Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang Yang Menarik

Palembang merupakan sebuah kota yang terletak di pulau Sumatera. Kota ini merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah kota Medan. Sebagai sebuah kota yang cukup besar kota Palembang cukup ramai dan sibuk dengan berbagai aktifitas masyarakatnya yang dikenal suka berniaga. Dari kebiasaan berniaga inilah banyak muncul berbagai makanan khas kota Palembang seperti Pempek, Mie Celor, Tempoyak, Pindang Patin dan berbagai makanan khas menggoda lainnya.

Selain dikenal dengan makanan khas yang enak, Palembang juga dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang menarik yang biasa ramai dikunjungi oleh masyarakat ataupun wisatawan dari luar Kota Palembang. Beberapa tempat wisata di Palembang yang menarik tersebut diantaranya ;

1. Sungai Musi

Sungai-Musi-dan-Jembatan-Ampera-Dari-Atas

Berbicara mengenai Palembang maka tidak lengkap jika tidak dengan menyertakan sungai Musi sebagai salah satu ikon wisatanya. Sungai ini merupakan sebuah sungai yang membelah kota Palembang, dan menjadi sungai yang sangat bersejarah bagi kota Palembang karena sudah menjadi saksi sejarah perjalanan kota Palembang sejak dahulu. Di sepanjang sungai yang terbentang luas dan panjang ini juga banyak ditemukan berbagai objek wisata menarik seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Jembatan Musi dan lain sebagainya.

2. Jembatan Ampera

Sungai-Musi-dan-Jembatan-Ampera-Dari-Bawah

Jembatan Ampera merupakan salah satu tempat wisata di Palembang yang berdiri megah di atas Sungai Musi. Jembatan ini adalah ikon kota Palembang dan mulai di bangun pada bulan April tahun 1962. Memiliki panjang sekitar 1.117 meter dan lebar 22 meter jembatan ini menjadi pilar penting dalam penghubung dua daerah di kota Palembang yakni daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Saat ini Jembatan Ampera bukan hanya sebagai jembatan penting penghubung Seberang Ulu dan Seberang Ilir namun juga sudah menjadi kebanggaan daerah kota Palembang.

Di sekitar jembatan ini juga sering diadakan berbagai festival baik skala daerah maupun nasional. Festival ini biasanya berlanjut hingga ke malam hari. Karena malam hari adalah momen paling tepat untuk menikmati keindahan jembatan Ampera karena di waktu malam, jembatan ini akan memancarkan cahayanya yang sangat indah.

3. Pulau Kemaro

Pagoda-9-Lantai-Pulau-Kemaro

Mungkin nama Pulau Kemaro masih begitu asing di telinga, padahal pulan ini merupakan satu objek wisata yang tidak terpisahkan dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera, karena sebenarnya Pulau Kemaro ini letaknya di tengah-tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro cukup luas, wajar bisa ada di tengah Sungai Musi karena Sungai Musi sendiri memang sangat lebar dan besar. Bisa berada di Pulau Kemaro seakan-akan anda berada di negeri China. Di sini terdapat pagoda yang cukup tinggi setinggi 9 lantai.

4. Benteng Kuto Besak

Benteng-Kuto-Besak-Tempat-Wisata-Palembang

Benteng ini merupakan sebuah benteng yang menjadi ikon kota Palembang lainnya dan menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang menarik. Benteng merupakan peninggalan jaman Sultan Mahmud Bahauddin dan mulai di bangun pada tahun 1780 sebagai bagian dari pertahanan kota Palembang atas serang dari bangsa luar. Hingga kini benteng yang terbuat dari dinding batu ini masih berdeiri dan di jadikan salah satu fasilitas Kodam Sriwijaya. Seperti halnya Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak juga sangat indah jika di nikmati saat malam hari tiba, paduan cahaya dari berbagai lampu membuat indah suasana malam di sekitar Benteng Kuto Besak.

Facebook Comments