Menelusuri Indahnya Wisata Gunung Gede di Bogor

Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di pulau Jawa tepatnya di provinsi Jawa Barat. Gunung Gede berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangarango. Taman Nasional Gede Pangarango ini sendiri merupakan salah satu dari 5 Taman Nasional yang pertama kali dibuat di Indonesia pada tahun 1980. Wisata Gunung Gede lokasinya berada di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 meter dari permukaan air laut. Suhu rata-rata di puncak Gunung Gede kurang lebih 18° Celcius dan di malam hari suhu di puncak berkisar kurang lebih 5° Celcius, dengan curah hujan rata-rata diantara 3.700 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Taman Nasional Gede Pangarango

Taman Nasional Gede Pangarango

Tempat Penelitian Gunung Gede mempunyai keadaan alam yang khas,unik dan penuh dengan misteri yang belum terpecahkan. Hal ini menjadikan Gunung Gede sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti selama bertahun-tahun. Gunung Gede terkenal karena keanekaragam jenis burung, ada sekitar 251 jenis burung dari 450 jenis yang berada di Pulau Jawa. Beberapa jenis burung di antaranya burung yang dilindungi dan sangat langka yaitu Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan Burung Hantu (Otus angelinae). Pada tahun 1977, UNESCO menetapkan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagai Cagar Biosfir, dan sebagai wahana sister Park dengan Taman Negara di Malaysia pada tahun 1995.

Tempat Pariwisata Gudung Gede maupun kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan tempat wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Beberapa tempat wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi di Wisata Gunung Gede antara lain.

1. Telaga Biru. Merupakan sebuah danau kecil yang berukuran lima hektar yang berada di ketinggian 1.575 meter dari permukaan laut. Telaga ini terletak 1,5 kilometer dari Cibodas. Danau ini akan berwarna biru ketika diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.

2. Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter ini terletak kurang lebih sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar Air Terjun Cibeureum anda bisa melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.

Wisata Air terjun Cibeureum di Gunung Gede

Wisata Air terjun Cibeureum di Gunung Gede

3. Kandang Batu dan Kandang Badak. Tempat wisata yang satu ini biasanya digunakan untuk kegiatan berkemah dan observasi tumbuhan/ satwa. Lokasinya berada pada ketinggian 2.220 meter dari permukaan laut dengan jarak sekitar 7,8 kilometer dari Cibodas.

4. Puncak dan Kawah Gunung Gede. Di lokasi ini lah sebenarnya keindahan Gunung Gede bisa anda nikmati. Di sini anda bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam, sangat cocok untuk berfoto untuk mengabadikan liburan anda. Selain itu pemandangan mempesona kota Cianjur, kota Sukabumi dan kota Bogor juga bisa terlihat dengan jelas. Dari puncak ini, sebuah pemandangan geologi yang menarik dan dijadikan sebagai tempat pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, kawah Ratu dan kawah Wadon. Berada pada ketinggian kurang lebih 2.958 meter di atas permukaan laut, dengan jarak kurang lebih 9,7 km dari Cibodas.

5. Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 meter dari permukaan laut dengan jarak 11,8 kilometer dari Cibodas.

Salah Satu Kawah di Gunung Gede

Salah Satu Kawah di Gunung Gede

Dahulu kala, ada sebuah legenda yang menjadi kepercayaan masyarakat setempat yaitu tentang keberadaan Eyang Suryakencana dan Prabu Siliwangi di kawasan Gunung Gede. Masyarakat sekitar masih percaya bahwa roh Eyang Suryakencana dan Prabu Siliwangi akan tetap menjaga Gunung Gede agar tidak meletus. Sehingga tak heran pada waktu tertentu, ada beberapa orang yang masuk ke goa-goa di sekitar Gunung Gede untuk semedhi/ bertapa maupun melakukan upacara religius.

Gunung Gede Pangrango adalah salah satu Taman Nasional yang dimiliki Indonesia yang berada di Jawa Barat. Gunung ini ketinggiannya mencapai 2958 meter di atas permukaan laut untuk Gunung Gede dan 3019 meter dari permukaan laut untuk Gunung Pangrango. Bagi anda yang berasal dari Jakarta, Gunung Gede Pangrango bisa dicapai dari Jakarta melalui tol Jagorawi, dan masuk jalur Puncak dengan memakan waktu sekitar dua jam. Gunung Gede sangat cocok bagi para pemula untuk mencoba melakukan pendakian pertamanya.

Facebook Comments