Berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu di Pecatu Bali

Pura Luhur Uluwatu adalah sebuah wisata budaya yang wajib anda kunjungi saat anda berada di Bali. Selain keindahan budayanya, anda juga dapat menikmati indahnya sunset yang menjadi latar belakangnya. Menakjubkan bukan? Mari saya ajak anda untuk mengenal tempat ini lebih dekat. Pura Luhur Uluwatu berada di kawasan Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Yaitu sekitar 25 km ke arah selatan dari wisata Kuta, dan terletak di ujung Barat Daya Pulau Bali. Pura Luhur Uluwatu ini terkenal bukan hanya karena keindahan tradisi dan budayanya, tapi juga karena letaknya yang sangat strategis.

Pura-Luhur-Uluwatu-Bali

Pura Luhur Uluwatu dibangun di atas sebuah batu besar di kawasan Pantai Pecatu. Dengan bangunan pura yang menjorok ke laut dan dengan adanya Pantai Pecatu di bawahnya, membuat pura ini semakin dikenal. Diceritakan pura ini dibangun pada abad ke 11 oleh saran seorang pendeta bernama Mpu Kuturan. Pura ini digunakan sebagai tempat yang disucikan untuk menurunkan ajaran Desa adat dengan segala aturan-aturannya. Kemudian pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. Pura ini kembali digunakan untuk tempat pemujaan oleh seorang pendeta yang datang dari tanah jawa bernama Hyang Nirartha.

Pura-Luhur-Uluwatu-Dari-Kejauhan

Suasana pura sangat sejuk dan asri, anda akan menemukan sebuah hutan kecil di depan pura. Hutan kecil ini diberi nama Alas Kekeran, yang difungsikan sebagai penyangga kesucian pura. Banyak hal yang bisa anda nikmati di sini. Salah satunya adalah tari kecak. Anda pasti tahu tarian khas Bali ini kan? Anda akan melihat tari kecak yang dilakukan oleh kurang lebih 50 orang laki-laki pada tiap jam enam sore hari. Dengan menikmati tarian yang penuh dengan daya tarik dan seni yang tinggi ini, anda juga akan disuguhi dengan latar belakang sunset Pantai Pecatu yang memang sudah terkenal sebagai salah satu pantai yang memiliki sunset terindah.

Tari-Kecak-di-Pura-Luhur-Uluwatu

Bali memang patut dijuluki Pulau Dewata, sebab pulau ini menyimpan keindahan alam dan budaya yang begitu beragam. Mungkin dari apa yang saya sebutkan di atas itu belum seberapa. Dalam perjalanan ke arah Pura Luhur Uluwatu ini, anda juga dapat mengunjungi kawasan wisata sepanjang perjalanan searah menuju Uluwatu. Banyak sekali tempat-tempat yang dapat anda kunjungi dan sudah menjadi primadona di kalangan para wisatawan, dan sangat layak untuk anda singgahi. Seperti GWK, pantai Dreamland, Pantai Balangan, dan juga Pantai Pandawa yang dikenal sebagai sebuah pantai baru yang eksotik. Bali Selatan ini memang tergolong kaya akan tempat-tempat wisata dengan keindahan yang tak terbantahkan di atas rata-rata. Jadi, siapkah anda untuk mulai berkeliling ? Jangan lupa juga untuk menyiapkan kamera anda sehingga perjalanan anda akan terabadikan melalui jepretan kamera.

Facebook Comments