Berkunjung ke Taman Makam Ereveld Leuwi Gajah Cimahi

Ereveld Leuwigajah merupakan salah satu taman pemakaman Belanda yang berada di daerah Cimahi. Hal ini terlihat jelas di latar belakang monumen yang berdiri di area makam tersebut terdapat bendera berwarna merah, putih dan juga biru yang menandakan bendera kebangsaan negara Belanda. Namun, apakah anda menyangka bahwa taman pemakaman yang tertata rapi ini memiliki potensi sebagai tempat wisata Leuwigajah?

Taman makam kehormatan Belanda atau biasa dikenal dengan Ereveld sebenarnya bukan hanya berada di kawasan Cimahi. Di beberapa daerah lain di Indonesia pun juga terdapat Ereveld misalnya di Ambon. Perlu anda ketahui bahwa sejak jaman Jepang, tempat ini sudah menjadi lahan pemakaman para tahanan semasa pendudukan Jepang, meskipun tidak semuanya karena ada beberapa jenazah dari KNIL (Koninklijk Nederlandshe Indische Leger). Memang untuk taman pemakaman ini terurus secara rapi di bawah yayasan Oorlogsgraventichting. Tak heran jika kemudian tempat ini menjadi sangat potensial sebagai salah satu tempat wisata.

Taman Makam Ereveld Leuwi Gajah

Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa di tempat wisata Leuwigajah ini setidaknya ada 5.200 jasad yang dimakamkan di tempat ini, dan masih ada sekitar 25.000 jasad yang dimakamkan di Ereveld lainnya. Memang jumlah yang cukup fantastis dan tentu anda dapat membayangkan luas tanah untuk taman pemakaman ini.

Dan bukan hanya itu saja karena ketika anda masuk ke taman ini, anda dapat melihat sebuah monumen serta prasasti yang memiliki tulisan “ter eerbiedige nagedachtenis aan de vele ongenoemoen die hun leven offerden en niet rusten op deerevelden” di mana tulisan ini memiliki makna tersendiri. Jika diterjemahkan menurut bahasa Indonesia, tulisan yang terdapat dalam prasasati tersebut berarti “untuk mengenang dengan hormat mereka yang tak disebut tetapi telah mengorbankan dirinya dan tidak bisa beristirahat di taman-taman kehormatan”. Melihat arti dari tulisan ini tersirat bahwa Ereveld yang dibangun tersebut menjadi tempat yang layak bagi para pahlawan yang mungkin tidak mendapat tempat di tempat pemakaman pahlawan.

Taman Makam Leuwi Gajah Dengan Latar Belakang Pegunungan

Jika anda tertarik untuk masuk ke tempat wisata yang cukup unik ini, anda harus meminta ijin terlebih dahulu kepada pihak yayasan yang mengelola taman pemakaman ini. Karena memang menurut peraturan yang berlaku, hanya pihak keluarga dari korban yang diperbolehkan untuk masuk ke dalam pemakaman tersebut.

Tentu hal yang unik untuk dikunjungi karena ternyata taman pemakaman orang yang tidak dikenal pun dapat memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata Leuwi Gajah. Banyaknya tempat wisata yang muncul ini tentu dapat memberikan keuntungan bagi daerah, karena saat ini Cimahi bukan hanya sebagai daerah yang hanya dilewati ketika menuju Bandung tetapi juga dapat menarik perhatian para wisatawan untuk sejenak mampir di daerah ini.

Demikian uraian terkait tempat wisata taman makam Ereveld Leuwi Gajah yang dapat saya berikan untuk anda. Jika anda saat ini atau sedang berencana berlibur ke Kota Bandung, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi taman pemakaman Ereveld Leuwi Gajah ini.

Facebook Comments