang berupa air terjun yang terletak di Bandung. Ketinggian Air terjun Dago sekiar 12 M, berada di ketinggian 800 meter. Curug ini berasal dari sungai Cikapundung yang membelah kota Bandung. Wisata Curug Dago ini termasuk tempat bersejarah. Terdapat dua prasasti peninggalan tahun 1818 M di sekitar air terjun ini. Berdasarkan penafsiran yang dilakukan para arkeolog, prasasti ini merupakan prasasti peninggalan Raja Chulalonkorn dari dinasti Chakri.

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Perahu ini lokasinya berada di Bandung Utara sekitar 20 Km dari pusat Kota Bandung. Pemandangan alam yang ditunjukkan oleh gunung bersejarah ini adalah pepohonan yang menghampar dan merelaksasi mata kita. Tinggi gunung ini ialah 2.084 meter di atasa permukaan air laut, berbentuk Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Menurut dongeng orang Indonesia gunung ini dulunya adalah perahu yang terbalik, serapan dari dongeng Dayang Sumbi dan anaknya Sangkuriang. Menurut dongeng, Sangkuriang membuat perahu dan beberapa permintaan Dayang Sumbi lainnya sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi yang ternyata ibunya. Namun karena gagal melaksanakannya ia menendang perahu itu sampai perahu itu terlempar ke gunung dengan posisi terbalik, begitulah cerita yang beredar di masyarakat.

Daerah Gunung ini rata-rata suhu yang dimiliki adalah 17o C ketika siang dan 2o C pada malam hari, cukup dingin bukan. Jadi anda harus terlebih dahulu persiapkan jaket jika ingin berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu. Apalagi pada pagi hari atau malam hari, diperlukan jaket yang tebal dan lebih dari satu itu baru membuat anda hangat.

Itulah daftar tempat wisata alam di Kota Bandung yang masih alami dan sangat indah yang bisa saya rekomendasikan. Dijamin tempat wisata alam ini akan memanjakan mata dan menenangkan pikiran anda. Tidak ada ruginya berekreasi ke tempat wisata alam di Kota Bandung. Dan tentu saja malah akan merugikan diri kita jika kita datang ke Kota Bandung tapi tidak mencoba melihat secara langsung obyek wisata yang sangat indah ini.

Sekali lagi, tempat wisata-wisata alam yang ada di Bandung ini perlu diberi perhatian khusus begitu pula ketiga tempat wisata alam di Kota Bandung di ayas. Kalau bukan kita sebagai orang Indonesia yang meperhatikannya siapa lagi? Untuk itu, kita perlu menjaga dan melestarikan alam kita, utamanya dengan berkunjung ke tempat wisata dalam negeri yang tentu saja tidak kalah dengan obyek wisata yang berada di luar negeri.

Facebook Comments