Daftar Tempat Wisata Menarik di Lamongan Jawa Timur

Lamongan adalah salah satu kabupaten yang terdapat di daerah provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal dengan soto dan juga wingkonya ini berbatasan langsung dengan laut Jawa, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto dan juga Kabupaten Bojonegoro. Bukan hanya dari segi kuliner saja, karena di kabupaten Lamongan ini pun juga memiliki potensi wisata baik alam maupun buatan manusia yang juga sangat diminati oleh para wisatawan. Lantas, apakah anda sudah tahu beberapa tempat wisata di Lamongan?

Sebagian besar dari anda tentunya sudah tahu beberapa wisata yang ada di Lamongan. Terlebih sejak adanya Wisata Bahari Lamongan yang memang keberadaannya menyita banyak perhatian. Sejak munculnya wisata ini, banyak orang yang kemudian ingin berkunjung ke Lamongan dan efeknya beberapa tempat wisata lain pun juga ikut dikunjungi.

Adapun beberapa tempat wisata di Lamongan yang sudah cukup terkenal dan dapat menjadi tujuan anda untuk berlibur diantaranya.

1. Goa Maharani

Keadaan Goa Maharani di Lamongan

Untuk tempat wisata ini terletak di kecamatan Paciran, di tepi jalur utama Pantura, Lamongan. Di tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai indahnya wisata goa. Pemandangan goa kapur yang indah akan membuat anda merasa nyaman dan tenang berada di tempat ini. Di dalam goa, anda akan menjumpai keindahan stalaktit dan stalakmit yang memancarkan warna yang berbeda, bentuknya pun juga unik. Goa ini secara resmi dijadikan obyek wisata pada 10 Maret 1994.

2. Makam Sunan Drajat dan Makam Sunan Sendang Duwur

Komplek Makam Sunan Drajat Lamongan

Apabila anda ingin mencari tujuan tempat wisata religi, Makam Sunan Drajat dan juga Sunan Sedang Duwur dapat menjadi pilihan anda. Kedua makam penyebar agam Islam di pulau Jawa ini memiliki gaya bangunan yang sangat dipengaruhi oleh kerajaan Majapahit. Perlu untuk anda ketahui bahwa baik siang, malam ataupun pagi, tempat wisata ini selalu dipenuhi dengan wisatawan peziarah baik dari dalam negeri maupun manca negara. Di dekat makam pun terdapat museum yang menambah daya tarik dari tempat wisata religi ini.

3. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan

Mendengar tempat wisata ini tentu bukan hal yang asing lagi untuk anda. Dahulu sebelum muncul WBL ini, tempat wisata yang bernama Tanjung Kodok memang sangat sepi oleh pengunjung. Setelah berubah wajah, kini WBL atau Jatimpark II ini menjadi wisata andalan untuk masyarakat kabupaten Lamongan pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Jika dilihat secara sepintas, WBL memang tak jauh berbeda dengan Pantai Ancol Jakarta. Namun, hal yang dapat anda lihat jelas perbedaannya adalah pada warna air laut di mana di WBL lebih biru dan sungguh enak untuk dipandang mata. Jika anda berlibur ke tempat ini, dijamin tidak akan menyesal karena berbagai wahana permainan dapat anda nikmati seperti banana boat, jetski, permainan air, rumah kucing, rumah sakit hantu, sarang bajak laut dan masih banyak lagi. Selain itu, berbagai fasilitas pun sangat memadai, seperti area parkir yang luas dan tempat belanja souvenir khas Jawa timur pun dapat dengan mudah anda temukan.

4. Pemandian Air Panas Brumbun

Pemandian Air Panas Brumbun Lamongan

Pemandian Air Panas Brumbun ini berlokasi di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan. Suasana di sekitar tempat wisata ini masih sangat alami karena lokasinya yang masih berada di tengah hutan. Ada yang mengatakan dulunya daerah pemandian ini digunakan oleh para wali termasuk Sunan Drajat sebagai tempat bertapa. Pemandian Air Panas Brumbun ini tidak terlalu luas, hanya 5×10 meter akan tetapi tempat ini selalu dipenuhi pengunjung baik dari Kota Lamongan maupun dari luar kota seperti Malang, Madura, Bojonegoro dan kota lainnya.

Selain keempat tempat wisata di Lamongan tersebut, anda bisa juga menikmati kuliner Lamongan yang sudah terkenal seperti Soto Lamongan. Wingko, rujak cingur, nasi boranan, tahu campur Lamongan, tahu tek-tek, dan masih banyak lagi kuliner terkenal lainnya. Demikian sedikit uraian yang dapat saya berikan untuk anda khusus mengenai tempat wisata di Lamongan. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments