Beberapa Tempat Wisata di Purbalingga Yang Terkenal

Ada beberapa tempat wisata di Purbalingga yang terkenal sampai ke daerah di luar kabupaten Purbalingga, dan juga digemari oleh kebanyakan orang. Kabupaten Purbalingga sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan ibu kotanya yaitu Purbalingga. Kabupaten Purbalingga berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah Timur dan Selatan, serta berbatasan dengan Kabupaten Banyumas di sebelah Barat dan Selatan. Secara geografi, Kabupaten Purbalingga terbentang pada altitude + 40 sampai 1.500 meter diatas permukaan laut. Dan Kabupaten Purbalingga memiliki dua musim yakni musim penghujan pada bulan April sampai September dan musim kemarau pada bulan Oktober sampai Maret.

Kabupaten Purbalingga berada di antara cekungan-cekungan dari beberapa rangkaian pegunungan yang ada di sekitarnya. Di sebelah Utara merupakan rangkaian pegunungan dari Gunung Slamet dan dataran tinggi Dieng, sedangkan bagian Selatan merupakan Depresi Serayu yang dialiri oleh dua sungai besar yaitu kali Serayu dan anak sungainya yaitu kali Pekacangan. Ibu kota Kabupaten Purbalingga yakni Purbalingga yang berada di sekitar 21 km sebelah Timur Laut Purwokerto. Di Kabupaten Purbalingga ada terdapat banyak industri, seperti industri bulu mata dan wig serta industri knalpot sebagai alternatif suku cadang murah. Selain terdapat banyak industri, ada pula beberapa tempat wisata di Purbalingga yang terkenal sampai keluar daerah Purbalingga.

Tempat Wisata di Purbalingga Wisata Air Owabong

Tempat Wisata di Purbalingga Wisata Air Owabong

Siapa yang tidak kenal dengan wana wisata air yang sudah terkenal di Purbalingga, Owabong. Owabong merupakan salah satu wana wisata air yang berada di Kabupaten Purbalingga dan merupakan salah satu objek wisata air yang paling digemari. Owabong adalah salah satu tempat wisata di Purbalingga yang terletak di Desa Bojongsari, Kabupaten Purbalingga dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Fasilitas yang ada di Owabong diantaranya adalah wahana permainan Kolam Olympic, Papan Luncur (Water Boom), Flying Fox, Kolam Sesat, Pantai Bebas Tsunami, Kolam Pesta Air, Kolam Akhir, Kanal Arus, Kolam Terapi Ikan, dan Arena Gokart. Fasilitas untuk tempat istirahat yang disediakan yaitu Bale Bengong Rest Area, Pallanta Rest Area, dan Pondok Pesisir Rest Area.

Tempat Wisata di Purbalingga Gua Lawa

Tempat Wisata di Purbalingga Gua Lawa

Wana wisata lain yang terdapat di Kabupaten Purbalingga yaitu Goa Lawa, yaitu objek wisata yang berupa goa alam yang terletak di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja sekitar 25 km dari sebelah Utara Purbalingga. Tempat wisata di Purbalingga yang dinamakan Goa Lawa ini merupakan goa alam yang terletak di bawah permukaan tanah di lereng Gunung Slamet yang terbentuk karena aliran lava yang beku. Menurut masyarakat setempat, Goa Lawa memiliki legenda tersendiri yang berkaitan erat dengan asal muasal terciptanya nama dari Desa Siwarak. Pada jaman dahulu Goa Lawa digunakan untuk bersembunyi dan meminta petunjuk dari Allah oleh dua orang mubaligh yang menyebarkan agama Islam di daerah tersebut.

Tempat Wisata di Purbalingga Wisata Agro Kebun Strawberry

Tempat Wisata di Purbalingga Wisata Agro Kebun Strawberry

Wana wisata Purbalingga yang paling digemari oleh remaja maupun oleh sekelompok keluarga yang ingin jalan-jalan dan menghabiskan waktu berlibur dengan berwisata yakni Wisata Agro Kebun Strawberry beserta panorama dari Gunung Lompong yang terletak di Pratin, Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Wana wisata Agro Kebun Strawberry akan membuat mata anda jadi merah segar setelah memasuki kawasan kebun yang dipenuhi dengan buah-buah strawberry matang berwarna merah segar dan memiliki rasa yang menyegarkaan. Di sini anda dapat memetik sendiri buah strawberry dan memakannya langsung di tempat. Selain itu anda dapat menikmati keindahan pemandangan yang ada di sekitar kebun strawberry. Selain wisata agro kebun strawberry, masih banyak tempat wisata lainnya yang dapat menjadi alternatif untuk liburan andasaat berada di Purbalingga.

Facebook Comments