Daftar Tempat Wisata Menarik di Halmahera Maluku

Indonesia merupakan negara yang memang memiliki keanekaragam budaya. Namun, justru hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena dengan perbedaan tersebut jika dimanfaatkan secara maksimal dapat memberikan dampak yang positif. Tak terkecuali mengenai beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia, karena memang salah satu komoditi daerah pada khususnya, tempat wisata merupakan penyumbang terbesar pendapatan daerah.

Berbicara masalah tempat wisata, pernahkah anda mengisi liburan dengan pergi ke tempat wisata di Halmahera Maluku? Sangat disayangkan jika anda sudah pernah jalan-jalan ke luar negeri tetapi belum pernah mengunjungi Halmahera. Padahal daerah ini masih merupakan bagian dari Indonesia dan tepatnya merupakan wilayah Indonesia bagian timur.

Mungkin banyak dari anda yang asing dengan beberapa tempat wisata di Halmahera, Maluku. Hal ini tidak dapat dipungkiri melihat banyaknya tempat wisata yang ada di seluruh daerah di Indonesia yang lebih terkenal dan lokasinya lebih terjangkau. Saya yakin, anda semua warga Indonesia tidak mengetahui secara keseluruhan beberapa tempat wisata di beberapa daerah di Indonesia, apalagi untuk mengunjunginya, dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan juga dengan biaya yang tidak sedikit.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda mengenai daftar tempat wisata di Halmahera Maluku yang menarik untuk anda kunjungi. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Pulau Tagalaya

Diving di Pulau Tagalaya Halmahera

Pulau Tagalaya merupakan salah satu gugusan pulau kecil di sekitar Kota Tobelo. Pulau ini memang memiliki arus air laut yang relatif tenang dan juga jernih, diikuti dengan hamparan pantai yang berpasir putih. Selain itu, di sebelah ujung utara pulau ini, anda dapat menjumpai batu karang yang indah. Bukan hanya berhenti di situ saja, karena anda pun dapat menikmati keindahan wisata bawah laut dengan berbagai macam terumbu karang dan biota laut. Anda pun dapat melihat beberapa tumbuhan bakau yang tumbuh di atas pasir putih di Pulau Tagalaya ini.

2. Pantai Nusara

Pantai Nusara di Halmahera Selatan

Salah satu tempat wisata yang terletak di Halmahera bagian selatan ini memang layak untuk anda kunjungi. Pantai ini memiliki ciri khas arus ombak yang tenang dan juga adanya pohon beringin dan juga pohon kelapa yang tumbuh di pesisir pantai. Kondisi ini pun dapat anda manfaatkan untuk melakukan olahraga air seperti snorkling, berperahu dan juga berenang di pantai. Pemandangan indah terumbu karang di Pantai Nusara didampingi latar belakang pegunungan nan indah menambah pesona pantai ini tak akan terlupakan.

3. Gunung Api Dukono

Gunung Api Dukono Halmahera Maluku

Gunung Api yang paling aktif di Indonesia dapat anda temui di daerah Halmahera yaitu Gunung Api Dukuno. Gunung dengan ketinggian 1.185 meter dpl ini dapat menjadi tempat wisata yang unik untuk anda kunjungi. Apalagi bagi anda pecinta alam yang suka berpetualang atau mendaki gunung, pengalaman anda belum lengkap rasanya jika anda belum pernah mengunjungi Gunung Api Dukono yang ada di bagian utara Pulau Halmahera ini. Gunung ini juga terdapat beberapa kawah yang masih aktif sampai sekarang yang pastinya cocok sebagai tempat berfoto saat anda mengunjungi Gunung Dukono.

4. Telaga Biru

Kondisi Air Telaga Biru Halmahera Yang Jernih

Lokasi Telaga Biru ini terletak di Desa Mamuya, Kecamatan Galela. Seperti halnya tempat wisata telaga yang lain di mana pada umumnya memiliki mitos tersendiri. Dan Telaga Biru di Halmahera ini menurut penduduk setempat dulunya dipakai oleh bidadari dari langit sebagai tempat mandi. Untuk obyek wisata Telaga Biru di Halmahera ini memang memiliki air yang sangat jernih sejernih kristal, sehingga anda bisa melihat suasana di bawah air danau. Dan hal ini merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan.

Selain beberapa tempat wisata di atas, anda juga dapat mengunjungi tempat wisata di Halmahera yang lain seperti Telaga Duma Galela, Meriam Pune dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang ada di Pulau Halmahera. Semoga uraian di atas dapat memberikan manfaat dan dapat membantu anda khususnya yang sedang ingin berlibur ke Halmahera.

Facebook Comments