Beberapa Tempat Wisata di Aceh Yang Wajib Anda Kunjungi

Berlibur bersama keluarga memang hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, seringkali ketika libur telah tiba, justru tempat tujuan wisata yang menjadi masalah. Mungkin karena memang tidak ada referensi tempat wisata menarik atau mungkin anda juga bosan berlibur ke tempat itu-itu saja. Nah, untuk itu anda perlu tahu beberapa tempat wisata yang menarik dengan tanya ke teman atau bisa juga mencari informasi lewat internet. Kali ini saya akan menginformasikan daftar tempat wisata di Aceh yang mungkin menjadi tempat menarik untuk anda kunjungi.

Sebenarnya di beberapa daerah di Indonesia termasuk Aceh memiliki tempat wisata yang sangat variatif. Baik itu merupakan tempat wisata alam, religi ataupun budaya. Anda dapat menyesuaikan dengan tujuan anda ketika akan liburan.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di Aceh yang dapat menjadi alternatif pilihan anda dan keluarga untuk mengisi liburan diantaranya.

1. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar di Aceh

Danau Laut Tawar ini menjadi salah satu tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi para wisatawan di Aceh. Tempat wisata ini tepatnya berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan volume air 2,5 triliun liter. Bagi anda yang menyukai wisata air danau, tempat wisata ini dapat menjadi alternatif pilihan anda.

2. Taman Nasional Gunung Leuser

Kegiatan di Taman Nasional Gunung Leuser

Bagi anda pecinta binatang, sangat tepat jika memutuskan untuk berlibur ke tempat wisata ini. Di Taman Nasional Gunung Leuser terdapat berbagai macam hewan seperti gajah, badak, harimau dan juga macan tutul. Di tempat ini pun anda dapat menemukan hampir 300 spesies burung yang terbang bebas di kawasan ini. Bagi anda yang mungkin jenuh dengan aktivitas padat anda, refreshing ke Taman Nasional Gunung Leuser ini dapat menjadi pilihan anda karena di sini anda dapat menghirup udara segar dan juga menikmati pemandangan hijau yang tentu akan membuat anda lebih tenang. Lokasi taman nasional ini berada di perbatasan antara provinsi Aceh dengan provinsi Sumatera Utara.

3. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer Kota Sabang

Untuk tempat wisata ini tepatnya berada di kota Sabang dan anda pun akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga jika anda memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata ini karena anda akan berada di titik nol negara Indonesia. Anda tidak perlu mencari titik nol berada karena di tempat tersebut sudah terdapat tugu yang biasa disebut dengan Tugu Nol Kilometer. Selain anda dapat berfoto di tempat ini, anda pun akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa anda pernah menjadi pengunjung titik nol negara Indonesia. Ketika berada di tempat ini pun anda akan mendapatkan pemandangan dari selat Malaka dan juga tebing di pinggiran pulau Weh yang tentu sangat mempesona.

4. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Satu lagi tempat wisata yang sangat berkesan bagi bangsa kita dan masih tergolong baru ini adalah Museum Tsunami Aceh. Museum ini berada di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Kenapa museum ini berkesan? Tentu saja karena dibangunnya Museum Tsunami Aceh ini tentunya untuk mengenang bencana besar Tsunami yang dialami Negara Indonesia khususnya warga Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu. Selain untuk mengenang Tsunami di tahun 2004, museum ini dibangun juga sebagai sarana pendidikan dan digunakan untuk perlindungan andai suatu saat Tsunami terjadi lagi.

Selain beberapa tempat di atas, anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata pantai yang berada di Kota Banda Aceh yang pastinya tak kalah menariknya dengan tempat wisata di atas. Semoga uraian di atas mengenai beberapa tempat wisata di Aceh dapat membantu anda yang mungkin sedang berencana liburan bersama keluarga anda.

Facebook Comments