Liburan Seru ke Pantai Pangandaran Yang Mempesona

Pantai lndah Pangandaran adalah sebuah pantai yang terletak di pantai selatan. Pantai ini merupakan pantai terbaik di Pulau Jawa dan merupakan tempat wisata pantai di Jawa Barat. Lokasi Pantai Pangandaran ini berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, dengan jarak kurang lebih 92 kilometer arah selatan Kota Ciamis. Di sepanjang pantai masih tampak beberapa bangunan rumah dan hotel yang rusak dan belum diperbaiki akibat terjadinya bencana tsunami beberapa tahun yang lalu. Ombak pantainya pun tidak terlalu besar sehingga memikat bagi siapa saja yang belum pernah berkunjung.

Pasir Putih Pantai Pangandaran

Pasir Putih Pantai Pangandaran

 

Beberapa hal yang menjadi ciri khas dan istimewa dari Pantai Pangandaran di antaranya:

  • Anda dapat melihat keindahan sunrise dan sunset dari satu tempat yang sama di Pantai Pangandaran
  • Pantai Pangandaran memiliki bibir pantai yang landai dengan air laut yang jernih, serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang agak lama dengan aman
  • Pantai Pangandaran menyungguhkan hamparan pasir putih yang mempesona
  • Tim SAR di Pantai Pangandaran sangat berpengalaman dan siap menyelamatkan anda jika terjadi sesuatu yang tidak terduga
  • Akses jalan menuju Pantai Pangandaran sudah baik dengan aspal mulus dan penerangan jalan yang memadai
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Di sini merupakan tempat pendaratan tentara Jepang semasa Perang Dunia II, oleh karenanya di sini masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.

Anda dapat menikmati panorama alam Pantai Pangandaran yang indah dan hamparan landai pasir putih pantainya yang mempesona. Pantai Pangandaran sendiri diapit oleh dua bukit yang membuat angin berhembus pelan dan riak ombak lautnya relatif kecil, sehingga anda nyaman melakukan berbagal aktivitas, seperti berenang menggunakan ban, berperahu mengelilingi semenanjung, memancing, bersantai di pinggir pantai, atau duduk santai menikmati pesona keindahan alamnya dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut.

Keindahan Sunrise di Pantai Pangandaran

Keindahan Sunrise di Pantai Pangandaran

 

Selain itu, anda dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari dari satu tempat yang sama. Bagi anda yang suka menyelam, di Pantai Pangandaran ini terdapat taman laut dengan aneka fauna dan flora lautnya yang eksotik. Sebagian besar jalan di sekitar Pantai Pangandaran ini sudah beraspal mulus, sehingga anda dapat dengan mudah mengelilingi kawasan tersebut dengan sepeda motor atau sepeda biasa. Jika malam tiba, anda disajikan pesona malam yang indah di Pantai Pangandaran, karena Pantai Pangandaran telah dilengkapi dengan lampu penerangan yang memadai.

Sisi Lain Keindahan Pantai Pangandaran

Sisi Lain Keindahan Pantai Pangandaran

 

Setiap tahun, di Pantai Pangan daran terdapat sebuah event atau kebudayaan, yaitu Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan Yang Maha Esa dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini dilaksanakan oleh penduduk sekitar pada bulan Muharam setiap tahun, dengan mengambil lokasi di Pantai Pangandaran sebelah Timur. Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya juga bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Fasilitas yang ada di Kawasan Pantai Pangandaran antara lain:

  • Tempat parkir yang cukup luas. Bis besar bisa masuk ke kawasan parkir ini.
  • Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
  • Gedung bioskop, diskotik
  • Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  • Bumi perkemahan
  • Sepeda dan ban renang sewaan
  • Parasailing dan jetski
  • Waterboom

Jika anda dari Bandung dan ingin berlibur ke Pantai Pangandaran, anda dapat menggunakan rute Bandung – Tasikmalaya – Pangandaran, jaraknya kurang lebih sekitar 236 kilometer. Selain dengan bus, anda dapat naik kereta api sampai stasiun Banjar. Dari Banjar ini perjalanan dilanjutkan dengan naik bus sampai Pangandaran. Dan jika anda berangkat dari Yogyakarta, anda dapat menggunakan rute Yogyakarta – Cilacap – Banjar – Pangandaran. Jaraknya kurang lebih sekitar 385 kilometer. Selain dengan bus dan kendaraan pribadi, anda dapat naik kereta api sampai stasiun Banjar. Dari satsiun Banjar, anda harus melanjutkan perjalanan dengan naik bus sampai Pangandaran.

Facebook Comments