Rekomendasi Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat

Tasikmalaya merupakan sebuah daerah yang terletak di Jawa Barat bagian timur. Daerah ini berada di sebelah timur kota Bandung dan terkenal dengan berbagai kerajinan tangannya yang menarik. Perkembangan kota Tasikmalaya begitu pesat dan menjadi kota termaju untuk bagian Jawa Barat bagian timur membuat kota ini mendapat julukan kota mutiara dari Priangan Timur. Selain memiliki berbagai potensi daerah yang menarik kota ini juga memiliki berbagai tujuan wisata yang menawan.

Beberapa tempat wisata di Tasikmalaya bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara karena keunikan dan keteguhannya dalam memegang tradisi. Untuk menambah referensi anda mengenai berbagai tempat wisata di Tasikmalaya berikut akan saya berikan beberapa tempat wisata menarik di Tasikmalaya.

1. Kampung Naga

Suasana-Kampung-Naga-Tasikmalaya

Kampung Naga adalah sebuatan untuk sebuah kampung atau dusun yang berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Kampung ini menjadi istimewa dan berbeda karena Kampung Naga masih mempertahankan tradisi dan budaya daerah yang tradisional. Mereka masih memegang teguh semua budaya peninggalan leluhur yang ada dari mulai adat istiadat, struktur rumah hingga kehidupan sehari-hari.

Pesona-Kampung-Naga-Tasikmalaya

Bahkan saat pemerintah mengambil kebijakan untuk mengganti minyak tanah dengan gas LPG, masyarakat Kampung Naga yang biasa menggunakan minyak tanah sebagai sumber kehidupan dan penerangan mendapatkan subsisdi khusus agar tetap bisa menggunakan minyak tanah dengan cukup. Hal inilah kemudian yang membuat para pengunjung baik dari lokal maupun mancanegara menjadi tertarik untuk berkunjung ke Kampung Naga karena masih mempertahankan adat dan budaya tradisional.

2. Gunung Galunggung

Gunung-Galunggung-Tasikmalaya

Gunung ini pernah menjadi pusat perhatian nasional saat meletus pada tahun 1982-1983, letusannya terasa sampai dengan ibukota Jakarta. Dan sekarang setelah beberapa dekade berlalu Gunung Galunggung telah menjelma menjadi sebuah gunung yang cantik. Di pusat kawah gunung ini terdapat sebuah danau air tawar yang tidak tercium belerang sama sekali hal ini sangat berbeda dengan danau di kawah gunung lainnya yang tercampur belerang yang menyengat. Selain itu di sekitar gunung ini juga terdapat banyak sungai yang meluncur ke bawah seperti halnya sungai yang dicurahkan dari langit. Selain itu masih ada tangga 1000 atau tangga biru yang terletak di gunung Galunggung yang bisa di tempuh untuk yang menyukai tantangan.

3. Pusat kerajinan tangan dan budaya

Tidak lengkap jika kita mengunjungi kota Tasikmalaya tanpa mengunjungi sentra kerajinan tangan dan budaya yang begitu terkenal. Beberapa kerajinan tangan asli Tasikmalaya adalah payung geulis, kelom geulis, batik, mebel, bordir, anyaman dan kuliner. Payung dan kelom geulis sudah menjadi trademark kota Tasikmalaya yang termasyur karena unik dan berbeda. Selain itu produksi produk ini juga sudah semakin berkurang sehingga membuat produknya menjadi langka dan bernilai tinggi.

4. Curug Dengdeng

Air-Terjun-Curug-Dengdeng

Curug Dengdeng di Tasikmalaya terkenal dengan air terjun 3 tingkatnya. Tingkatan paling tinggi air terjun ini adalah seringgi 13 meter dari bawah, sedangkan yang paling rendah adalah sekitar 9 meter. Jika anda bisa mencapai di tingkatan tertinggi Curug Dengdeng maka anda bisa melihat aliran Sungai Cikembang. Untuk menuju Curug Dengdeng ini membutuhkan perjuangan karena anda harus melewati hutan jati dan harus berjalan kaki.

Selain keempat tempat wisata di Tasikmalaya tersebut sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata lain yang cukup menarik. Jika anda suka wisata religi anda bisa berkunjung ke Masjid Manonjaya di Kampung Kaum, Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya. Atau bisa berkunjung ke makam-makam sejarah seperti Makam Baganjing dan Makam Tanjung Malaya.

Selain itu ada juga tempat wisata gua di Tasikmalaya seperti Goa Malawang, Gua Wadon, Gua Cupu Agung, Gua Ranggawulung, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi, jika anda ingin berlibur ke Tasikmalaya pastikan anda mengunjungi tempat-tempat wisata di atas.

Facebook Comments