Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah

Banyak sekali rekomendasi tempat wisata di Kebumen Jawa Tengah yang dapat menyegarkan mata dan juga menyegarkan pikiran anda setelah lelah beraktivitas. Salah satu tempat wisata di Kebumen yaitu Goa Jatijajar yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, karena Goa Jatijajar ini terbentuk oleh fenomena alam selama ribuan tahun yang lalu sehingga memunculkan sebuah karya indah yang menawarkan nuansa lain pada pengunjungnya. Goa Jatijajar dapat disebut sebagai tempat untuk berpetualang di perut bumi, namun memiliki nuansa yang santai dan menyenangkan. Goa Jatijajar terletak 21 km ke arah selatan Gombong atau 42 km arah barat Kebumen. Goa Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur. Objek wisata Goa Jatijajar ini merupakan salah satu wana wisata yang sangat menarik dan wajib anda kunjungi ketika anda menyambangi Kebumen.

Tempat Wisata di Kebumen Goa Jatijajar

Tempat Wisata di Kebumen Goa Jatijajar

Tempat wisata di Kebumen lainnya yaitu Arum Jeram Padegolan yang terletak di Desa Sendang Dalem, Kecamatan Prembun, Kawasan Waduk Lintang, Kabupaten Kebumen. Tempat wisata satu ini menyajikan air sungai yang jernih dan memiliki karakteristik sungai yang berkelok dengan batu-batu besar dan beberapa jeram yang cukup terjal. Melewati jeram ini dibutuhkan sedkit keterampilan hingga anda sampai di titik akhir di Bendungan Pajengkolan. Namun karakteristik jeram yang cukup menantang tersebut dapat memberikan tantangan tersendiri.

Tempat Wisata di Kebumen Goa Petruk

Tempat Wisata di Kebumen Goa Petruk

Kemudian ada lagi tempat wisata yang berupa goa di Kebumen lainnya yaitu Goa Petruk, yang terletak di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, atau 6 km dari objek wisata Goa Jatijajar. Goa Petruk menyajikan suasanan alami dengan suara tetesan air kapur yang tidak pernah berhenti. Tempat wisata di Kebumen yang satu ini memiliki nilai keindahan yang tinggi karena bentuk-bentuk stalatiknya yang menyerupai wayang.

Masjid Saka Tunggal merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kebumen yang memiliki nuansa agamis. Mesjid ini terletak di Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen atau sekitar 15 km dari Kabupaten Gombong. Masjid ini diyakini oleh masyarakat Kebumen sebagai masjid tertua yang ada di Kabupaten Kebumen. Masjid Saka Tunggal dibangun dan berdiri sejak tahun 1719 pada masa Adipati Mangkuprojo.

Objek Wisata di Kebumen Pantai Logending

Objek Wisata di Kebumen Pantai Logending

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya yakni Pantai Logending atau biasa disebut juga Pantai Ayah yang terletak di Kecamatan Ayah atau 9 km dari Goa Jatijajar. Pantai Logending menyajikan tepian pantai yang luas dan bisa dinikmati dengan menyewa perahu yang telah disediakan untuk menyusuri muara sungai Bodo. Salah satu kegiatan yang mengasyikkan dan tak kan pernah terlupakan saat mengunjungi pantai ini adalah menyaksikan keindahan sunset atau matahari terbenam.

Objek Wisata di Kebumen Pantai Karangbolong

Objek Wisata di Kebumen Pantai Karangbolong

Tempat wisata bertemakan pantai di Kabupaten Kebumen berikutnya yaitu Pantai Karangbolong yang terletak sekitar 40 km dari pusat kota Kebumen dengan pantai landai luas berpasir halus kasar berwarna kelabu. Di sisi timur Pantai Karangbolong terdapat Goa Karangbolong sepanjang 30 meter dengan lebar 10 meter dan tinggi 5 meter yang diperkirakan telah berumur 15 sampai 30 juta tahun lalu yang digunakan sebagai sarang burung wallet. Tempat wisata di Kebumen yang berupa pantai ini dapat ditempuh melalui Kabupaten Gombong atau melalui Petanahan sampai Pantai Suwuk. Bagi anda yang menginginkan suasana alam yang indah dengan suara desir ombak, anda dapat mengunjungi pantai ini bersama orang tersayang atau keluarga dan teman-teman anda.

Selanjutnya adalah Pantai Petanahan yang terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen atau sekitar 17 km dari pusat Kota Kebumen. Pantai Petanahan memiliki gelombang ombak pantai selatan yang besar dan berkejar-kejaran tanpa henti, dengan debur yang keras sehingga dapat memberikan pemandangan yang nyaman dan penuh sensasi di mata anda.

Kemudian tempat wisata bernuansa pantai yang terakhir yang bisa kami rekomendasikan adalah Pantai Menganti yang berjarak sekitar 7 km dari Pantai Ayah di sebelah Timur. Pantai Menganti memiliki pasir yang putih, karang yang terjal dan menyerupai batu raksasa serta perbukitan. Jalan menuju Pantai Menganti cukup terjal, berliku karena terletak di daerah perbukitan tapi keindahan Pantai Menganti dapat mengobati rasa lelah selama perjalanan.

Facebook Comments