Menikmati Keindahan Alam Tempat Wisata Dieng Wonosobo

Tahukan anda tempat wisata di Indonesia yang dijuluki dengan “Negeri di Atas Awan”? Sepertinya hanya di dongeng saja anda dapat percaya. Namun inilah yang menjadi unggulan di tempat wisata Dieng. Dieng merupakan salah satu dataran tinggi di Indonesia yang dimiliki oleh 2 wilayah kabupaten, yaitu kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, dan mempunyai ketinggian rata-rata 2.000 meter dpl. Suhu di daerah Dieng sendiri dapat mencapai 15-20 derajat Celcius karena letak tempatnya yang di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbong. Dan tahukan anda, tempat wisata Dieng banyak sekali memberikan kita pengetahuan tentang wisata sejarah, wisata kebudayaan dan wisata alam.

Pada kesempatan ini kita akan membahas bersama tentang pesona keindahan alam tempat wisata Dieng yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa mungkin akan membuat jiwa adventure pembaca menjadi bersemangat.

1. Telaga Warna

Keindahan Tempat Wisata Telaga Warna di Dieng

Pesona telaga kembar yang sangat cantik di tempat wisata Dieng ini menyajikan wisata alam yang menakjubkan. Telaga yang berada di ketinggian 200 meter dpl ini memang masih belum terkenal dan masih sepi dari pengunjung. Namun inilah yang membuat tempat wisat Dieng ini menjadi sebuah tempat wisata yang memberikan kesejukan dan ketenangan bagi para pengunjungnya.

Dinamakan Telaga Warna karena memang telaga ini dapat berubah warna hijau, biru dan kekuningan. Perubahan warna ini disebabkan oleh kandungan sulfur di dalam telaga yang cukup tinggi, dan saat tekena sinar matahari langsung dapat berubah warnanya. Selain itu anda juga dapat menyaksikan letupan kecil di tengah telaga yang disebabkan oleh letupan air yang mendidih karena kandungan sulfur di dalam telaga.

2. Kawah Sikadang

Kawah Sikadang Dieng

Tempat wisata Dieng ternyata tidak hanya Telaga Warna yang bisa kita kunjungi. Kita tahu bahwa Dieng merupakan sebuah dataran tinggi yang memiliki banyak sekali kawah-kawah yang masih aktif, salah satunya adalah Kawah Sikadang ini. Kawah ini terletak di Desa Dieng, Batur Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini masih sangat aktif menyemburkan uap panas yang sering berpindah tempat semburannya. Maka saat anda memasuki tempat wisata Dieng satu ini harus hati-hati.

Kawah Sikadang memiliki intensitas magma di perut bumi yang masih tinggi dan aktif. Magma di bawah kawah menghasilkan uap panas yang cukup tinggi dan bisa menyemburkan tanah di atasnya dengan rata-rata tingkat panasnya 80 derajat celcius. Karena panas bumi yang hampir merata maka letupan-letupan ini sering berpindah. Oleh karenanya, orang Dieng menyebutnya dengan Sikadang yang berarti Kidang atau Kijang yang suka melompat-lompat. Jika anda memiliki nyali berdiri di atas kawah yang masih aktif maka tempat wisata Dieng ini cocok untuk anda.

3. Candi Arjuna

Tempat Wisata Candi Arjuna di Dieng

Candi Arjuna merupakan salah satu tempat wisata Dieng berupa peninggalan sejarah bangsa Indonesia yang sampai saat ini masih berdiri kokoh sebagai tempat beribadah masyarakat Hindu. Dari segi sejarahnya, Candi Arjuna merupakan salah satu candi tertua di Jawa yang beraliran Hindu. Candi Arjuna juga dikelilingi oleh candi-candi yang dapat dinikmati keindahannya, seperti Candi Semar, Candi Sembrada, Candi Puntadewa dan Candi Srikandi. Relief candi Arjuna dan candi di sekitarnya memiliki hubungan yang erat, dan menurut ahli sejarah adalah suatu rangkaian cerita kehidupan manusia jaman dahulu. Seperti Candi Puntadewa yang letaknya di antara kedua candi yang lebih kecil yaitu Candi Sembrada dan Candi Srikandi yang menurut cerita Puntadewa merupakan tokoh pewayangan yang menjadi penengah antara kakak-adik Srikandi dan Sembrada.

Tempat wisata Dieng adalah sebuah pilihan tepat bagi keluarga yang suka dengan keindahan alam dengan pengeluaran yang minimal. Karena harga tiket tempat wisata Dieng di atas sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Di samping itu, dengan mengungjungi beberapa tempat wisata Dieng di atas dapat menambah pengetahuan bagi kita. Selamat Berlibur!

Facebook Comments