Daftar Tempat Wisata di Belitung Yang Menarik Dikunjungi

Tempat wisata di Belitung sangat terkenal di Indonesia dengan keindahan wisata pantai yang bisa bersaing dengan pulau Bali. Tapi pada kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas hanya pantai saja yang menjadi primadona keindahan tempat wisata di Belitung. Tapi banyak juga tempat wisata sejarah yang harus kita apresiasikan dan kita jaga untuk dapat dinikamati anak dan cucu kita kelak.

Barikut daftar beberapa tempat wisata di Belitung yang menarik untuk dikunjungi dan selalu menjadi destinasi para treveler dalam negeri maupun luar negeri.

1. Pulau Lengkuas

Mercusuar di Pulau Lengkuas Belitung

Daya tari dari Pulau Lengkuas yang menjadi destinasi tempat wisata di Belitung ini adalah mercusuar yang didirikan sejak pemerintahan Belanda. Mercusuar tua ini sampai sekarang masih berfungsi sebagai pemandu para nelayan dalam berlayar. Para wisatawan dapat masuk ke dalam mercusuar dengan ketinggian 19 lantai. Pada lantai terakhir anda akan disajikan pemandangan hamparan pantai yang banyak menjadi daya tarik di Pulau Lengkuas. Dan wisata di Pulau Lengkuas ini tidak hanya pada mercusuarnya saja, malainkan anda dapat bersnorkling karena keindahan laut sekitar tempat wisata di Belitung ini cukup indah dan terawat terumbu karangnya.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pasir Putih Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat wisata di Belitung yang menawarkan keindahan pantai yang sudah terkenal di Indonesia. Pantai Tanjung Tinggi hanya berjarak 30 km dari Pulau Lengkuas sehingga dari tempat ini anda dapat menyaksikan keindahan Pulau Lengkuas lengkap dengan mercusuar dari kejauhan. Jika anda mencermati film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat berlangsungnya syuting film tersebut karena keindahan dari pantai ini. Dengan pasir putih yang menghiasi sepanjang bibir pantai dan ombak yang relatif kecil, tempat wisata ini dapat anda jadikan arena bermain bersama keluarga yang tentu akan menyenangkan. Dan satu lagi, di pinggir pantai ada sebuah batu granit raksasa yang sangat besar yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Tanjung Tinggi.

3. Pantai Tanjung Pendam

Sunset di Pantai Tanjung Pendam Belitung

Tempat wisata di Belitung selanjutnya kita akan disuguhkan keindahan sunset pantai. Ya, tempat ini memang sangat cocok untuk menikamti sunset karena pada sore hari biasanya para wisatawan dan penduduk lokal bersama-sama menikmati sunset. Dan terkadang tidak sedikit warga sekitar yang menampilkan kebudayaan lokal. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri saat anda berkunjung di Pantai Tanjung Pendam. Jika anda beruntung datang pada bulan Juni-Juli, anda akan menemui kebudayaan lokal yang disebut “Festival Buang Jong“ yang merupakan kebiasaan penduduk lokal untuk menyingkirkan malapetaka.

4. Rumah Tuan Kuase

Wisata Rumah Tuan Kuase di Belitung

Tempat wisata di Belitung ini terletak di Jl. Melati, Kawasan Tanjung Pendam, Belitung. Rumah Tuan Kuase sebenarnya dahulu adalah sebuah kantor pemerintah Belanda yang sampai sekarang masih kokoh dan terawat oleh pemerintah Belitung. Hingga saat ini bangunan Belanda ini dialihfungsikan sebagai tempat pemerintahan kota Bangka Belitung.

5. Rumah Adat Belitung

Rumah Adat Belitung

Jangan mengaku pernah ke Belitung kalau belum mendatangi tempat wisata di Belitung yang satu ini. Tempat wisata ini merupakan salah satu ikon dari Belitung. Rumah adat atau lebih dikenal dengan Rumah Gede merupakan rumah panggung yang menjadi rumah adat khas dari Bangka Belitung. Di dalam Rumah Gede banyak sekali koleksi artefak yang ditemukan di sekitar Belitung sebagai daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Belitung satu ini. Dan pada ruang utama bangunan terdapat diorama pengantin sekaligus pakaian adat pernikahan khas Belitung serta kelengkapan rumah yang masih sangat orisinil.

Demikian rangkuman 5 tempat wisata di Belitung yang dapat saya sajikan sebagai referensi bagi anda yang berniat berkunjung ke Belitung. Semoga dapat membantu anda dalam menambah pengetahuan tentang tempat wisata di Belitung.

Facebook Comments