Keindahan Wisata Bahari Karimunjawa Surga Tengah Laut Jawa

Sudah pernah berenang dan menyelam di Nusa Dua, Bali? Sudah mengunjungi Kepulaun Seribu? Nah, kini saatnya anda memilih jalan jalan berwisaat ke Kepulauan Karimunjawa. Penasaran ada apa saja di sana? Jadi ambil tas travelling anda dan siap-siaplah bereksplorasi dalam Wisata Bahari Karimunjawa.

Gugusan kepulauan Karimunjawa terbentang seluas 1.500 hektar untuk wilayah daratannya, sedangkan wilayah lautanya membentang sampai 110 ribu hektar. Gugusan pulau Karimunjawa terdiri dar 27 pulau dan hanya 5 pulau yang dihuni manusia, yaitu pulau Karimunjawa, Nyamuk, Kemujan, Parang, dana Genting. Kecamatan berpusat di Karimunjawa.

Wisata Bahari Karimunjawa

Wisata Bahari Karimunjawa sendiri letaknya secara administratif masuk ke Kabupaten Jepara. Tetapi perjalanan menuju kepulauan Karimunjawa bisa ditempuh lewat dua jalur, Tanjung Emas di Semarang dan Pelabuhan Kartini di Jepara. Rata rata perjalanan laut akan memakan waktu 3 sampai 4 jam sebelum sampai di pulau utama Karimunjawa.

Daya tarik Kepulauan Karimunjawa bukan hanya terdapat dalam keelokan pesona lautnya, gunung, sisa hutan tropis, lamun, rumput laut, hutan pantai dan mangrove juga dapat ditemukan di sini. Selain itu, keragaman budaya masyarakat yang tinggal di Karimunjawa pun dapat memakau wasatawan. Sebagai informasi, Karimunjawa dihuni dari berbagai suku di Indonesia, ada Bugis, Bajo dan Jawa yang sudah berakulturasi dengan baik. Keunikan ini dapat dilihat pada seni bangunan yang digunakan masyarakat Karimunjawa.

Pasir Putih Karimunjawa

Untuk kekayaan biota laut, Karimunjawa tidak kalah dengan keindahan laut Nusa Dua Bali dan Kepulauan Seribu. Ada sekitar 51 genus terumbu karang yang siap memanjakan mata anda. Untuk memanjakan anda, Karimunjawa menawarkan berbagai pesona yang dapat menebus panjangnya perjalanan untuk sampai ke surga di tengah Laut Jawa ini.

Snorkelling di Menjangan Kecil

Keindahan bawah laut dan biota di pulau Menjangan kecil konon mengalahkan keindahan bawah laut Nusa Dua, Bali. Bila di Nusa Dua anda bisa menikmati dasar laut dengan melakukan Seawalker, di Menjangan Kecil cukup dengan bersnorkelling saja. Atau anda bisa menikmatinya dengan Glass-bottom Boat yang sudah tersedia.

Kejernihan perairannya dapat memukau dan menyihir wisatawan dengan keelokan ikan yang berwarna warni dan menakjubkan. Ikan-ikan seperti Buterfly, Puffer, Damselfish, Parrot yang beraneka warna akan menghibur anda.

Penangkaran Hiu di Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar menawarkan pengalaman yang berbeda dan tidak ada di tempat lain, yaitu anda bisa berenang dan bermain bersama Hiu, Baracuda dan Penyu. Sebaiknya, hindari turun untuk berenang dengan Baracuda karena ikan ini terkenal ganas, tetapi bila anda punya nyali lebih maka diperbolehkan saja. Anda juga bisa memilih berenang dengan Hiu di penangkaran. Jangan takut, karena selama tidak punya luka terbuka, anda bebas untuk bermain dengan ikan predator ini.

Berenang Bersama Hiu di Karimunjawa

Berenang dengan penyu juga bisa dijadikan pilihan. Hewan lembut dan jinak ini adalah hewan yang dilindungi. Pastikan saja jangan sampai mengangkat penyu-penyu itu keluar dari air, kasihan.

Terumbu Karang di Cemara Besar dan Cemara Kecil

Pemandangan Coral di Karimunjawa

Keunggulan utama dua pulau ini adalah koleksi hard coral dan soft coral. Karena keragamannya inilah maka, Pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil dilindungi oleh pemerintah. Anda bisa menikmati koleksi coral atau terumbu karang dengan menyewa alat snorkell atau bila sudah punya dipakai saja sendiri. Kelebihan lainnya adalah adanya hutan cemara yang berada di tengah pulau Cemara Besar. Sayangnya, anda dilarang masuk ke sana demi menjaga kelestariannya. Selain itu, Kelebihan lainnya adalah pasir putih yang membentang di pantai. Pasir putih ini tertutup oleh air sehingga bila dilihat dari permukaan seperti kolam yang dasarnya pasir putih. Snorkelling di Cemara Besar dan Cemara Kecil adalah daya tarik utama Karimunjawa.

Facebook Comments