Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta

Jika berbicara masalah tempat wisata Daerah Istimewa Yogyakarta memang jagonya. Dari mulai wisata alam, wisata air terjun, ataupun wisata wahana modern buatan manusia. Tempat wisata terkenal di Yogyakarta yang sudah biasa orang tau bahkan bule pun juga berdatangan ke sini adalah Malioboro. Ya, Yogyakarta memang identik dengan Malioboro. Tapi apakah anda tau tempat wisata lain selain Malioboro? Pastinya banyak sekali, dan kali ini saya akan menginformasikan lokasi-lokasi tempat wisata pantai di Daerah istimewa Yogyakarta, terutama di daerah Gunung Kidul.

Berbicara soal pantai, jika saya bertanya tempat wisata pantai yang ada di Yogyakarta pasti anda akan langsung menjawab “Parangtritis” benar kan? Pantai Parangtritis memang pantai yang sudah terkenal dan melegenda di Yogyakarta. Tapi agar anda tidak bosan, kali ini saya akan berbagi tempat wisata pantai di Yogyakarta selain Parangtritis. Pasti anda merasa asing dengan nama-nama pantai berikut.

Tempat wisata pantai di Yogyakarta yang berada di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul ini berbeda dari tempat wisata pantai yang berada di Bantul, tempat wisata pantai-pantai Yogyakarta ini biasanya belum terjamah oleh manusia alias masih asli.

Pok Tunggal

Pok tunggal

Letak Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Gunung Kidul, DIY atau berada di sebelah timur pantai Watulawang. Pantai ini dapat dijangkau dengan waktu dua jam dari kota Yogyakarta, atau lebih tepatnya 50 KM dari Wonosari. Pantai ini sangat indah dengan tebing karang yang berjejer membentuk sebuah gugus yang begitu menawan. Begitu tampak keagungan sang Maha Pencipta tatkala kita memandangi pemandangan yang luar biasa di pantai Pok Tunggal ini. Sungguh sangat rugi apabila kita tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini.

Pantai Watulawang

Pantai watulawang

Pantai Watulawang ini juga terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di sebelah Timur Pantai Pulang Sawal (Indrayanti) dan di sebelah Barat obyek wisata pantai Gunungkidul yang lain, yaitu Pantai Pok Tunggal. Salah satu tempat wisata pantai di Ginung Kidul Yogyakarta ini masih belum terlalu terjamah orang, di sini tidak terlalu ramai untuk itu di pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri.

Pantai Watulawang cukup luas, berpasir putih, suasana alamnya masih bersih dan asri. Banyak terdapat  rumput laut dan kulit kerang yang dimanfaatkan warga untuk diolah menjadi kerajinan aneka souvenir. Di pantai ini juga terdapat goa di sebalah barat area pasir putih. Goa ini biasa dipakai sebagai rangkaian upacara Nyadran oleh penduduk sekitar.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Tempat wisata pantai di Gunung Kidul yang lain adalah Pantai Syawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti. Tempat wisata pantai cafe ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di bagian timur Pantai Sundak dan Somandeng.

Daya tarik Pantai Indrayanti ini mempunyai pemandangan alam yang berbeda dengan beberapa pantai lain yang terletak di Gunung Kidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih, di pantai ini kita dapat menjumpai restoran dan beberapa penginapan yang cukup bagus untuk tempat menginap.

Pantai Sundak

Pantai Sundak

Sundak adalah pantai berpasir putih yang berada di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terletak pada jajaran pantai seperti Kukup, Baron, dan Krakal.  Di Pantai Sundak ini debur ombak dan kecantikan alam di sana membuat setiap wisatawan terpesona ketika melihatnya. Kita dapat menikmati keindahan pantai ini dengan pasir putihnya yang bersih dan cantik. Ombak di pantai ini cukup besar karena berada di Samudera Hindia.

Nah, itulah empat dari kira-kira lima belas tempat wisata pantai yang ada di Yogyakarta khususnya di daerah Wonosari yang bisa saya bagikan kepada pembaca. Untuk apa lagi berpikir dua kali menuju Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul ini, kawasan surganya wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sudah sangat jelas bahwa pantai yang terdapat di sekitar Yogyakarta memiliki daya tarik dan panorama yang sangat unik jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Segera packing barang-barangmu untuk melancong ke tempat wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta ini ya.

Facebook Comments