Obyek Wisata Danau Kembar di Kabupaten Solok Sumatera Barat

Selain Kota Padang yang memiliki cukup banyak tempat wisata, ternyata di Kabupaten Solok, Sumatera Barat juga ada beberapa obyek wisata yang menarik dan wajib anda kunjungi. Seperti di Kabupaten Solok terdapat obyek wisata danau yang sangat indah dan sudah dikenal oleh masyarakat sekitar. Ada 4 danau yang cukup terkenal di sini yaitu Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diatas, dan Danau Dibawah. Di antara keempat danau tersebut, Danau Diatas dan Danau Dibawah dijuluki sebagai Danau Kembar. Kenapa demikian? Ini dikarenakan kedua danau tersebut memiliki luas yang hampir sama (tapi lebih luas Danau Diatas) dan letaknya pun sangat berdekatan.

Pemandangan Danau Kembar Dari Atas

Kedua danau tersebut juga diberi nama Danau Diatas dan Danau Dibawah ini berdasarkan letak tinggi masing-masing danau yang berbeda. Nah, pasti anda mengira Danau Diatas letaknya lebih tinggi daripada Danau Dibawah. Dugaan anda salah, ini yang membuat unik penamaan kedua danau tersebut, karena sebenarnya danau yang lebih tinggi justru diberi nama Danau Dibawah, begitu juga sebaliknya. Jarak kedua danau ini hanya 300 meter saja, sangat dekat. Jika kedua danau tersebut dilihat dari atas, maka akan terlihat dua buah danau mirip dengan warna air biru, seakan-akan berpasangan, jadi tak heran jika kedua danau tersebut dijuluki Danau Kembar.

Danau Kembar dan Perkebunan di Sekitar

Jika dilihat dari kejauahan, pemandangan Danau Kembar ini sungguh mengagumkan, terlihat hijau dan asri. Ini dikarenakan di sekitar Danau Kembar dimanfaatkan oleh penduduk untuk perkebunan. Penduduk sekitar danau banyak yang bercocok tanam dengan menanam sayuran seperti wortel, kol, kayu manis, dan lainnya. Di sekitar Danau Kembar ini anda juga bisa menemukan perkebunan teh dan perkebunan markisa.

Perkebunan Teh di Sekitar Danau Kembar

Banyak yang bisa anda lakukan ketika berada di Danau Kembar ini karena di sini juga disediakan fasilitas wisata seperti outbond, tracking, olah raga air, dan kegiatan wisata lainnya. Di sekitar Danau Kembar juga banyak terdapat warung-warung yang bisa anda jadikan tempat istirahat sementara setelah anda lelah berwisata di Danau Kembar ini. Bagi anda yang suka bunga, di Danau Kembar banyak yang menjual bunga. Bunga yang dijual di sini sangat indah, berwarna merah marun, penduduk menyebutnya dengan Bunga Sarai Gunuang. Menurut penduduk, bunga ini bisa tahan lama bahkan bisa bertahun-tahun tanpa layu.

Untuk mencapai obyek wisata Danau Kembar biasanya wisatawan start dari Kota Padang menggunakan angkutan antar kota atau bisa juga menyewa travel, lebih mudah jika anda langsung menyewa travel karena akan diantar langsung sampai Danau Kembar. Jarak Kota Padang ke Solok sekitar 60 km dan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Di sepanjang perjalanan menuju Kabupaten Solok, anda akan disuguhi pemandangan indah di kiri dan kanan seperti perkebunan teh dan pegunungan. Dijamin akan memuaskan anda selama perjalanan menuju Danau Kembar. Oh ya, jangan lupa untuk membawa jaket saat anda mengunjungi Danau Kembar, karena suhu di sekitar danau relatif dingin antara 14-16 derajat celsius.

Facebook Comments