Mengunjungi Beberapa Tempat Wisata di Cianjur Yang Tersembunyi

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan beberapa hari kosong dalam kerjaan yang bisa dibilang cuti, tapi bukan cuti resmi dari kantor. Tiga hari libur ini ternyata bersamaan dengan masa liburan sekolah anak-anak. Saya jadi terfikir untuk membawa anak-anak berwisata untuk sedikit refreshing. Cukup bingung sih mau ke mana, karena kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan. Setelah tanya beberapa temen, akhirnya saya menemukan daftar tempat wisata yang akan menjadi tujuan kami sekeluarga, yaitu daerah Cianjur.

Tempat Wisata di Cianjur Pantai Apra

Saya mendapatkan beberapa referensi tempat wisata di Caianjur yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah daftar tempat wisata di Cianjur yang juga wajib anda kunjungi.

1. Tirta Jangari

Wisata Air Jangari berada di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, sekitar 17 Km dari Kota Cianjur, yang berada pada genangan Waduk Cirata.

2. Pantai Apra

Tempat wisata Pantai Apra Cianjur ini terletak di Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan, di sebelah selatan kota Sindang Barang, sekitar 300 meter dari alun-alun Sindang Barang.

3. Istana Cipanas

Tempat wisata Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede, 103 km dari Jakarta. Dibangun pada tahun 1742 oleh Gubernur Jendral Gustaaf William Baron Van Imhoff, dengan luas area 26 ha, dan luas bangunan 8000 m2.

4. Pantai Jayanti

Objek wisata Pantai Jayanti terletak di Desa Cidamar, Cidaun, atau sekitar 139 Km dari Kota Cianjur, berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang, ditempuh melalui jalur Cianjur – Sindangbarang – Cidaun. Di Terminal Pasirhayam, Cianjur, ada angkutan umum ke Cidaun (4 jam). Dari Cidaun naik ojek ke Pantai Jayanti (8 km).

5. Danau Sejuta Pesona

Objek wisata bertema danau ini terletak di Kota Bunga, dengan berbagai macam permainan seperti castle, bumper boat, bumper car, gurita, mandi bola, magic ring, welly the whale, fantasy walk, the wild west, venture river, live music dan fun game.

6. Taman Bunga Nusantara

Objek wisata Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata bertema taman Bunga yang memiliki luas sekitar 35 ha dan berada di Jl. Mariawati Km. 7 Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur. Taman ini memiliki ragam koleksi bunga tropis lokal maupun dari mancanegara. obyek wisata di Cianjur ini dapat dicapai dengan melewati Puncak Pass, belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga, sejauh 9 km.

7. Curug Citambur

Wisata Curug Citambur terletak di Kecamatan Pagelaran, 65 Km dari Kota Cianjur, dengan ketinggian curug mencapai 40 meter.

8. Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas

Obyek wisata keluarga Arena Fantasi Kota Bunga terdapat di Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur> Kawasan ini berupa arena bermain anak & keluarga.

9. Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata Kebun Raya Cibodas terletak di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, dengan area seluas 125 ha dan ribuan koleksi tanaman kebun, anggrek, kaktus, paku-pakuan, sukulen, lumut, dan tanaman obat. Di kawasan wisata ini juga ada Air Terjun Cismun.

10. Gunung Gede

Tempat wisata Gunung Gede ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan treking dan berkemah. Dari puncak Gunung Gede bisa melihat Kota Cipanas, Sukabumi, Bogor, dan Cianjur. Pintu gerbang bagi para pendaki ada di Kebun Raya Cibodas.

Sebenarnya sih masih banyak sekali tempat wisata di kota Cianjur ini, tapi berhubung karena masa liburan saya kali ini hanya tiga hari ya terpaksa deh harus merelakan beberapa tempat wisata di Cianjur yang sebetulnya masih jarang diketahui orang. Mungkin beberapa tempat wisata di Cianjur yang saya lewatkan akan saya jadikan list perjalanan saya tahun depan.

Facebook Comments