Menikmati Indahnya Tempat Wisata Curug Sawer di Sukabumi

Tempat wisata Curug Sawer ini merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di desa Sukamaju, kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Bagi anda yang memang tinggal di daerah ini, mungkin sudah tidak asing lagi dengan obyek wisata Curug Sawer, tetapi berbeda halnya bagi anda yang tinggal di luar kota Sukabumi atau bahkan luar pulau yang mungkin masih sangat asing dengan keberadaan tempat wisata tersebut.

Bagi anda yang ingin merencanakan liburan bersama keluarga atau rekan kerja, sangat disarankan untuk pergi ke alam terbuka di mana hal ini dapat dengan mudah anda lakukan di daerah Sukabumi. Karena memang Sukabumi memiliki aset tempat wisata berbagai Curug selain kota lain di dekatnya seperti Bogor dan Bandung. Dan salah satu tempat wisata curug yang terkenal di Sukabumi adalah Curug Sawer.

Curug Sawer di Sukabumi

Jika dilihat dari namanya tempat wisata satu ini memang sangat unik. Dan nama tempat wisata Curug Sawer muncul karena besarnya percikan curug dari pusat jatuhnya air terjun. Oleh karena itu, meskipun anda berada jauh dari air terjun tersebut, tubuh anda akan tetap basah oleh percikan air tersebut. Di tempat wisata ini pun anda dapat melihat beberapa anak sungai dan biasanya digunakan untuk mandi bagi anda yang tahan terhadap dingin, karena memang kawasan Curug Sawer ini berada pada ketinggian antara 900-1300 mdpl.

Pada awalnya memang tempat wisata Curug Sawer ini merupakan tempat yang sepi dengan pengunjung, karena tempatnya yang tersembunyi dan belum terawat, juga masyarakat sekitar menganggapnya dengan kawasan yang angker. Namun, setelah tempat wisata ini mendapatkan perhatian dan mulai dibenahi, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Dan saat ini pun tempat wisata Curug Sawer tak pernah sepi dengan pengunjung. Bahkan banyak orang yang menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk syuting film atau iklan produk tertentu.

Derasnya Air di Curug Sawer

Nah, apabila anda tertarik untuk berlibur ke tempat wisata Curug Sawer, kawasan ini terletak sekitar 10 km dari jalan poros Sukabumi-Bogor. Untuk sampai ke tempat ini anda harus melewati jalan berjarak sekitar 1 km dengan jalan kaki atau anda dapat menyewa tukang ojek dengan tariff sekitar Rp. 20.000,-. Namun, akan lebih menyenangkan dan mengesankan jika anda berjalan kaki karena di sekitar jalan yang anda lewati, anda akan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan bentangan sawah yang menghijau.

Sebelum sampai ke lokasi Curug Sawer pun anda dapat menikmati outbond dan juga dapat melihat area perkemahan. Puas dengan indahnya pemandangan selama perjalanan, anda dapat melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer. Jalan kaki yang membutuhkan waktu hanya setengah jam ini akan terbayarkan dengan pemandangan di tempat wisata Curug Sawer dan anda pun hanya dikenakan biaya Rp. 3.000,- sebagai tiket masuk ke objek wisata ini. Wisata alam yang sangat terjangkau untuk anda dan keluarga ataupun kerabat.

Tempat Wisata Curug Sawer di Sukabumi

Sebagai info tambahan untuk anda, jika berkunjung ke Curug Sawer pada musim kemarau, usahakan untuk menggunakan masker karena jalan yang akan anda lalui banyak debu yang beterbangan. Selain itu, ojek yang melintasi jalan yang juga anda lalui pun tak jarang menyebabkan semakin banyak debu yang beterbangan. Namun, jika anda datang di musim penghujan, anda harus waspada karena jalan yang anda lewati dan cenderung berbatu ini biasanya licin sehingga rawan terjadi kecelakaan. Meskipun demikian, hal ini tentu tidak menghalangi niat anda untuk datang ke tempat wisata Curug Sawer bukan?

Nah, itulah uraian singkat yang dapat saya berikan mengenai tempat wisata Curug Sawer yang ada di Kabupaten Sukabumi ini. Dan juga sedikit info mengenai akses jalan menuju tempat wisata Curug Sawer ini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda khususnya yang ingin datang ke tempat wisata alam yang cantik ini.

Facebook Comments