Mengunjungi Tempat Wisata Budaya di Kota Mataram Lombok

Jalan-jalan ke Pulau Lombok, jangan lupa untuk sejenak mampir di kota Mataram yang merupakan pusat kegiatan di pulau ini. Mataram sendiri menjadi ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat sehingga tak heran jika seluruh aktifitas berpusat di kota ini. Di daerah Mataram ini anda dapat dengan puas melakukan berbagai wisata terutama untuk beberapa tempat yang bersejarah karena pada dasarnya beberapa tempat wisata di kota Mataram, Lombok memang cenderung berkaitan dengan budaya.

Mungkin anda yang berasal dari luar Lombok kurang paham mengenai beberapa tempat wisata khususnya untuk wisata budaya yang ada di Mataram. Pada dasarnya memang orang lebih suka dengan wisata alam seperti pantai jika dibandingkan dengan wisata budaya. Mungkin hanya beberapa orang saja yang tertarik sehingga tak heran jika beberapa tempat wisata tersebut kurang populer di tengah masyarakat.

Nah, berikut ini ada beberapa tempat wisata di Mataram, Lombok khususnya untuk anda yang ingin melakukan wisata budaya. Coba simak uraian di bawah ini.

1. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong di Senggigi Lombok

Untuk tempat wisata yang satu ini memang cukup unik karena berupa pura yang menjorok ke laut dengan batu yang berlubang. Masyarakat menggunakan tempat ini untuk memuja Dewa Indra untuk memohon keselamatan dan kesuksesan. Selain itu, anda pun juga dapat menyaksikan matahari terbenam dari tempat ini dibalik Gunung Agung Bali. Jika bisa disamakan dengan Bali, Pura Batu Bolong bisa diibaratkan Tanah Lot yang ada di Bali. Pura ini berada di Jl Raya Senggigi Km 4, Senggigi, Lombok.

2. Pura Meru

Pura Meru di Mataram Lombok

Untuk tempat wisata yang satu ini merupakan Pura terbesar, tertua dan disucikan oleh umat Hindu di Lombok. Di Pura ini terdapat tiga buah candi yang melambangkan tiga dewa yaitu Dewa Siwa, Brahma dan juga Dewa Wisnu. Pura ini terletak tepat di pusat Kota Mataram tepatnya di Jalan Selaparang, Kecamatan Cakranegara.

3. Taman Narmada

Taman Narmada di Mataram Lombok

Tempat bersejarah ini dibangun oleh Raja kerajaan Bali yaitu Anak Agung Gede Ngurah pada tahun 1805. Jika anda ingin melihat miniature gunung Rinjani beserta Segara Anak sebagai puncaknya, anda dapat mengunjungi Taman Narmada. Di tempat ini terdapat miniature gunung Rinjani yang dahulu konon digunakan untuk mempermudah ritual para Raja beserta keluarga yang seharusnya dilakukan di Gunung Rinjani. Taman ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, atau sekitar 10 km dari pusat kota Mataram.

4. Pura Mayura

Pura Mayura Mataram Lombok

Untuk tempat wisata budaya yang satu ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah peninggalan kerajaan Bali. Tempat ini terkenal dengan balai pertemuan yang cukup besar atau biasa dikenal dengan Bale Kambang. Bangunan ini didirikan oleh Raja Kerajaan Bali sekitar tahun 1714. Letak Pura Mayura ini berdekatan dengan Pura Meru dan masih berada di Kecamatan Cakranegara.

5. Pura Lingsar

Pura Lingsar Mataram Lombok

Tempat wisata yang satu ini cukup unik karena merupakan tempat suci yang memiliki dua kepercayaan yaitu Hindu dan Islam. Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan mushola di dalam pura. Dua aliran kepercayaan ini memang melakukan sembahyang di satu tempat yang sama yaitu Pura Lingsar. Pura Lingsar ini juga masih terletak di kecamatan Cakranegara. Satu keunikan lagi dari pura ini adalah di kawasan Pura Lingsar terdapat suatu kolam yang diberi nama Telaga Ageng yang dibangun untuk menghormati Dewa Wisnu. Di dalam kolam hidup beberapa ikan, anda bisa melihat ikan-ikan ini jika saja anda memberi makan berupa telur ayam rebus.

Itulah beberapa uraian mengenai tempat wisata budaya yang ada di kota Mataram, Lombok. Sangat cocok bagi anda yang suka dengan wisata budaya. Selain tempat wisata di atas, anda juga dapat mengunjungi Bertais yang merupakan pusat perdagangan yang menyediakan aneka kebutuhan sehari sampai perhiasan di kota Mataram. Selamat berlibur dan semoga uraian di atas memberikan manfaat untuk anda.

Facebook Comments