Pulang Kampung ke Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Bagi anda yang tidak pernah pulang kampung, maka anda bisa memasukkan satu tempat wisata yang satu ini ke dalam list wisata anda yang harus dikunjungi. Walau bukan kampung halaman anda yang sesungguhnya, namun konsep yang ditawarkan wisata alam dan edukasi berikut ini jangan dianggap sebelah mata. Terutama untuk anda yang sudah berkeluarga dan yang sedang bingung mau liburan ke mana.

Dengan mengajukan konsep ‘Tour Poelang Kampoeng’, Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor sukses menorehkan namanya di catatan catatan destinasi warga kota, khususnya warga Bogor dan Jakarta. Terletak di Ciampea Bogor, Kampung Cinangneng yang dulunya hanya perkampungan petani biasa, saat ini telah diubah sedemikian rupa sehingga menarik dan menjadi populer di kalangan wisatawan.

Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Walau begitu, konsep alami petani dan kehidupan khas masyarakat Sunda menjadi daya tarik utama wisata Kampung Cinangneng Bogor ini. Konsep kembali ke alam, kembali mengenal budaya masa lalu, hal yang demikian ternyata sangat jitu untuk menarik minat warga warga kota yang sedang merindukan kampung halaman, akan tetapi dikarenakan jarak dan waktu, mereka tidak sempat untuk pulang kampung. Jenius dan kreatif, itulah tujuan dari konsep ini.

Belajar Tanam Padi

Satu kegiatan yang akan disukai oleh buah hati anda bila ke Kampung Cinangneng adalah menanam padi. Di sini pengunjung diajarkan bagaimana menanam padi dengan benar. Lengkap dengan bibit dan sawah yang sudah dibajak dan siap tanam. Ada juga kegiatan memandikan kerbau yang digunakan untuk membajak sawah.

Bila biasanya anak anak hanya melihat gambar kerbau atau melihat visualnya di televisi, kali ini mereka bisa dengan mata telanjang melihat secara langsung sosok kerbau ini, unik bukan? Selain senang main lumpur, anak anak juga belajar mengahargai setiap bulir beras hasil keringat petani. Penanaman nilai yang sangat baik pada anak anak adalah dengan praktek langsung.

Belajar Tari Jaipong

Selain kegiatan menanam tadi, kegiatan belajar tari Jaipong ini juga menjadi daya tarik bagi anak anak. Belajar tari di bawah bimbingan guru yang baik hati dan sabar. Menari Jaipong dan belajar dengan teman teman barunya, akan menumbuhkan sikap sosial anak lebih baik. Anak anak biasanya cepat akrab satu sama lain. Di sini anak anak dilatih untuk belajar sosialisasi dan mendengarkan dengan baik apa yang instruktur tari ajarkan.

Tentu saja, belajar tari tradisional Jawa Barat ini tidak mudah. Belajar satu hari saja tidak cukup untuk membuat anak anak anda menghafal gerakannya. Namun tujuannya bukan itu. Dengan belajar tari daerah ini anak anak akan lebih bahagia. Dan tentunya kegiatan seperti ini jauh lebih baik daripada nonton televisi di rumah.

Belajar Nyanyi Sunda dan Bermain Angklung

Mungkin kita sudah sadar, bahwa anak anak jaman sekarang lebih dekat dengan budaya luar seperti K-pop dan barat. Nah, di sini di tempat wisata Kampung Cinangneng ini mereka akan kembali diajarkan lagu lagu Sunda. Lagu lagu yang menjadi ciri khas budaya bangsa. Lagu lagu yang bercerita tentang alam dan penuh filosofi.

Selain itu mereka juga akan menyanyikan lagu Sunda itu dengan iringan Angklung, yaitu alat musik tradisional asli Jawa Barat. Memang tidak mudah memainkan alat ini, namun memainkan angklung juga mengajarkan adanya kerja sama, tidak saling mendahului dan membuat anak anak saling berinteraksi satu sama lain. Benar benar asyik jika anda bisa mengajak putera puteri anda mengunjungi Kampung Cinangneng.

Bukankah memukau, hanya dalam satu tempat sederhana, anak anak kita yang lebih dibatasi jadwal sekolah yang padat, belum les juga, bisa melepaskan penat mereka dan belajar juga bertemu dengan teman baru. Belajar hal yang baru tetapi menyenangkan. Bisa bermain sambil belajar dengan sepuasnya. Bisa belajar menyanyi Sunda dan bermain Angklung, yang biasanya di rumah hanya mendengarkan musik di radio atau di televisi. Paraktek langsung tentu lebih menyenangkan. Inilah daya tarik tersendiri Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor.

Facebook Comments