Kawah Telaga Bodas di Garut Menyimpan Keindahan Tersembunyi

Salah satu obyek wisata di Kabupaten Garut yang masih menyimpan keindahan tersembunyi adalah Kawah Telaga Bodas. Obyek wisata satu ini memang menyuguhkan panorama alam yang begitu cantik. Nama Telaga Bodas sendiri mengandung makna Telaga Putih, karena memang telaga ini berwarna putih kehijauan. Jika anda pernah berkunjung ke Kawah Putih di Ciwedey Bandung, Kawah Telaga Bodas ini mirip-mirip seperti Kawah Putih Ciwidey. Warna putih Kawah Telaga Bodas dikarenakan airnya yang mengandung kadar belerang yang cukup tinggi.

Detik-detik Menuju Kawah Telaga Bodas Garut

Kawah Telaga Bodas berada di Gunung Telaga Bodas dengan ketinggian kawah 1512 mdpl, sedangkan Gunung Telaga Bodas sendiri memliki ketinggian sampai 2201 mdpl. Telaga Bodas berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya, atau berbatasan dengan Kecamatan Pangatikan dan Kecamatan Wanaraja. Atau berjarak sekitar 28 km dari pusat Kota Garut.

Akses menuju Kawah Telaga Bodas memang cukup menyusahkan karena jalan yang sempit dan beberapa akses jalan yang sudah rusak. Jika anda start dari Kota Jakarta atau Bandung, anda bisa mengambil rute perjalanan Jakarta/ Bandung – Garut – Wanaraja. Atau bisa juga mengambil jalur Jakarta/ Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja. Perjalanan menuju Kawah Telaga Bodas bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika anda sudah sampai di pasar Wanaraja, anda bisa bertanya ke penduduk setempat jalur menuju ke Telaga Bodas karena memang tidak ada papan petunjuk ke tempat wisata tersebut. Selama perjalanan menuju Kawah Telaga Bodas, anda akan ditemani pemandangan perbukitan dan perkebunan penduduk yang menyejukkan suasana hati.

Penampakan Kawah Telaga Bodas di Garut

Perjalanan panjang dan menyusahkan anda akan berakhir ketika anda sudah sampai di pintu masuk Kawah Telaga Bodas. Harga tiket masuk hanya Rp 5000, untuk area parkir juga sudah disediakan. Dari area parkir ini, anda harus berjalan kaki menuju Kawah Telaga Bodas kurang lebih 200 meter. Anggap saja olah raga sebelum anda menikmati keindahan Kawah Telaga Bodas yang sesungguhnya.

Sesampainya di depan kawah, anda akan dibuat takjub dengan keindahan Kawah Telaga Bodas ini. Warna biru kehijauan, dengan latar belakang perbukitan dan Gunung Telaga Bodas, sungguh suasana yang begitu cantik. Anda bisa berkeliling menyusuri kawah untuk menikmati kecantikan Kawah Telaga Bodas di setiap titik nya. Di sini juga terdapat kolam pemandian air panas yang bisa anda nikmati secara gratis. Sekedar untuk relaksasi setelah capek dengan perjalanan jauh anda.

Pemandangan Kawah Telaga Bodas Dari Atas Bukit

Beberapa bagian kawah juga mununjukkan ada yang masih aktif, ditandai dengan keluarnya asap dari dalam kawah. Jika ingin berfoto bersama keluarga atau teman, anda bisa berfoto di atas perbukitan, tepatnya di atas kawah aktif. Di sini adalah spot yang tepat untuk mengambil foto. Tapi hati-hati jika berada di dekat kawah aktif, karena hembusan gas/ uapnya bisa mencapai suhu 85 – 95 derajat Celcius.

Facebook Comments