Lanjutan: Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat

Artikel saya kali ini melengkapi artikel sebelumnya Tempat Wisata Menarik di Kota Padang. Padang merupakan sebuah kota terbesar yang berada di pantai barat Pulau Sumatera. Kota ini merupakan ibukota provinsi Sumatera Barat. Kota Padang didominasi oleh etnis Minangkabau serta masyarakat di dalamnya mayoritas beragama Islam. Kota ini juga menjadi pusat perkekonomian, pusat pendidikan serta pusat kesehatan bagi masyarakat Sumatera Barat. Selain terkenal dengan masakan Padang yang saat ini banyak tersedia di seluruh Indonesia, tempat wisata di Padang juga menarik untuk didatangi saat anda berkunjung ke kota tersebut.

Wisata-Padang-Museum-Adityawarman

Berbagai tempat wisata di Kota Padang saat ini sedang dilakukan pembenahan untuk sektor pariwisata. Di kota yang indah ini memiliki sebuah museum yang terkenal dan wajib untuk anda kunjungi, yakni Museum Adityawarman yang terletak di pusat kota Padang tepatnya beralamat di Jalan Diponegoro No. 10, Kecamatan Padang Barat. Museum yang berbentuk rumah adat Minangkabau ini memiliki sekitar 6.000 koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan budaya suku Minangkabau, suku Nias dan suku Mentawai.

Wisata-Padang-Masjid-Muhammadan

Tempat wisata di Kota Padang berikutnya adalah kawasan pelabuhan Muara. Di tempat ini banyak dijumpai bangunan peninggalan khas Belanda. Selain itu terdapat juga Masjid Muhammadan di Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang yang dibangun pada tahun 1843. Mesjid ini memiliki tema berwarna hijau muda dan dibangun oleh komunitas turunan India. Di kawasan yang sama terdapat juga Klenteng Kwan Im yang memiliki nama See Hin Kiong di di Jalan Klenteng, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Selatan. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1861 dan direnovasi kembali pada tahun 1905 setelah sebelumnya Klenteng ini terbakar.

Wisata-Padang-Jembatan-Sitti-Nurbaya

Tempat wisata Padang lainnya adalah Batang Arau. Di tempat ini terdapat sebuah jembatan bernama Jembatan Sitti Nurbaya. Jembatan ini dinamakan Sitti Nurbaya karena menghubungkan sebuah bukit yang bernama Gunung Padang dan di sana terdapat makan Sitti Nurbaya serta tempat permukiman awal etnis Nias di Kota Padang.

Patung-Malin-Kundang-di-Pantai-Air-Manis-Padang

Selain itu, di pelabuhan Teluk Bayur kita akan menemukan pantai Air Manis yang terkenal dengan adanya batu Malin Kundang berdiri. Selain itu, di arah selatan Teluk Bayur terdapat kawasan wisata Pantai Caroline, Pantai Bungus dan Pulau Sikuai yang di dalamnya terdapat berbagai resort wisata.

Di tempat lain tepatnya di kawasan Kecamatan Koto Tangah juga akan ditemui tempat wisata Pasir Jambak dan wisata alam Lubuk Minturun yang selalu dipadati wisatawan lokal untuk menjalankan tradisi Balimau saat menjelang bulan Ramadhan tiba.

Selain tempat wisata di Padang yang banyak bertemakan suasana alam, salah satu hal menarik lain dari Kota Padang adalah kuliner terkenalnya yaitu Rendang yang menjadikan kota ini terkenal di seluruh dunia karena masuk dalam kategori World’s 50 Most Delicious Foods atau 50 hidangan terlezat di dunia yang berada pada peringkat pertama. Pemerintah Kota Padang sendiri mengadakan Festival Rendang pada tahun 2011 yang diselenggarakan di RTH Imam Bonjol dan diikuti oleh seluruh kelurahan di kota Padang. Dalam acara ini, mereka memasak Rendang dengan bahan 5,2 ton daging dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia.

Facebook Comments