Goa Gajah Salah Satu Tempat Wisata di Ubud Bali

Jika anda sedang ke Bali jangan lupa berkunjung ke Ubud. Ubud Bali adalah tempat yang sangat sejuk dan sangat indah sekali pemandangannya. Sudah banyak wisatawan asing dan lokal yang ingin mengujungi daerah Ubud. Mengapa tidak? Daerah Ubud Bali ini sangat-sangatlah mempesona, siapa saja yang berkunjung ke sini pasti akan sangat betah dan asik. Ubud ini sangat terkenal sekali tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun nama Ubud sangat terkenal, tentunya banyak orang asing yang ingin mengetahui Ubud. Ubud ini mempunya lokasi di daerah hutan-hutan dan diapit oleh jurang-jurang dan sungai. Ubud merupakan dataran tinggi yang ada di Bali, itu sebabnya mengapa Ubud mempunyai udara yang sangat sejuk.

Goa-Gajah-Ubud-Bali

Dan tempat wisata di Ubud Bali salah satunya adalah Goa gajah. Goa Gajah adalah salah satu obyek wisata yang juga terkenal dengan kekentalan budaya Bali. Goa Gajah ini tidak pernah sepi setiap harinya selalu di penuhi oleh pengunjung dari berbagai negara. Goa Gajah ini terletak di sebelah barat Desa Bedulu, kecamatan Belahbatu, kabupaten Gianyar, Ubud. Jarak dari Denpasar Bali itu sekitar 26 kilometer. Lokasi goa ini tepatnya di tepi jurang dan merupakan salah satu pertemuan sungai kecil di desa itu. Goa Gajah ini katanya berasal dari kata “lwa gajah”, yang berati sebuah wihara tempat sembahyang orang yang beragam Budha. Untuk menuju Goa Gajah dari areal parkir pengunjung harus menuruni anak-anak tangga, tapi jangan khawatir, tempat ini sejuk karena banyak dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang sehinggha suasananya sejuk dan tidak panas.

Kawasan-Goa-Gajah-Ubud

Pintu masuk Goa Gajah hanya cukup untuk satu orang saja, jadi jika anda ingin masuk ke dalam goa tersebut anda harus bergantian karena pintu masuknya hanya cukup untuk satu orang saja. Di luar pintu masuk ada 2 ukiran sebuah patung yang dibuat seperti penjaga pintu tersebut. Bagian dalam Goa Gajah ini berbentuk huruf T dangan ketinggian sekitar 2 meter dan lebarnya sekitar 2 meter juga. Di bagian kanan dan kiri lorong goa terdapat ceruk yang mungkin pada jaman dahulu menjadi tempat untuk bertapa. Pada ujung lorong juga terdapat sebuah Arca Ganesha. Di sekitar goa terdapat patung-patung pertiraan dangan 7 patung widyadari-widyadara yang sedang memegang air suci. Total patung yang ada di goa ini ada 7 buah, hal tersebut merupakan simbol dari 7 sungai yang berada di India. Pokoknya jika anda ke Bali anda harus berkunjung ke Goa Gajah ini.

Museum-Puri-Lukisan-Ubud-Bali

Selain Goa Gajah masih ada tempat wisata di Ubud Bali yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah meseum Puri Lukisan. Museum Puri Lukisan ini adalah alah satu museum tua yang berada di Ubud Bali. Museum ini didirikan pada tahun 1950-an. Museum ini memamerkam deratan lukisan terbaik dari berbagai sekolahan seni yang ada di Bali. Jika anda berkunjung ke museum ini anda akan mengetahui lukisan-lukisan yang menceritakan tentang kebudayaan Bali, segi tradisional pulau Bali yang masih kental akan kebudayaannya. Anda akan mengetahui perubahan seni lukis Bali dari dulu sampai saat ini. Maka dari itu tempat wisata di Ubud Bali tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja tapi juga menyuguhkan keindahan kesenian khas Bali. Memang di Ubud Bali ini kebudayaan seninya masih sangat terjaga jadi jangan heran mengapa di Ubud Bali masih banyak terdapat sanggar-sanggar lukis, karena melukis adalah salah satu kegemaran penduduk asli Bali.

Facebook Comments