Desa Wae Rebo Flores Salah Satu Wisata Unik di Flores

Satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda sedang berlibur di Flores adalah Desa Wae Rebo. Ada berbagai macam keunikan dari destinasi wisata satu ini, salah satunya adalah bahwa desa ini berada di Pegunungan Flores dan hanya ada satu desa saja di tempat ini. Memang sebenarnya ada desa lain di sekitar pegunungan, akan tetapi letaknya di kaki gunung dan untuk mencapai desa tetangga dari Desa Wae Rebo ini dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam dengan berjalan kaki. Ya, tidak kebayang kan berjalan kaki hingga 4 jam hanya untuk pergi ke desa tetangga. Itulah salah satu keunikan Desa Wae Rebo di Flores ini.

Penampakan Desa Wae Rebo Dari Kejauhan

Keunikan yang lain dari desa ini adalah terdapat pada bentuk bangunan rumahnya. Bangunan rumah di Desa Wae Rebo semua berbentuk kerucut dengan pintu masuk berbentuk setengah lingkaran. Rumah adat penduduk Desa Wae Rebo menyebutnya dengan Mbaru Niang. Diameter rumah bisa mencapai 11 hingga 15 meter. Rumah ini cukup besar dan luas, bahkan mampu menampung 6 sampai 8 keluarga di dalamnya. Inilah salah satu contoh bentuk kerukunan masyarakat yang bisa dicontoh, satu rumah bisa diisi sampai 8 keluarga.

Rumah Mbaru Niang Desa Wae Rebo Flores

Menurut kepercayaan penduduk bahwa mereka tidak boleh membangun lagi rumah baru di desa ini. Mbaru Niang hanya boleh berdiri 7 buah untuk selamanya. Kalaupun ada pertambahan jumlah keluarga dan ketujuh rumah tersebut sudah tidak mampu menampung lagi, maka penduduk bisa membangun rumah di sekeliling Desa Wae Rebo atau bisa juga meninggalkan desa dan membangun rumah di kaki gunung bersama desa tetangga. Dengan syarat, bangunan rumah baru di sekitar desa Wae Rebo atau desa lain tersebut juga tidak boleh sama bentuknya dengan Mbaru Niang.

Desa Wae Rebo Flores

Memang benar sih, untuk mengunjungi Desa Wae Rebo di Flores ini masalah utama adalah di transportasi, dikarenakan desa ini berada di tengah gunung. Perjalanan bisa dimulai dari Labuan Bajo menuju Ruteng, kemudian dari Ruteng anda bisa naik ojek atau naik truk menuju Desa Dintor. Di Dintor ini ada sebuah penginapan penduduk yang bisa anda gunakan untuk bermalam manakala anda sampai di Dintor malam hari. Dari Desa Dintor ini perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Desa Wae Rebo, sekitar 3 sampai 4 jam. Persiapkan stamina anda untuk mendaki menuju Desa Wae Rebo karena jalur yang akan anda lalui akan sulit.

Sesampainya di Desa Wae Rebo, anda akan disambut dengan ramah oleh penduduk setempat. Penduduk sudah tahu bahwa anda adalah pendatang karena memang mereka sudah terbiasa didatangi oleh para wisatawan. Mungkin bukan anda saja yang tertarik untuk mengunjungi Desa Wae Rebo di Flores ini, bahkan jika anda beruntung, anda akan menemui turis mancanegara yang juga tertarik dengan Desa Wae Rebo ini.

Facebook Comments