Saatnya Mengisi Liburan Dengan Berwisata ke Gunung Semeru

Mengisi liburan dengan wisata ke gunung merupakan salah satu hal yang menarik untuk dilakukan bagi sebagian besar orang. Terlebih bagi anda pecinta alam yang suka menghabiskan waktu dengan menaklukkan puncak berbagai gunung, tentu akan menjadi hal yang akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Salah satu obyek wisata yang selalu menjadi incaran para pendaki yaitu obyek wisata Gunung Semeru yang memang sudah sangat populer dengan keindahan pemandangan alamnya. Gunung Semeru merupakan beberapa gunung yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang di dekatnya juga terdapat Gunung Bromo.

Gunung Semeru dengan puncak Mahameru merupakan gunung tertingggi di pulau Jawa dan untuk itu tak heran jika banyak orang yang berminat untuk berwisata ke tempat ini. Kawah di Gunung Semeru ini disebut dengan Jonggring Saloko. Mungkin bagi anda yang sudah pernah atau bahkan sering melakukan pendakian di Gunung Semeru sudah paham benar mengenai beberapa tempat terindah yang ada di sepanjang jalan pendakian. Akan tetapi bagi anda yang belum pernah, tentu merasa penasaran sebenarnya keindahan alam yang seperti apa yang dapat dilihat ketika berwisata ke tempat ini.

Puncak Gunung Semeru

Pada dasarnya tempat wisata Gunung Semeru dapat anda nikmati dengan perjalanan selama 4 hari hingga anda sampai ke puncak (pulang-pergi). Akan menjadi perjalanan yang cukup melelahkan tapi juga menyenangkan bukan? Nah, untuk mulai melakukan wisata ini, anda dapat menempuh perjalanan melalui kota Malang atau Lumajang. Di mana jika dari terminal kota Malang, anda dapat naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Dari belakang pasar terminal Tumpang anda dapat naik Jeep atau mobil angkutan sayur untuk menuju pos Ranu Pani. Dan di sinilah anda dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa dari Gunung Semeru. Di tempat ini terdapat dua buah danau yakni Ranu Pani dan juga Ranu Regulo.

Pendakian Gunung Semeru

Perjalanan anda bukan hanya sampai di sini saja karena setelah sampai di pos Ranu Pani, pendakian yang sebenarnya akan dimulai. Untuk jalur awal pendakian, anda akan disuguhi dengan banyak tumbuhan alang yang mungkin jarang anda lihat di kota tempat anda tinggal. Perhatikan juga setelah anda berjalan sekitar 5 km karena anda akan disuguhi dengan banyaknya bunga Edelweis. Setelah puas dengan bunga Edelweis, anda harus berjalan sekitar 4,5 km lagi untuk sampai di Ranu Kumbolo, di mana di tempat ini terdapat danau dengan air yang sangat bersih dan anda pun dapat menyaksikan matahari terbit di sela bukit. Setelah melewati Ranu Kumbolo, anda harus mendaki bukit yang cukup terjal dan anda lihat pemandangan di belakang anda, berupa hamparan padang rumput yang sangat luas yang biasa disebut dengan oro-oro ombo.

Danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Nah, ketika anda sudah sampai di Cemoro Kandang kemudian Arcopodho, persiapkan diri anda untuk mendaki ke puncak karena memang medannya sangat curam. Dan ketika sampai di puncak Mahameru, anda akan menyaksikan keajaiban alam yang mungkin sebelumnya belum pernah anda rasakan. Pemandangan samudara di atas awan, begitulah banyak orang yang mengatakan seperti itu. Bagaimana? Tertarik untuk mengujungi tempat wisata Gunung Semeru? Segera taklukkan puncak Semeru dan dapatkan keajaiban alam saat berada di puncak Semeru.

Facebook Comments