Berkunjung ke Tempat Wisata di Cilacap Yang Menarik

Teringat dengan perjalanan wisata saya beberapa bulan yang lalu. Saya mengunjungi Kota Cilacap yang sebenarnya sih dalam sebuah acara kunjungan bisnis. Tapi mungkin karena kebosanan saya saat itu saya mencoba untuk menelusuri beberapa tempat wisata di Cilacap yang saya peroleh infonya dari rekan saya yang bekerja di sebuah kantor di kota Cilacap.

Seperti biasa, saya selalu mencatat dan menyimpan data atau list tempat-tempat yang akan saya kunjungi nanti. Maklum saja, saya suka lupa jika sudah berada di suatu tempat yang sangat menakjubkan. Dan hal ini sering kali menjadi persoalan dalam perjalanan saya. Memang menurut informasi yang saya dapatkan, tempat wisata di Cilacap ini cukup banyak, tapi karena keterbatasan waktu saya, maka hanya beberapa tempat wisata di Cilacap berikut yang sempat saya kunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Cilacap yang cukup menarik saat saya berkunjung ke Kota Cilacap.

1. Pulau Nusakambangan

LP Nusakambangan

Pulau Nusakambangan ini masuk ke dalam wilayah Cilacap Selatan yang dipisahkan juga oleh Selat Segara Anakan dengan daratan Pulau Jawa. Orang-orang Indonesia yang memiliki kasus besar seperti pembunuhan, korupsi, ddan lain-lain, dilarikan di Pulau Nusakambangan . Oleh karena itu Pulau Nusakambangan ini lebih dikenal sebagai pulau penjara.

2. Benteng Pendem

Benteng Pendem Kabupaten Cilacap

Benteng Pendem Cilacap ini ternyata merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda pada waktu itu yang dalam bahasa Belanda nya disebut “Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap”. Di dalam Benteng yang memiliki luas 6,5 Ha ini kita dapat merasakan kesan bangunan tempo dulu di jaman penjajahan Belanda seperti 60 kamar/ barak, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, benteng pengintai, gudang senjata, ruang amunisi, ruang penyiksaan, ruang tembak dan tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar.

3. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu sangat cocok untuk menikmati panorama laut dengan ombak besar. Dari pantai ini kita juga bisa melihat Pulau Nusakambangan yang terlihat hijau, perahu tradisional dan kapal-kapal tanker yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Intan. Di pantai ini juga terdapat kuliner khas hasil laut yang dijual di sepanjang pantai.

4. Kampung Laut

Suasana Kampung Laut di Cilacap

Sebuah kampung yang berada di atas laut Segara Anakan dan sekelilingnya merupakan wilayah perairan. Di tempat ini kita bisa menikmati beberapa obyek wisata menarik seperti Goa Karst, fauna laut, hutan bakau dan pola hidup masyarakat di atas perairan laut. Jika anda suka dengan makanan laut, Kampung Laut merupakan surganya kepiting gemes dan lobster. Untuk menuju Kampung Laut, kita harus melewati Pulau Nusakambangan dan hutan bakau.

Dua hari saya berada di kota Cilacap dan sedikit memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu berwisata di Kota itu dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di atas. Tapi sungguh sangat saya sesalkan ternyata ada informasi beberapa tempat wisata di Cilacap yang ternyata saya lewatkan.

Beberapa tempat wisata di Kota Cilacap mungkin akan saya datangi saat ada kunjungan kerja berikutnya, dan saya sudah menyimpan beberapa daftar tempat wisata yang wajib saya kunjungi saat saya ke sana lagi.

Sambil menunggu Travel jemputan saya sempatkan untuk menghabiskan kopi yang dibuat oleh seorang nenek yang berjualan di seberang hotel tempat saya menginap. Cilacap, tunggu saya ya.

Facebook Comments