Menikmati Keindahan Objek Wisata Danau Beratan Bedugul Bali

Perjalanan wisata memang tak pernah membosankan. Berburu tempat-tempat baru, berkunjung ke surga-surga tersembunyi di muka bumi, memang tidak ada habisnya. Kali ini saya akan mengajak anda berkunjung ke Danau Beratan, yaitu sebuah objek wisata danau yang berada di kawasan Bedugul, Bali. Danau Beratan ini merupakan danau terbesar kedua di daerah Bali setelah Danau Batur. Danau Beratan juga dikenal sebagai danau “Gunung Suci”. Kawasan ini sangat subur, terletak di ketinggian 1.200 meter, mengakibatkan udara di kawasan ini begitu dingin.

Objek-Wisata-Danau-Beratan-Bedugul

Danau Beratan merupakan danau yang sangat penting untuk warga sekitar, karena berfungsi sebagai sumber irigasi. Danau Beratan sendiri menurut legenda yang ada di masyarakat Bali dulunya Danau Beratan ini sebenarnya danau terbesar yang ada di pulau Bali. Hingga pada suatu ketika terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan membuat danau Beratan ini akhirnya terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu Danau Bratan, Danau Tamblingan dan Danau Buyan.

Nama Danau Beratan berasal dari kata “Bratan” yang diambil dari kata “Brata” yang artinya adalah mengendalikan diri. Yaitu dengan menutup 9 lubang kehidupan. Kata “Brata” ini biasa kita temukan dalam istilah “Tapa Brata” yang mempunyai arti bersemedi atau meditasi untuk dapat mencapai ketenangan agar dapat menyatu dengan alam dan juga berkomunikasi dengan Yang Maha Gaib.

Suasana di tepi Danau Beratan membuat anda seolah berada di zaman masa silam. DI sini anda dapat melihat kabut yang perlahan terangkat dari atas danau yang dingin, dan hutan berbukit yang hijau berada di baliknya. Sapuan angin yang menerpa permukaan danau, menimbulkan riak kecil ketenangan danau. Ketika mendung datang maka suasana kabut melingkupi kawasan Danau Beratan, menimbulkan kesan yang begitu mengagumkan yang tak bisa saya gambarkan. Ada ketenangan yang damai dan tak akan anda temukan di tempat lain.

Naik-Perahu-di-Danau-Beratan

Kawasan danau ini berada di dataran tinggi, menyebabkan tempat ini terasa sangat sejuk dan juga kadang-kadang diselimuti kabut. Keindahan alam pegunungan di sekitarnya ditambah pemandangan Danau Beratan yang bersih terlihat sangat mempesona. Di tengah danau juga ada sebuah pura yang sangat terkenal dan menjadi pura pentiing di daerah ini, yaitu Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan yang dibangun oleh masyarakat sekitar yang ditujukan kepada Sang Hyang Dewi Danu sang pemberi kesuburan. Karena mayoritas penduduk daerah sini penganut kepercayaan Hindu.

Pura-Ulun-Danu-di-Danau-Beratan

Fasilitas yang dapat anda nikmati di Kawasan Danau Beratan ini sudah sangat menunjang untuk kepuasan wisata anda. Anda dapat menikmati waktu santai dengan sekedar berjalan kaki atau menyewa perahu. Di Danau Beratan telah disediakan kapal boat atau sampan yang dapat anda sewa untuk berkeliling danau dan bisa lebih menikmati keindahan Danau Beratan. Di area wisata ini juga terdapat kios-kios kecil penjual souvenir dengan beragam “buah tangan” yang cantik sebagai oleh-oleh yang dapat Anda beli. Pokoknya Danau Beratan ini merupakan objek wisata yang akan sangat sayang sekali apabila anda lewatkan, sangat cocok juga untuk anda yang sedang mencari wisata murah di Bali. Maka jangan lupa sempatkan ke sini saat anda datang dan berlibur ke Bali.

Facebook Comments